ANALISIS METODE PROMETHEE DALAM MENENTUKAN DOSEN TELADAN BERPRESTASI DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA)

Authors

  • Wulan Andang Purnomo Universitas Dharmas Indonesia

Keywords:

Dosen Teladan, Promethee, Dosen Berprestasi, Undhari, Sistem Pendukung keputusan

Abstract

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Mengingat pentingnya peran dosen dalam mencetak ilmuan dan mencerdaskan anak bangsa maka dosen perlu diberi penghargaan atas usaha kerja keras dan kontibusinya. Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta Universitas Dharmas Indonesia selalu berusaha meningkatkan mutu dosen dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan dengan mendatangkan narasumber dan atau mengirim dosen dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh kopertis atau oleh kelompok profesi serta diberikan kesempatan untuk lanjut studi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode promethee. Adapuan permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah menentukan dosen teladan di perguruan tinggi dengan menggunakan analisis metode promethee; (2) Bagaimanakah hasil rangking dosen teladan di perguruan tinggi dengan menggunakan analisis metode promethee?. tujuan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yang pertama tujuan umum (target umum) dalam penelitian ini adalah untuk menentukan dosen teladan di perguruan tinggi selingkungan Universitas Dharmas Indonesia melalui analisis metode promethee. Kedua tujuan khusus atau disebut juga dengan target khusus dalam penelitian ini juga terbagi adalah tersedianya/adanya sistem penghargaan yang terprogram bagi dosen yang memiliki prestasi tinggi dan menjadi teladan yang baik baik untuk mahasiswanya teman sejawatnya serta lingkungannya. Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa metode Promethee dapat memberikan sebuah pertimbangan bagi pihak pimpinan Universitas Dharmas Indonesia dalam pengambilan keputusan untuk penentuan pemilihan dosen berprestasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 193 times

References

Djoko Sutono. 2007.“Sistem Informasi Manajemen”, Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Doni Novaliendry. 2009. “Aplikasi Penggunaan metode Promethee dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Media Promosi”, Jurnal Ilmiah Kursor, Volume 5, Nomor 2 ISSN 0216-0544

Edi Faizal. 2015. “Analisis Pemilihan Jurusan Favorit Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus Pada Stmik El Rahma Yogyakarta)”. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 13, No. 2, Mei 2015.

Gunawan Ali. 2013. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jabatan Struktural Menggunakan Metode Promethee (Studi Kasus Pemilihan Ketua Program Studi S1 Keperawatan)”. Jurnal Eksplora Informatika Vol. 2 No. 2 Maret 2013. P3M STIKOM Bali.

Gunawan Ali. 2012. “Penerapan Metode Promethee Dalam Pemilihan Ketua Jurusan Pada SMK N 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Propinsi Sumatera Barat”. Jurnal IJCS online Vol. 2 No. 2 Oktober 2013 ISSN 2302-4364 STMIK Indonesia Padang.

Gunawan Ali. 2014. “Penerapan Metode preference Ranking Organization Method for Enrichmen Evaluation (Promethee) Dalam Analisis Multi Criterion Decision Making (MCDM) untuk Pemilihan Karyawan Berprestasi pada STIKES Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya”. Jurnal PI-Chace ISSN: 2252-3960 Vol. 3 No. 3 September 2014. STIKOM Pelita Indonesia Pekanbaru.

Heru Febistian, Desi Andreswari, dkk. 2015. “Implementasi Metode Mcdm Dalam Pemilihan Kantor Urusan Agama (Kua) Teladan Dengan Menggunakan Promethee (Studi Kasus: Kementerian Agama Kepahiang)”.Jurnal Rekursif. Vol. 3 No.2 November 2015.

Irfan Subakti. 2002. “Sistem Pendukung Keputusan”, Diktat Fakultas Teknologi Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Jogiyanto. 2005. “Analisis dan Desain Sistem Informasi”,Yogyakarta, Penerbit Andi

Kadarsyah S dan Ali Ramdhani. 2002. “Sistem Pendukung Keputusan”, Bandung. Rosda Karya

Kusrini. 2007. “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan”, Yogyakarta. Penerbit Andi

Marsani Asfi dan RatnaPurnama Sari. 2010. “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus STMIK CIC Cirebon)”. Jurnal Informatika. Vol.6, No. 2. Desember 2010.

Megi Adhiyani, Muliadi, dkk. 2015. “Preference Ranking Organization Method For Enrichment Evaluation(Promethee) Sebagai Penunjang Keputusan Pemilihan Anggota Bem Fmipa Unlam Banjarbaru”. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK). Vol Volume 02, No.02 September 2015.

RISTEKDIKTI. 2017. “Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di Perguruan Tinggi Edisi XI”. Tersedia: http://simlitabmas.dikti. go.id/.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Disahkan di Jakarta pada tanggal 30 Desember 2005 oleh Presiden Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Disahkan di Jakarta Pada tanggal 10 Agustus 2012 oleh Presiden Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 Tentang Dosen. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 26 Mei 2009 oleh Presiden Republik Indonesia.

Riyani, Awang Harsa.2010.“Sistem Pendukung Keputusan Sertifikasi Badan Usaha Pelaksana Jasa Konstruksi Pada BPD GAPENSI Kaltim”. Jurnal Informatika Mulawarman, Volume 5 Nomor 1.

Vivi Triyanti, Gadis MT.2008.“Pemilihan Supplier Untuk Industri Makanan Menggunakan Metode Promethee”. Jurnal Logistik dan Supply Manajemen, Volume 1 Nomor 2

Zainal Arifin. 2010. “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Menentukan Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negri”. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol. 5, No.2. 2 Juli 2010.

Downloads

Published

2018-09-20

How to Cite

Purnomo, W. A. (2018). ANALISIS METODE PROMETHEE DALAM MENENTUKAN DOSEN TELADAN BERPRESTASI DI PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA). Simtika, 1(3), 22. Retrieved from http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/1