SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KAYU HASIL HUTAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Authors

  • Riki Saputra AMIK Depati Parbo Kerinci

Keywords:

Sistem Pakar, Forward Chaining, Kayu, Website

Abstract

Perancangan sistem pakar identifikasi kayu hasil hutan ini termasuk kategori klasifikasi yang bekerja dengan cara menentukan ciri-ciri makroskopis yang terdapat pada kayu, sehingga kita dapat mengetahui apa jenis kayu yang telah diidentifikasi nantinya. Dengan mengetahui jenis kayu maka selanjutnya kita dapat menentukan kelas keawetan kayu tersebut, kegunaan dan manfaat yang tepat dari kayu yang telah dihasilkan. manfaat yang diharapkan dari penelitian yaitu mengetahui jenis kayu kayu yang tepat sesuai dengan ciri-ciri makroskopis kayu tersebut, mempermudah bagi para pedagang, pengusaha, pengrajin dan pemilik kayu dalam menentukan jenis kayu yang ingin digunakan tanpa harus ada bantuan langsung dari seorang pakar. Ada 8 ciri-ciri makroskopis pada kayu hasil hutan untuk mengidentifikasi jenis kayu hasil hutan, khususya di hutan yang di kelola oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kerinci. Identifikasi jenis kayu hasil hutan nanti bisa diketahui dengan melakukan konsultasi dan menjawab semua pernyataan yang diberikan oleh sistem, sehingga nanti dihasilkan ciri-ciri apa saja yang mendukung untuk mengetahui jenis kayu tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 186 times

References

Widyatmoko, “Identifikasi Jenis dan asal Usul Kayu Dengan Penanda DNA,” Balai Besar Penelit. Bioteknol. dan Pemuliaan Tanam. Hutan, 2013.

D. I. M. M. Idris, Petunjuk Praktis Sifat Sifat Dasar Jenis Kayu di Indonesia. Jakarta: PT. PUSAKA SEMESTA PERSADA, 2008.

Muhammad Arhami, Konsep Sistem Pakar. Yogjakarta: ANDI Offset, 2005.

D. J. dhamiri Annisa Nurul Fadhilah, Dini Destiani Siti Fatimah, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Anak Dengan Metode Expert System Development Life Cycle,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Garut, vol. 9, 2012.

Y. Erdani, “Konsep Inferensi Pada Model Pengetahuan Berbasis Ternary Grid,” Politek. Manufaktur Negeri Bandung, 2008.

A. Nuryawan, “Sistem Pakar Untuk Kayu Sebagai Bahan Konstruksi (Expert Sistem For Wood as Contruction Materials,” Komun. Penelit., 2005.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Saputra, R. (2021). SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI KAYU HASIL HUTAN DENGAN METODE FORWARD CHAINING. Simtika, 4(3), 23–32. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/554