PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Azryasalam Azryasalam Sekolah Dasar Negeri 12 Batang Gasan
  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia
  • Kelik Purwanto Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58

Keywords:

Model Numbered Heads Together, minat belajar, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Model  Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS  Kelas V  sekolah Dasar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Batang Gasan. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SDN 17 Batang Gasan sebagai kelas eksperimen yang siswanya berjumlah 22 orang dan siswa kelas V SDN 13 Batang Gasan sebagai kelas kontrol yang siswanya berjumlah 22 orang. Data dari hasil penelitian diperoleh dari angket minat dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunujukan bahwa terdapat pengaruh Model  Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together terhadap minat dan hasil belajar IPS di kelas V SDN Gugus 1 Batang Gasan

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 968 times

References

Sapriya. . 2009. Pendidikan IPS :Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya
[2] Isjoni. 2007. Pendekatan Pembelajaran IPS di Pendidikan Dasar. Bandung : Falah Production
[3] Seprina, Andin, 2013. Deteksi Minat, Bakat Anak. Jakarta: Media Pressindo
[4] Purmiati. 2012. Penerapan Puspitasari, dkk. 2016. pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 3 No: 4 Tahun: 2016
[5] Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
[6] Faud, dkk. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa Vol 2 No 2. ISSN 2355-0066
[7] Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
[8] Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2014. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
[9] Febilitanti. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dolo Pada Materi Pelajaran Kimia Koloid. J. Akad. Kim volume 2 nomor 2. ISSN 2302-6030
[10] Santiana, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Desa Alasangker. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2014
[11] Fauziah, Yeny Endah. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma dan Limas di MTsN Tunggangri. Skripsi IAIN Tulungagung : Tidak Diterbitkan
[12] Wahidah, Nur. 2013. Pengaruh penerapan metode Numbered Heads Together Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa di MTsN Maguraharjo. Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta : Tidak Diterbitkan
[13] Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulalitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[14] Lestari, dan Mokhammad. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Adimata
[15] Djaafar, Tengku Z. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran terhadap Hasil belajar. Padang: FIP UNP
[16] Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
[17] Kurnia, N., Degeng, I. N. S., & Soetjipto, B. E. 2017. The implementation of find someone who and two stay two stray models to improve students’ self-efficacy and social studies learning outcomes, IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7 (3), 66-70.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Azryasalam, A., Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 40–47. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.58

Issue

Section

Articles