PERANAN TATA USAHA DALAM PROSES PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN PADA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • Halimah Halimah Program Studi Administrasi, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia
  • Anwar Anwar Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1256

Keywords:

peranan tata usaha, penyelenggaraan administrasi, satuan pendidikan, sekolah dasar

Abstract

Sekolah Dasar Negeri 3 Tangse merupakan salah satu jenjang pendidikan dasar yang tunduk dan bertanggung jawab kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie. Dalam menyelenggarakan kegiatan administrasi pendidikan dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar, seperti administrasi sumber daya manusia, administrasi kesiswaan, administrasi program pengajaran dan kurikulum dan pengelolaan sarana serta prasarana. Namun dalam kenyataannya semua jenis administrasi tersebut belum sepenuhnya dapat terlaksana karena ditemui beberapa faktor penghambat. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauhmana proses penyelenggaraan administrasi pendidikan telah terlaksana pada SD Negeri 3 Tangse, hambatan-hambatan yang ditemui. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, untuk memperoleh data di samping melakukan penelitian kepustakaan juga dilakukan penelitian lapangan, semua data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penyelenggaraan administrasi pendidikan SD Negeri 3 Tangse belum terlaksana sebagaimana mestinya. Hambatan yang ditemui, terbatasnya tenaga administrasi, dan prasarana serta sarana yang tersedia juga terbatas dan perlu penambahan tenaga administrasi, perlu penanmabahan sarana dan prasarana yang kurang perlu segera ditanggulangi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Halimah Halimah, Program Studi Administrasi, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Program Studi Administrasi, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Anwar Anwar, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Jabal Ghafur, Indonesia

Abstract viewed = 237 times

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. Si., Nur Hikmatul Auliya, Grad. Cert. B., Helmina Andriani, M. Si., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Anugrahani, N. A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 239–248. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p239

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). The Development Of Interactive Learning Media On Subjects The Administration Server In Smk Negeri 2 Depok. E-Jpte (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 6(6), 40–45.

Hamzah, A. (2021). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis kemampuan pedagogi guru smk yang sedang mengambil pendidikan profesi guru dengan metode deskriptif kuantitatif dan metode kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.

Jumpa Ukur, M. P. (2019). Peranan Manajemen Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Tercapainya Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmiah” INTEGRITAS” Vol, 4(1).

Kholifah, S., & Suyadnya, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif; Berbagi Pengalaman dari Lapangan.

Latief, S., & Chandra, A. E. (2020). Penerapan Penyelesaian Sengketa Tata Usaha Negara Melalui Upaya Administrasi: Perbandingan Indonesia, Australia Dan Belanda. Journal of Judicial Review, 22(2), 215–228.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish.

Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213–221.

Sedarmayanti, S., & Safer, G. Y. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Gugus Satu Desa Neglawangi Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 13(3), 501–524. https://doi.org/https://doi.org/10.31113/jia.v13i3.100

Ukur, J. (2019). Peranan manajemen administrasi sarana dan prasarana pendidikan dalam menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Integritas, 4(1), 1–13.

Wardani, A. K. (2019). Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).

Published

2023-12-30

How to Cite

Halimah, H., & Anwar, A. (2023). PERANAN TATA USAHA DALAM PROSES PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN PADA TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 105–109. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1256

Most read articles by the same author(s)