PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.999Keywords:
Disiplin Belajar, Pendidikan Karakter, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karatkter dalam membentuk disiplin belajar siswa kelas IV SD Negri 091277 Siantar Estate Kabupaten Simalungun semester genap T.A 2023/2024. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian siswa kelas IV A SD Negeri 091277 Siantar Estate Kabupaten Simalungun berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas IV SD Negeri 091277 Siantar Estate Kabupaten Simalungun yang berjumlah 24 siswa. Hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan karakter dalam membentuk disiplin belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data melalui uji normalitas beradasarkan P-P plot pada gambar, sebaran data cenderung mengikuti garis lurus, maka residual berdistribusi normal. Berdasarkan tabel pada uji-t dapat diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,004 dengan nilai p-value sebesar 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa nilai nilai p-value lebih kecil dari alpha 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya variabel Pendidikan Karakter mempunyai pengaruh yang signifikan dalam membentuk Disiplin Belajar siswa.
Downloads
References
Achadiyah, B. N., & Najib, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 9(1), 17188.
Ardiansah, U. (2020). Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Web Di Smk Ma’arif Cidaun. Universitas Komputer Indonesia. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/4168
Astari, J. I. R. (2018). Pengoptimalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Kimia yang Efektif dan Efisien dengan Media Interaktif. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), 24–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um026v3i12018p024
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter di Persekolahan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(1), 71–84. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2018). Pengaruh Konteks pada Ilustrasi Buku Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p41-50
Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i2.1561
Irawan, T. A., Lestari, P. A., & Sukendro, S. (2021). Persepsi Mahasiswa PLP PG-PAUD UNJA terhadap Pembelajaran Belajar Dari Rumah dengan Pendekatan Saintifik. Madrasatuna, 1(1), 47–53. https://journal.iaima.ac.id/madrasatuna/article/view/11
Irjanti, R., & Setiawati, F. A. (2018). Pengaruh nilai-nilai karakter terhadap prestasi belajar di SDIT Salman Al Farisi. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21490
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika : Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i2.10244
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kurnia, H., & Widayanti, F. K. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Kepanduan Hizbul Wathon terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 11(01), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v11i01.318
Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761. https://doi.org/https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.405
Mariatun, I. L., Arisinta, O., & Ali, C. Y. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bangkalan. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, 4(2), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.570
Mohamed, S. M. B., Ahmad, A. B., & Mazlan, A. B. (2021). Penggunaan WazeTech untuk Meningkatkan Tahap Kefahaman Pelajar dalam Topik Kirchoff’s Law. Journal on Technical and Vocational Education, 6(2), 161–170.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421
Riko, R., Lestari, F. A. P., & Lestari, I. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Konsep Diri Peserta Didik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i2.4448
SAMUDERA, S. A. (2022). PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) II MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Saragih, A. Y. N., Abi, A. R., Mahulae, S., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Hasil Belajar Tema Pahlawanku Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3980–3984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.560
Sayekti, A., Darmawati, D., & Sulistyandari, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baturaden. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 21–34. https://doi.org/https://doi.org/10.32424/seej.v2i1.2150
Sirait, E. D., & Sugiono, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter terhadap karakter siswa di sekolah menengah kejuruan bethel petamburan. Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 11(1), 16–31. https://doi.org/https://doi.org/10.47562/edk.v11i1.138
Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389–402.
Susilawati, E., Jannah, S. R., & Savitri, R. (2021). PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH SWASTA (MAS) AL-HIDAYAH KECAMATAN TEBO ILIR KABUPATEN TEBO. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Susilawati, T. (2020). Pengaruh pendidikan karakter nasionalisme terhadap hasil belajar siswa muatan PPKN kelas IV MI Almadaniyah Jempong Tahun Pelajaran 2019/2020. UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1867
Widiastiti, N. L. A., & Sumantri, M. (2020). Model Quantum Teaching Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 303–314. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26628
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wulanningtyas, M. E., & Ate, H. M. (2020). Pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 166–169.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten