Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia
  • Dodi Widia Nanda Universitas Dharmas Indonesia

Keywords:

Analysis, application of thematic learning, class III

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture And Picture terhadap keterampilan menulis puisi di kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentukeksperimen semu (quasi experimen).Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Picture And Picture terhadap keterampilan menulis puisi di kelas V SDN 43 Sungai Sapih Padang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (11,98) > t tabel (2,01) sehingga H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 319 times

References

Akbar, Sa'dun dkk. (2016). Impementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Amiruddin. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Anshory, Ichsan. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik sesuai Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 03 Wajak. Elementary School Education Journal. Volume 1, Nomor (1):68.

Astiningtyas, Anna. (2018). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013. Jurnal Primary. Volume 7, Nomor (1):62.

Dolong, Jufri. (2016). Sudut Pandang Perencanaan dalam Pengembangan Pembelajaran. Volume 5, Nomor (1):68.

Fernandes, Joni. (2017). Penerapan Pembelajaran Tematik Kelas Rendah SD N 1 Blunyahan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 9 Tahun ke-6. 867.

Komalasari, Kokom. (2015). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Komariah, D. S. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Moleong, Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Muhith, Abd. (2018). Problematika Pembelajaran Tematik Terpadu di Min III Bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching. Volume 1, Nomor (1):50-52.

Muklis, Mohamad. (2012). Pembelajaran Tematik. Fenomena. Volume 4, Nomor (1):66.

Nasution, A. R. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik dengan Tema Diri Sendiri di TK A PAUD Khairin Kids Medan Tembung. Jurnal Raudhah. Volume 7, Nomor (1):114.

Peraturan Pemerintah. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Permatasari. E. A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Ku-Rikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History education. Volume 3, Nomor (1):12

Permendikbud. No. 67 Tahun 2013 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Peresada.

Setiawan, Dika. (2017. Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Asasiyya Journal Of Basic Education. Volume 01, Nomor (2):37-38.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widyaningrum, Retno. (2012). Model Pembelajaran Tematik MI/SD. Cendekia. Volume 10, Nomor (1):114-119.

Yuniasih, Nury dkk. (2014). Analisis Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SDN Tanjungrejo 1 Malang. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1, Nomor (2):149.

Downloads

Published

2020-12-03 — Updated on 2021-02-06

Versions

Issue

Section

Articles