PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN TENAGA HONORER DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DHARMASRAYA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC.NET DAN DATABASE MYSQL

Authors

  • Dedi Mirsa Universitas Dharamas Indonesia
  • Gunawan Ali Universitas Dharamas Indonesia
  • Raimon Efendi Universitas Dharamas Indonesia

Keywords:

Sistem Informasi, Pendataan Tenaga Honorer, Dinas Pendidikan, Dharmasraya.

Abstract

Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu instansi yang menaungi pendidikan di Dharmasraya. Berdasarkan pengamatan dan wawancara terhadap pimpinan dan beberapa pegawai administrasi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, peneliti menemukan di dalam pengolahan data tenaga honorer masih menggunakan Microsoft Office Excel dan Word. Sehingga pengarsipan data dan efisiensi kerja menjadi tidak baik dan sering kali menimbulkan kesalahan kerja administrasi dan ketidakrapian dalam administrasi arsip data tenaga honorer. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melakukan pengembangan sistem yang ada dengan cara membangun sistem informasi dengan menggunakan sebuah database MySQL yang didukung oleh bahasa pemograman Visual Basic.Net.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 289 times

References

Jogianto H.M. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.2001.

Jogianto H.M. Pengenalan Komputer; dasar ilmu komputer, pemrograman, sistem informasi dan inteligensi buatan. Andi Offset. Yogyakarta.2002.

Wahana Komputer. Visual Basic 2013. Andi Offset. Yogyakarta.2014.

Supardi Y. Koleksi Program Database VB2012. PT. ELex Media Komputindo. Jakarta.2014.

Fauzan M, Novita D, dkk. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian pada Pengontrolan dan Pengukur Kinerja Pegawai CV. Putra Pratama Palembang. STMIK GI MDP Palembang.2016.

Reza Fachlevi M, Fenny Syafariani R. Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian Berbasis Website di Bagian Kepegawaian SDN Binakarya I Kabupaten Garut. Jurnal SIMETRIS. ISSN: 2252-4983, Vol. 8, No. 2 November 2017.

Panggabean E. Sistem Informasi Kepegawaian pada Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan. Jurnal Mantik Penusa. ISSN: 2088-3943, Vol. 18, No. 2 Desember 2015.

Tonggiroh M, Imamul Hakim N. Sistem Informasi Kepegawaian pada Kantor Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Provinsi Papua Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Teknik dan Informatika. Vol 2, No 1, Februari 2017.

Tirta Faulina S, Bherta R. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian SMP N 38 OKU. JTI. Vol 9, No 2, Desember 2017.

Munandar G A, Amarudin. Rancang Bangun Aplikasi Kepegawaian Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Honorer pada Badan Kepegawaian dan Diklat Kabupaten. Jurnal Teknoinfo, Vol 11, No 2, Vol. 54-58. ISSN 1693-0010.2017.

Moh Taufik. Sistem Informasi Penggajian Pegawai Honorer Pada Dinas Tenaga Kerja kabupaten Kepulauan Meranti Menggunakan VB. NET. Tugas Akhir Prodi Manajemen Informatikan STMIK Gici. Batam.2017.

Downloads

Published

2019-05-14

How to Cite

Mirsa, D., Ali, G., & Efendi, R. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDATAAN TENAGA HONORER DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN DHARMASRAYA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC.NET DAN DATABASE MYSQL. Simtika, 2(2), 9–18. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/25