Pengaruh Senam Tera Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi di Puskesmas Gunung Medan

Authors

  • astuti ardi putri universitas dharmas indonesia

Keywords:

hipertensi, lansia, senam tera

Abstract

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Apabila pembuluh darah terus mengalami peningkatan akan memicu penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan lain-lain. Senam tera adalah olahraga pernapasan yang di padu dengan olahraga gerak yang menggabungkan gerakan tubuh dengan teknik pernapasan. Metode penelitian ini adalah pre-experimental designs dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel yaitu convenience sampling Dengan jumlah sampel 30 responden. Analisa data dilakukan dengan uji T-test. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa 30 (100%) responden mengalami tekanan darah tidak normal. Didapatkan hasil bahwa sesudah dilakukan senam tera sebagian besar yaitu 17 (56,7%) mengalami tekanan darah normal. Berdasarkan uji T-test Didapatkan (P value = 0,00 dengan alfa <0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermakna antara senam Tera terhadap penurunan tekanan darah lansia dengan hipertensi. Diharapkan lansia mau melakukan senam tera untuk menurunkan tekanan darah.

Abstract viewed = 129 times

References

Anggoro. (2008). Care Your Self Hipertensi. Mekar Sari.

Arikunto. (2013). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Aspiani. (2014). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Gerontik. Trans Info Media.

Cahyaningrum. (2013). Manfaat Senam Tera Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia. CV Muhamadiah.

Effendi. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori Dan Praktik Dalam Keperawatan. Salemba Medika.

Eriyanti. (2016). Pengaruh Senam Tera Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Posyandu Lansia Kelurahan Pabelan Kaltasura. Artikel Publikasi Ilmiah, 01.

Fatarona. (2011). Perbedaan Tekanan Darah Sebelum Dan Sesudah Dilakukan Senam Tera Pada Lanjut usia Penderita Hipertensi di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Provinsi Jawa Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan, 07.

Festi, P. (2018). Buku ajar lansia dan lanjut usia, perspektif dan masalah. UMSurabaya JL sutorejo No 59 surabaya 60113.

Hernawan. (2017). Pengaruh Senam Hipertensi Lansia Terhadap Penurunan Tekanan Darah Lansia Dengan Hipertensi Di Panti Werdha Bhakti Kelurahan Pajang. Jurnal Kesehatan, 10.

Kemenkes. (2020). jenis - jenis senam hipertensi dan manfaat senam hipertensi.

Kemenkes. (2018). Riskesdas. https://kesmas-kemkes.go.id/assets/upload/dir.

Kowalski, R. E. (2010). Terapi Hipertensi Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Mengurangi Resiko Serangan Jantung Dan Stroke Secara Alami. Mizan Pustaka.

Mukhtarom. (2015). data hipertensi lansia. andalas.

Nurfaizinyunus. (2015). Hipertensi Tekanan Darah tinggi.

Puri. (2009). Senam Tera Indonesia. Senam Tera Indonesia Jakarta.

Ratnawati. (2015). Asuhan Keperawatan Gerontik. PT.Pustaka Baru Press.

WHO. (2021). Hypertension, World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension.

Published

2022-06-30

How to Cite

putri, astuti ardi. (2022). Pengaruh Senam Tera Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia dengan Hipertensi di Puskesmas Gunung Medan. Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia (JIKDI), 2(1), 23–27. Retrieved from http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/jikdi/article/view/674