PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE LATIIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA TEKS LAGU PADA SISWA KELAS X

Authors

  • Hayatun Rahmi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia
  • Nofiana S Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia
  • Nuraiza Nuraiza Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1419

Keywords:

Keterampilan Menulis, Cerpen, Media Teks Lagu

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Delima. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam alur yang disebut dengan siklus yaitu siklus I dan siklus II. Adapun tahapan siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan, yaitu tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian PTK ini dirancang dalam dua siklus, di mana setap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 2 Delima Kecamatan Delima Kabupaten Pidie. Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil (selama 2 bulan), mulai Oktober sampai November. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA I SMA Negeri 2 Delima berjumlah 25 orang yang terdiri dari 7 perempuan dan 18 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan nontes. Hasil tes menulis cerpen pada siklus I dengan rata-rata nilai mencapai 65,48 dan sudah mencapai kategori  baik. Hasil tes keterampilan menulis cerpen pada siklus II mencapai 76,72 atau berkategori baik. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut hasil tes menulis cerpen siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Sigli sudah mencapai kategori baik dan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 11,26 atau sebesar 45,04%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen melalui metode latihan terbimbing dengan media teks lagu berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hayatun Rahmi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Nofiana S, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Nuraiza Nuraiza, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jabal Ghafur, Aceh, Indonesia

Abstract viewed = 32 times

References

Abdurrahman, H., Wildan, W., & Loka, I. N. (2020). The Effect Of Guided Inquiry Learning Model On Chemistry Learning Towards Critical Thinking Skills Students At Class Xi Mia Sman 7 Mataram 2019. Chemistry Education Practice, 3(2), 99–103. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V3i2.1817

Agustin, Lady, Haryanto, Z., & Efwinda, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 9 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(01), 56–64. Https://Doi.Org/10.30872/Jlpf.V1i01.80

Alama, A., Musdalifah, M., & Marwah, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Terbimbing Dengan Media Teks Lagu. Journal Peqguruang, 1(2), 197–202. Https://Doi.Org/Https://Dx.Doi.Org/10.35329/Jp.V1i2.577

Asiah, N., Muhiddin, M., & Rachmawaty, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Dan Hasil Belajar Peserta Didik Mts Miftahul Muin. Universitas Negeri Makassar. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/12411

Betti, W. (2022). Pengaruh Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Berbantuan Google Classroom Terhadap Berpikir Kreatif. Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/16929

Gurning, E. O. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Teks Lagu Pada Siswa Kelas Xii Mia-1 Sma Negeri 16 Medan. Cybernetics: Journal Educational Research And Social Studies, 151–160.

Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 79–84. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.2.2.79-84

Hasmi Syahputra Harahap, & Harahap, N. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Dan Modified Free Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Sma Negeri 1 Kotapinang. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 25–34. Https://Doi.Org/10.31849/Bl.V8i2.7690

Hayati, L., Loka, I. N., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pembelajaran Terpadu Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry Education Practice, 2(2), 29. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V2i2.1364

Hutagalung, R., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2018). Pengaruh Metode Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. Sriwijaya University.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar Ipa Siswa Sd Di Daerah Tertinggal Dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I2.P103-111

Lestari, P. B., & Hartati, T. W. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 4(01), 22–28. Https://Doi.Org/10.33503/Ebio.V4i01.307

Lianantara, Z. (2022). Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Lagu Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 01 Totokaton Punggur Lampung Tengah. Iain Metro.

Marganingsih, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Media Teks Lagu Dengan Metode Latihan Terbimbing. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 6(6).

Mulaiatik, S., Zahara, S. F., & Perangin-Angin, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Menyunting Cerpen Melalui Metode Latihan Terbimbing Dengan Media Surat Kabar Edisi Mingguan. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 5(2), 15–24.

Nahak, R. L., & Bulu, V. R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantu Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 230. Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i2.2369

Purwandari, P., & Yusro, A. C. (2018). Pembelajaran Fisika Menggunakan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Momentum: Physics Education Journal, 2(1). Https://Doi.Org/10.21067/Mpej.V2i1.2369

Rachamatika, T., Sumantri, M. S., Purwanto, A., Wicaksono, J. W., Arif, A., & Iasha, V. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V Sdn Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 17(1), 59–69.

Salamudin, C., & Amelia, E. M. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Siswa Di Sman 14 Garut. Jurnal Masagi, 1(1), 1–7.

Santoso, R. S. B., Suyono, S., Harsiati, T., & Sari, N. P. (2023). Implementasi Instrumen Asesmen Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Media Lagu Inspiratif Untuk Siswa Kelas Xi Sma Di Era Merdeka Belajar. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 364–376. Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.Vi.11772

Setyaningsih, Y. (2021). Menulis Cerita Pendek Dengan Model Pembelajaran “Cantik” Bagi Siswa Sma Negeri 1 Tawangsari Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 30(3), 529–534.

Sujono, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Sederhana Dengan Menerapkan Metode Latihan Terbimbing Dan Media Teks Lagu. Journal On Education, 3(01), 127–148.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Of Education Action Research, 5(1), 126–132. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V5i1.32255

Wulandari, F., Sukardi, S., & Masyhuri, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1327–1333. Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V7i3.752

Published

2024-06-29

How to Cite

Rahmi, H., S, N., & Nuraiza, N. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE LATIIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA TEKS LAGU PADA SISWA KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 588–602. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1419

Issue

Section

Articles