Analisis Respon dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom

Authors

  • Arlianti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

This study aims to describe the learning process, responses, and activeness of students towards online learning using zoom during the Covid-19 pandemic in class V SD N Purworejo. The research method used in this research is qualitative research with a phenomenological approach. The subjects used were 20 grade V SD N Purworejo students using a total sampling technique or census because the number of subjects was less than 30. In addition, the data collection techniques used were interviews, observations, and field notes. The research was conducted online using zoom. The data analysis technique used is the Miles & Huberman model which consists of 3 stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion / verification. The results of this study indicate that: 1) various learning activities can be carried out during online learning using zoom even though their use must be side by side with the WhatsApp application and sometimes constrained by erratic network signals; 2) students really seem to respond well to the learning given by the teacher using zoom, it can be seen from the students who meet the indicators of the response; 3) students appear to be active during the online learning process using zoom, it can be seen from the activeness indicators that are fulfilled by students

 

Keyword :Liveliness, Online learning, Response, Zoom.

 

Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, respon, dan keaktifan peserta didik terhadap pembelajaran daring menggunakan zoom saat pandemi Covid-19 pada kelas V SD N Purworejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek yang digunakan yaitu peserta didik kelas V SD N Purworejo yang berjumlah 20 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling total atau sensus karena jumlah subjek kurang dari 30. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan secara daring menggunakan zoom. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) berbagai aktivitas belajar dapat dilakukan selama pembelajaran daring menggunakan zoom meskipun penggunaanya harus berdampingan dengan aplikasi whatsapp dan terkadang terkendala sinyal jaringan yang tak menentu; 2) peserta didik sangat nampak merespon baik pembelajaran yang diberikan guru menggunakan zoom, dapat dilihat dari peserta didik yang memenuhi indikator dari respon; 3) peserta didik nampak aktif selama proses pembelajaran daring menggunakan zoom, dapat dilihat dari indikator keaktifan yang dipenuhi oleh peserta didik

 

Kata Kunci :Keaktifan, Pembelajaran daring, Respon, Zoom.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 739 times

Downloads

Published

2021-07-08

Issue

Section

Articles