PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS SEPAK BOLA UNTUK GERAK SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v2i1.629Kata Kunci:
Pengembangan, Model pembelajaran, permainan tradisional sepak bola. Model ADDIEAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model pembelajaran Permainan tradisional. Metode penelitian mengunakan pengembangan, langkah dalam pelaksanaan mengacu pada tahap pengembangan dari ADDIE yang diadaptasi menjadi 5 tahap pengembangan yaitu; analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data deskriptif dengan persentase. Produk penelitian berupa buku panduan permainan tradisional berbasis sepak bola untuk gerak. pada uji validitas diperoleh data persentase dengan rata-rata 84,22% dikategorikan sangat valid, uji praktikalitas oleh guru PJOK dengan peresentase 84% dan siswa dengan persentase 78,74% dikategorikan praktis, sedangkan uji efektifitas dengan persentase 52,94% dikategorikan cukup efektif. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh. Maka model pembelajaran modifikasi permainan tradisional berbasis sepak bola untuk gerak dinyatakan layak untuk meningkatkan gerak pada siswa.
Referensi
Apriliawati, A. T., s-1, Hartoto, s., & s-1. (2016). Penerapan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. 04, 522–528
Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugito, Y. N. H. (2015). Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. 1(1), 60–73.
Salman, Erick, dkk. (2020). Pengembangan Aktivitas Gerak Berbasis Modivikasi Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Motorik pada Anak Sekolah Dasar. Lubuk Linggau: STKIP-PGRI.
Susanto, Heru Bahtiyah. (2017). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter pada Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Universitas PGRI.
Sugito, Yulingga Nanda Hanif. (2012). Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Tegeh, M., & Kirna, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan Addie Model. 2.
Muhamad Afandi. Evi Chamalah, & oktarina puspita wardani,.(2013). model dan metode pembelajaran.
Pujihartati, s. H., Wijaya, m., Pujihartati, s. H, & Wijaya, m. (2019). Dinamika kelompok sosial anak dalam pelestarian permainan tradisional. 121–130.
.
Sugito Yulingga Nanda Hanif. (2012). Membentuk gerak dasar pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Tegeh, m., & Kirna, m. (1829). Pengembangan bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model.
Widodo, P., Lumintuarso, R., Studi, P., Keolahragaan, I., Pascasarjana, P., & Kebumen, K. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD Kelas Atas. 5(2), 183–193.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten