APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DASAR DAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK SD BERBASIS ANDROID
Keywords:
Android, App Inventor, Al-Qur’an, Huruf Hijaiyah, TajwidAbstract
Sebagian besar anak-anak mengalami kesulitan dalam menghafal berbagai macam jenis Ilmu Tajwid dan menerapkannya, serta sering salah dalam melafalkan huruf Hijaiyah saat dihadapkan dengan bacaan Al-Qur’an, atau sebagian besar hanya mengetahui sedikit Ilmu Tajwid dan jarang menerapkannya saat membaca Al-Qur’an. Sehingga dibutuhkan sebuah metode atau alat bantu untuk mempermudah anak-anak mempelajari Ilmu Tajwib dan bagaimana melafalkan huruf hijaiyah dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran Ilmu Tajwid Dasar dan Huruf Hijaiyah berbasis Android dengan desain tampilan yang menarik dan dilengkapi audio pelafalan huruf Hijaiyah. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan MIT App Inventor. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan anak-anak lebih mudah dalam mempelajari Ilmu Tajwid dan Huruf Hijaiyah karna aplikasi ini dapat dijalankan di handphone Android.
Downloads
References
A.G. Haryanto, 1999. Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Buku Kedokteran Jakarta: EGC (Anggota IKAPI) Jakarta
Acep Iim Abdurohim. 2007. Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap. Bandung:CV Penerbit Diponegoro:
Aditya, Dodiet, 2009. Metodologi Research. Jakarta:Rineka Cipta
Andi, Janner. 2006. Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta:Sinarmata
Arafat, Gusti yasser. 2018. Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis. Diterbitkan di Jurnal Alhadharah : Jurnal Ilmu Dakwah, Vol.17 No.33.
Arsyad, Azhar, 2002. MediaPembelajaran. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada
Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital Dasar Teori + Pengembangannya. Yogyakarta:Andi Offset.
Enterprise, Jubile. 2010. Step by Step Ponsel Android. Jakarta:PT Elex Media Komputindo
Harjono, E. B. (2016). Analisa Dan Implementasi Dalam Membangun Sistem Operasi Linux Menggunakan Metode LSF Dan REMASTER. Diterbitkan di Jurnal Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, Vol.1 No.1.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT.Remaja Rosda Karya Offset
Gata, Windu, dan Grace. 2013. Sukses Membangun Aplikasi Penjualan Dengan Java. Jakarta:Elex Media komputindo.
Humam, As’ad. 2002. Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis. Jogyakarta:Balai Litbang LPTQ Nasional, Team Tadarus AMM
Hendini, Ade. 2016. Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang. BSI Pontianak, Pontianak.
Iyan Sopian, 2018. Implementasi Dan Pengujian Sistem Informasi Tracer Study Berbasis Android. Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Kusuma, Yuliandi. 2011. Membedah Kehebatan Android. Jakarta:PT.Grasindo
Mahmuda, Lailatul. 2008, Pengembangan Permainan Sebagai Media Pembelajaran. STMIK Amikom Yogyakarta
Nur, Tri Tias Tari, 2013, Aplikasi Pembelajaran Membaca Alqur’an Dengan Metode Qiro’ah Berbasis Android. UIN Alauddin, Makassar.
Rafrastara, Fauzi Adi dkk. 2009. Membuat Game Fighting dengan Flash. Jakarta:PT Elex Media Komputindo
Rosa dan Salahuddin M. 2011. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Universitas Bandung, Bandung.
Safaat, Nazarudin. 2012. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. UIN Bandung, Bandung.
Supriyanto, Aji. 2005. Pengantar teknologi Informasi. Jakarta:Salemba Infotek
Widodo, Prabowo.P,DKK. 2011. Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek Dengan Uml. Yogyakarta:Graha Ilmu
E. Yandani and D. Winarti, Perancangan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Web, simtika, vol. 2, no. 3, pp. 21–27, Sep. 2019.