PENGEMBANGAN TEST MINAT DAN BAKAT ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

Authors

  • Teguh Hidayat Sekolah Tinggi Ekonomi KBP Padang
  • Tri Monarita Johan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP Padang

Keywords:

Minat dan bakat, metode fuzzy logic

Abstract

Minat berarti kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, diartikan pula sebagai gairah atau keinginan. Minat pada anak akan mulai terlihat pada usia pra sekolah (3– 5tahun) sampai dengan usia sekolah (6-12 tahun). Dan bakat diartikan sebagai kepandaian, sifat dan pembawaan yang dibawa sejak lahir, bakat yang dimiliki oleh seseorang dipercaya berasal dari pola genetik atau rangkaian DNA yang dibawanya.

Peran orang tua sangat penting untuk mendeteksi bagaimana minat dan bakat dari anak sejak dini, untuk menentukan minat dan bakat anak bisa dengan bantuan tenaga ahli yaitu psikolog anak. Tapi saat ini masih ada keengganan dari orang tua untuk mendiskusikan perihal anak mereka ke psikolog mulai dari faktor ekonomi dengan mahalnya biaya konsultasi dan kurangnya jumlah psikolog yang tidak sebanding dengan pertumbuhan penduduk Indonesia.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dengan dibangunnya test minat dan bakat anak-anak diharapkan dapat membantu orang tua untuk mengetahui bagaimana minat dan bakat anak sejak dini untuk mempersiapkan penerus bangsa yang berkualitas tanpa bantuan tenaga ahli dalam hal ini psikolog anak yang jumlahnya masih sangat minim dan mahalnya biaya konsultasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 77 times

References

Kusumadewi, Sri dan Hari Purnomo. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Pujiyanta, Ardi dan Ari Pujiantoro. 2012. “Sistem Pakar Penentuan Jenis Penyakit Hati Dengan Metode Inferensi Tsukamoto”. EDUCHILD.Vol 01 No 1.

Ramadhan, Ganjar. 2012. “Menentukan Harga Mobil Bekas Toyota Avanza dengan Metode Tsukamoto”. Jurnal Generic, Vol. 8, No.8

Triana, Dian dan Rifkie Primartha. 2012. “Diagnosis Penyakit Gigi Periodontal Menggunakan Sistem Pakar Fuzzy”. Jurnal Generic, Vol. 10, No. 10.

Wahana Komputer. 2013. Adobe Dreamweaver CS 6. Yogyakarta: Andi Offset.

Tamara, T., Yandani, E. “Sistem Pendukung Keputusan dalam Skema Pengusulan Awal Jabatan Fungsional Dosen Menggunakan Sistem Inferensi Fuzzy Tipe Mamdani”, Jurnal Intecoms, Vol.2, No.2

Yuhefizar. 2008. 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Hidayat, T., & Monarita Johan, T. (2023). PENGEMBANGAN TEST MINAT DAN BAKAT ANAK-ANAK MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC. Simtika, 6(2), 23–26. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/1173