KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL INTEGRAL BERDASARKAN TEORI APOS

Authors

  • Mia Fitria Universitas NU Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.59

Keywords:

Understanding of Concept, Integral, Apos Theory

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai mahasiswa dalam mempelajari matematika terutama pada materi integral. Pemahaman konsep yang dilihat penelitian ini berdasarkan pada teori APOS yaitu aksi, proses, objek dan skema. Selanjutnya hasil penelitian diharapkan dapat memberikan deskripsi tentang pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan teori APOS. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument pendukung adalah soal tes dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis di STIKES Intan Martapura yang mengambil mata kuliah Matematika. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang yang terdiri atas mahasiswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai subjek dalam penelitian ini diberi soal tes kemudian dilanjutkan dengan wawancara yang berkaitan dengan jawaban mahasiswa. Hasil yang diperoleh adalah pada tahap aksi dan proses tidak ada satupun subjek yang memenuhi. Pada tahap objek dan skema hanya dipenuhi oleh subjek 1.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 9370 times

References

Arnawa, I., Sumarno, U., Kartasasmita, B., & Baskoro, E. (2007). Applying The APOS Theory To Improve Students Ability To Prove in Elementary Abstract Algebra. J. Indones. Math. Soc. (MIHMI), 133-148.
Dubinsky, E., & McDonald, M. (2001). APOS: A Constructivist Theory of Learning in Undergraduate Mathematics Education Research. In N. I. Series, Teaching and Learning of Mathematics at Univesity Level (pp. 275-282). Switzerland: Springer, Dordrecht.
Febriana, C., & Budiarto, M. T. (2012). Profil Kemampuan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat Berdasarkan Teori APOS Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika. FMIPA UNESA, 1-7.
Ismah, & Afifah, S. (2016). Perbandingan Tingkat Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Media Interaktif Mischief Dan Konvensional. Jurnal Teknodik, 144-154.
Martubi. (2005). Integrasi Fungsi. Retrieved Juni 13, 2020, from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131453198/pendidikan/Modul+INTEGRAL+FUNGSI.pdf
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 76 - 85.
Natalia, S. S., Sujatmiko, P., & Eka, H. (2017). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos Pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematka, 104-117.
Ningsih, Y. L., & Rohana. (2018). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Persamaan Diferensial Biasa Berdasarkan Teori Apos. JPPM, 168-176.
Nurdin, L. (2012). Analisis Pemahaman Siswa Tentang Barisan Berdasarkan Teori Apos (Action, Processe, Object, And Shceme). Retrieved Agustus 14, 2019, from http://bagah.files.wordpress.com/2012/06/analisis-pemahaman-siswa-tentang-barisan-berdasarkan-teori-apos.pdf
Nurhikmah, S., & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. Jurnal Tatsqif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 220-237.
Sholihah, U., & Mubarok, D. A. (2016). Analisi Pemahamn Integral Tak Tentu Berdasarkan Teori Apos(Action, Process, Object, Scheme) pada mahasiswa Tadris Matematika (TMT) IAIN Tulungagung. Cendekia, 123-136.
Utari, R. S., & Utami, A. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu dan Tentu. Jurnal Pendidikan Matematika, 39-50.
Winarsih, M., & Mampouw, H. L. (2019). Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori Apos. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 249-260.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Fitria, M. (2022). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL INTEGRAL BERDASARKAN TEORI APOS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i1.59

Issue

Section

Articles