PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 12 KOTO BARU

Authors

  • Azila Wana Fridestu Universitas Dharmas Indonesia

Keywords:

Sekolah Dasar, Hasil Belajar, IPAS, Kooperatif, Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 12 Koto Baru pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dan informasi diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan teknik observasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu teknik deskriptif kualitatif yang menganalisis hasil tes belajar dan hasil observasi yang terkait dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament dengan target indikator keberhasilan 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model tipe TGT meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan indicator keberhasilan mencapai 85%. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD N 12 Koto Baru.

Kata Kunci: Sekolah Dasar, Hasil Belajar, IPAS, Kooperatif, Teams Games Tournament.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rieneka Cipta. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=23100

Farijan, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Merencanakan Eksperimen dan Hasil Belajar PKn di SMK Negeri 1 Sakra Tahun Pelajaran 2018/2019. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 110–116. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i1.220

Firmansyah. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan UNISKA, 2(1), 6–12.

Gayatri, Y. (2009). COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMETOURNAMENTS (TGT) SEBAGAI ALTERNATIFMODEL PEMBELAJARAN BIOLOGIbrought to you by COREView metadata, citation and similar papers at core.ac.ukprovided by Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya, 8, 59–67.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Jumrah. (2023). Meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika melalui penggunaan model kooperatif tipe think-pair share (TPS). Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 141–158.

Nasution. (2006). Strategi Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Nuraeni, R., Hermawan, R., & Hendriani, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 175–184. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index

Putra, H. P., Ariawan, K. U., & Arsa, Su. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 106–115. http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/881

Rifanty, E. (2019). JURNAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS Disusun Oleh : Epriliana Rifanty PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA PESERTA. Jurnal JPSD, X(X), 1–6.

Riza. (2017). Kemampuan Siswa Dalam Memahami Materi Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Subtema 1 Kelas Iv Sd Negeri 51 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(April), 103–110.

Sadewo, D. S. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.

Suarim, B., & Neviyarni, N. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Tanjung, E. S., Theresia, M., & Nurbaiti, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V Sd Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 22–28. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i2.319

Umar, U., & Widodo, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Articles