ANALISIS DATA MINING DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Dwi Winarti Universitas Dharmas Indonesia

Keywords:

Frequent Itemset, FP-Growth, Rule Asosiasi, Data Mining

Abstract

Promosi merupakan hal yang sangat wajib dilakukan untuk menentukan sukses tidaknya suatu perusahaan, ataupun instansi yang lainnya. Di dunia pendidikan promosi sangat wajib dilakukan untuk memperkenalkan fakultas yang terdapat di Universitas Dharmas Indonesia yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, dari promosi tersebut di harapkan calon mahasiswa  tertarik untuk masuk ke fakultas tersebut, di Sumatera Barat PTN dan PTS banyak tersebar ini menjadi suatu motivasi  untuk terus bersaing untuk mendapatkan banyak calon  mahasiswa . promosi ini biasanya dilakukan di SMA,SMK, MAN/ sederajat baik dalam daerah dan luar daerah bahkan  dilakukan ampai ke luar kota. Berkaitan dengan hal tersebut di setiap fakultas harus menentukan strategi yang tepat agar tidak berdampak negatif dan mendapatkan hasil yang bagus.Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan menerapkan penggunaan Data Mining.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 590 times

References

Bambang, Budi DP,dan Widodo, Rochani J,dan Sutalaksana, Iftikar Z. dan Singgih, Moses L.2008. “Teknik Jaringan Syaraf Tiruan Feedforward Untuk Prediksi Harga Saham Pada Pasar Modal Indonesia”, Halaman: 4

Abdullah Saad Almalaise Alghamdi “Efficient Implementation of FP Growth Algorithm-Data Mining on Medical Data”.

Ali Ikhwan dkk “ Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan” ( Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma), 2015.

Bhavesh V,and Dr.Chirag Thaker “FP Growth Algorithm for finding patterns in Semantic Web”.

Budanis Dwi Meilani dan Azmuri Wahyu Azinar “Penentuan Pola Yang Sering Muncul Untuk Penerima Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) Menggunakan Metode Fp-Growth. IDeaTech 2015.

Devender Banga and Sunitha Cheepuriseti “ Proxy Driven FP-Growth Based Preefetching.” IJAET, India, 2014.

Emha Taufiq Luthfi “Penerapan Data Mining Algoritma AsosiasiUntuk Meningkatkan Penjualan” , ISSN: 1411-3201 2009.

Fadlina“ Data Mining Untuk Analisa Tingkat Kejahatan Jalanan Dengan Algoritma Asociation Rule Metode Apriori.”Vol 111 no 1 ,Sumatera Barat ” 2014.

Goldie Gunadi dan Dana Indra Sensue“ Penerapan Metode Data Mining Marbet Basket Analyis Terhadap Data Penjualan Produk Baru Dengan Menguunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth ( FP-Growth ).” Telematika Vol.4 No.1, 2012.

Kusrini dan Luthfi, E. T., 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Ririanti “ Implementasi Algoritma FP-Growth Pada Aplikasi Prediksi Persediaan Sepeda Motor .” PIBD Vol.VI No.1, 2014.

Sri Rahayu Siregar Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori.” PIBD Vol.VI1 No.1, 2014.

Downloads

Published

2018-09-20

How to Cite

Winarti, D. (2018). ANALISIS DATA MINING DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH DALAM MENDUKUNG STRATEGI PROMOSI PERGURUAN TINGGI. Simtika, 1(3), 27. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/3