APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ( STUDI KASUS SD ISLAM PLUS DAARUTH THULLAB 03 SITIUNG )
Keywords:
Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif, Kodular, Bahasa InggrisAbstract
Semakin pesatnya kemajuan teknologi juga mendorong kemajuan pembelajaran. Namun metode yang digunakan tetap saja sama dengan menggunakan buku dan modul-modul yang ada, metode ini sebenarnya bagus karena dapat memberi pelajaran secara lebih teknis. Namun yang terjadi sebaliknya karena perkembangan teknologi semakin maju membuat anak-anak menjadi malas untuk membaca buku. Sehingga menjadi sangat sulit untuk belajar apalagi mempelajari Bahasa inggris, karena itu penulis berinisiatif untuk membuat aplikasi yang memberi pembelajaran bahasa inggris. Sehingga dapat meningkatkan keinginan untuk belajar bahasa inggris.
Aplikasi yang ingin saya buat adalah aplikasi pembelajaran bahasa inggris yang ditujukan untuk anak-anak di bawah umur tujuh tahun, aplikasi ini saya buat memakai KODULAR. Pada tahap pembuatan aplikasi terdapat beberapa tahap seperti login terlebih dahulu, buat projek baru, desain aplikasi, pembuatan kode program dan build aplikasi, sehingga dihasilkan aplikasi pembelajaran bahasa inggris berbasis android yang dapat di jalankan pada smartphone. Aplikasi ini di peruntukkan untuk anak-anak di bawah umur tujuh tahun.
Downloads
References
Adinugraha, F. (2018). Media Berbasis Pembelajaran Biologis Berbasis Ecopreneurship.
Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 219-233.
https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2233
Afitri, N., & Budayawan, K. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Sistem Komputer Berbasis Mobile. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(3), 211-219
Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Android (http://repository.uin-alauddin.ac.id/2554/1/Rachmat%20pratama%20achmad.pdf di akses 7 april 2021)
Eka, B., Indah, P., & Wardati, U. (2018). Implementasi Multimedia Untuk Konten Karaoke “ Jaga Selalu Hatimu “ Pada Purnama Guest House. 10(3),1-5.
Ika Parma Dewi, Lativa Mursyida, Agriadne Dwinggo Samala, (2021), Dasar-Dasar Android Studio Dan Membuat Aplikasi Mobile Sederhana
ISA Mukti dkk, (2018), Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Untuk Anak Umur 6-9 Tahun Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasikan., vol. 7 (1), 1-6.
(https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/10772 di akses 13 maret 2021)
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018).Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.
DOUBLECLICK: Journal of Computer and Information Technology,1(2),
68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.vli2.1540
Lailiyah, N., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali
Cerita Siswa Kelas IV Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan guru Sekolah Dasar, 6(7), 1150-1159
Muhammad Alda, S.Kom, M.S.I , 2020, Aplikasi CRUD Berbasis Android Dengan Kodular dan Database Airtable
Pambudi Arya Wahyu. 2020. Membuat Aplikasi Pembelajaran dengan App Inventor. (https://kubahas.com/2020/08/20/membuat-aplikasi-pembelajaran-dengan-app-inventor di akses 13 maret 2021)
Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Siswa Kelas XI SMK Pengasih (https://eprint.uny.ac.id/21320/1/Singgih%20Yuntoto-%20105012444021.pdf di akses 7 april 2001 )
Rudi Setiawan, 2020, Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle
Simalango, dkk, (2018). Rancang Bangun Aplikasi Multimedia Interaktif Mobile Learning. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 6(2), 44-50
Urfan dkk, (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Bahasa Minangkabau Pada Smartphone Berbasis Android. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, 4(1).
Wihidayat dkk, (2017) Membuat Aplikasi dengan situs web yaitu Kodular.