PERANCANGAN ALAT UKUR TUBUH TERNAK UNTUK MENENTUKAN BERAT BADAN TERNAK SAPI MENGGUNAKAN ARDUINO DAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Noviardi Noviardi Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
  • Arif Budiman Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
  • Rizki Mulya Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
  • Hariska Efendi Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh

Keywords:

Ternak, Bobot, Android, Bluetooth, Arduino IDE, MIT App Inventor, Potensio Meter

Abstract

Peningkatan produktifitas peternakan perlu diupayakan yaitu dengan menerapakan teknologi mikrokontroler dalam pengambilan keputusan yang tepat sehingga hasil produksi penggemukan ternak dapat ditingkatkan. Bobot berat badan ternak merupakan parameter yang sangat penting dalam memastikan perkembangan penggemukan ternak baik itu peternakan sapi maupun kambing. Karena pemberian pakan sangat bergantung pada bobot berat badan dari ternak tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang suatu alat yang dapat mengukur bobot badan tubuh ternak dengan akurat, Dengan menggunakan Arduino, Bluetooth yang berbasiskan Android. Alat ini mampu mengukur berat atau bobot badan ternak dengan lebih akurat yang di tampilkan pada Android. Pada alat ukur yang di rancang dan di lengkapi dengan sebuah Potensio Meter sebagai pegukuran tubuh ternak dan Bluetooth sebagai pengirim data dari Arduino ke Android. Perangkat lunak yang digunakan pada perancangan alat ukur ini dengan menggunakan bahasa pemrograman Arduino IDE dan MIT App Invertor. Pengujian dilakukan langsung pada ternak sapi dan kambing yang kemudian  hasil dari pengujian tersebut menghasilkan ukuran lingkaran dada, dan bobot badan ternak yang di tampilkan pada Aplikasi Android.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 306 times

References

M. Takandjandji and R. Sawitri, “Ukuran Morfometrik Banteng,” pp. 59–73, 2015.

N. Dengen and H. R. Hatta, “Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser,” vol. 4, no. 1, pp. 47–54, 2009.

H. R. S. P. R. A. M. Rahmadina, “Seminar Nasional - XIV Rekayasa dan Aplikasu Teknik Mesin Industri Kampus ITENAs,” in Rancang Bangun Alat Pengukur Sudut Menggunakan Potensiometer Multiturn.

S. R. U. A. Sompie, S. T. Mt, N. M. Tulung, and S. T. Mt, “Rancang Bangun Alat Penguras Dan Pengisi Tempat Minum Ternak Ayam Berbasis Mikrokontroler Atmega 16,” vol. 4, no. 7, pp. 25–34, 2015.

Noviardi, “Aplikasi Kominikasi Serial Arduino Uno R3 Pada Pengontrolan Dengan Menggunakan Visual Studio 2012 Dan Sql Server 2008,” vol. 5, no. 2252, pp. 57–64, 2016.

M. Rofiq, “Perancangan Sistem Kontrol Dan Monitoring Lampu Dengan Memanfaatkan Teknologi Bluetooth Pada Smartphone Android,” vol. 8, no. 1, pp. 14–23, 2014.

Noviardi and M. Andri, “Rancang Bangun Aplikasi Android Untuk Menentukan Antropometri Dewasa Mengunakan Mikrokontroler Dan App Inventor,” J. Sain, Inform. dan Ekon., vol. I, no. 01, pp. 1–14, 2018.

Downloads

Published

2021-05-23

How to Cite

Noviardi, N., Budiman, A., Mulya, R., & Efendi, H. (2021). PERANCANGAN ALAT UKUR TUBUH TERNAK UNTUK MENENTUKAN BERAT BADAN TERNAK SAPI MENGGUNAKAN ARDUINO DAN BERBASIS ANDROID. Simtika, 4(2), 47–54. Retrieved from http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/355