SISTEM PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PADA SATUAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1115Keywords:
Sistem, Administrasi, Satuan PendidikanAbstract
Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauhmana sistem penyelenggaraan adminitrasi pada satuan pendidikan telah terlaksana pada SMP Negeri 1 Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, untuk memperoleh data di samping melakukan penelitian kepustakaan juga dilakukan penelitian lapangan, Penelitian kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data sekunder dengan cara menelaah berbagai buku-buku dan peraturan serta literatur lain yang ada kaitannya dengan permasalahan yang sedang diteliti. Sedangkan penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer yaitu dengan cara mewawancarai para responden dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya, semua data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penyelenggaraan administrasi pada SMP Negeri 1 Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya belum terlaksana sebagaimana mestinya hal ini dikarenakan dijumpai berbagai faktor kendala dalam pelaksanannya. Adapun hambatan yang ditemui dalam penulis melakukan penelitian antara lain adalah, terbatasnya tenaga administrasi, yang mengelola administrasi pendidikan, terbatasnya guru dan sarana/prasarana yang tersedia untuk mendukung proses pembelajaran pada SMP Negeri 1 Trienggadeng kabupaten Pidie jaya juga terbatas. Upaya yang dapat dilakukan antara lain adalah perlu penambahan tenaga administrasi, penambahan guru, serta sarana/prasarana yang kurang perlu juga segera ditanggulangi agar proses pembelajaran dapat terselenggara sesuai sebagaimana yang diharapkan.
Downloads
References
Darujati, C., Ambarwati, A., Damastuti, N., Setiawan, E., & Widodo, A. (2022). Peran Tenaga Kependidikan dalam Pengelolaan Penerapan MBKM di Universitas Narotama. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 41–45. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1551
Engin, G. (2020). An Examination of Primary School Students’ Academic Achievements and Motivation in Terms of Parents’ Attitudes, Teacher Motivation, Teacher Self-Efficacy and Leadership Approach. International Journal of Progressive Education, 16(1), 257–276.
Fasha, S. A., & Umar, A. B. (2021). Administrasi Pendidikan di SMP Annihayah Rawamerta. PeTeKa, 4(2), 247–256. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.247-256
Fathurrochman, I., Danim, S., AB, S. A., Kurniah, N., Connie, C., Wachidi, W., & Ristianti, D. H. (2021). Analisis Sistem Pendidikan Negara Federasi Rusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Ford, T. G., Lavigne, A. L., Fiegener, A. M., & Si, S. (2020). Understanding District Support for Leader Development and Success in the Accountability Era: A Review of the Literature Using Social-Cognitive Theories of Motivation. Review of Educational Research, 90(2), 264–307. https://doi.org/10.3102/0034654319899723
Gontina, R., Komariyah, K., & Hasanah, U. H. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 79–92. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.4946
Mascareño, J., Rietzschel, E., & Wisse, B. (2020). Envisioning innovation: Does visionary leadership engender team innovative performance through goal alignment? Creativity and Innovation Management, 29(1), 33–48. https://doi.org/10.1111/caim.12341
Maulana, M. P., & Suryana, S. (2021). Upaya Tenaga Administrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Di Sekolah. PeTeKa, 4(2), 266–274. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.266-274
Mayasari, N., Jusriati, J., Prayogo, P., Hajeni, H., Yati, Y., Ulpi, W., Saswati, R., Satar, M., & Pajarianto, H. (2023). Manajemen Pendidikan. Penerbit Widina.
Megasari, R. (2020). Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3808
Meyer, A., Richter, D., & Hartung-Beck, V. (2022). The relationship between principal leadership and teacher collaboration: Investigating the mediating effect of teachers’ collective efficacy. Educational Management Administration & Leadership, 50(4), 593–612. https://doi.org/10.1177/1741143220945698
Molina, O. A. M. (2018). Visionary Leadership in the Administrative Staff of the Guapan Educational Unit. Journal of Technology and Science Education, 8(2), 115–125.
Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. (2019). Pengelolaan Satuan Pendidikan dalam Rangka Mencetak Insan Generasi Muda yang Unggul di Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 73–80. https://doi.org/10.24853/holistika.3.2.73-80
Osman, M. E. (2020). Global impact of COVID-19 on education systems: the emergency remote teaching at Sultan Qaboos University. Journal of Education for Teaching, 46(4), 463–471. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802583
Ossiannilsson, E. (2018). Visionary leadership for digital transformation: In a time when learners take ownership of their learning. Asian Journal of Distance Education, 13(1), 128–148. https://www.learntechlib.org/p/185265/
Pandi, A. (2022). Peran tenaga administrasi dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di MTs. Hidayatul Muhsinin. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 153–165. https://doi.org/10.55352/mudir.v4i1.137
Sakdiah, H., & Syahrani, S. (2022). Pengembangan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622–632.
Sarpiah, S., Assidiq, M., & Khairat, U. (2020). Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Kesetaraan Paket A,B, dan C Pada Satuan Pendidikan Non Formal Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Majene Berbasis Web. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(1), 48. https://doi.org/10.35329/jp.v2i1.1380
Satrio, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101.
Sridana, N., Wilian, S., & Setiadi, D. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Satuan Pendidikan Menengah (SMA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.212
Suardipa, I. P., & Pitriani, K. (2020). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Dan Akreditasi Dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). MANAJEMEN MUTU DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Taufik, T., & Warsono, H. (2020). BIROKRASI BARU UNTUK NEW NORMAL: TINJAUAN MODEL PERUBAHAN BIROKRASI DALAM PELAYANAN PUBLIK DI ERA COVID-19. Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.14710/dialogue.v2i1.8182
Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Deepublish.
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Zhou, L., Zhao, S., Tian, F., Zhang, X., & Chen, S. (2018). Visionary leadership and employee creativity in China. International Journal of Manpower, 39(1), 93–105. https://doi.org/10.1108/IJM-04-2016-0092
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten