ANALISA PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING TUGAS AKHIR MAHASISWA MENGGUNAKAN NAIVE BAYES CLASSIFIER
Keywords:
Dosen pembimbing, Text Mining, Naïve Bayes Classifier (NBC), Text preprocessing, Tugas Akhir, SkripsiAbstract
Penentuan dosen pembimbing untuk Mahasiswa/i sangat berpengaruh dalam menyelesaikan Tugas Akhir/Skripsi. Dosen pembimbing yang kompeten dan sesuai dengan bidang tugas akhir mahasiswa mampu mengarahkan dan menentukan keberhasilan tugas akhir mahasiswa tersebut. Dalam skripsi ini text mining digunakan untuk mengklasifikasi dosen pembimbing yang tepat untuk mahasiswa/i dalam menyelesaikan tugas akhir. Klasifikasi diterapkan pada judul tugas akhir mahasiswa berdasarkan pengalaman, keahlian dan bidang dosen pembimbing. Algoritma yang digunakan adalah algoritma naive bayes classifier (NBC). Sebelum dilakukan klasifikasi data terlebih dahulu diproses pada tahap text preprocessing, yang terdiri dari case folding, stopcharacter removal, stopword, stemming dan pembobotan. Evaluasi untuk mengukur akurasi pada sistem ini menggunakan confusion matrix yang menghasilkan akurasi 78% pada dosen pembimbing dan menghasilkan akurasi 95% pada bidang keahlian.
Downloads
References
Asril, H. and Kamila, I. (2019) ‘Klasifikasi Dokumen Skripsi Berbasis Text Mining menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor’, (November), pp. 178–187.
Berliana, G., Shaufiah, S.T., M. T. and Siti Sa’adah, S.T., M. T. (2018) ‘Klasifikasi Posting Tweet mengenai Kebijakan Pemerintah Menggunakan Naive Bayesian Classification’, e- Proceeding of Engineering, 5(1), pp. 1562–1569.
Indriyanti, Sugianti, D. and Karomi, M. A. Al (2017) ‘Peningkatan Akurasi Algoritma KNN dengan Seleksi Fitur Gain Ratio untuk Klasifikasi Penyakit Diabetes Mellitus’, pp. 1-6.
Efendi, Z. (2017) ‘Text Mining Classification Sebagai Rekomendasi Dosen Pembimbing Skripsi Program Studi Sistem Informasi’, pp. 235–242. Hanik Mujiati, S. (2013) ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada
Apotek Arjowinangun’, Indonesian Journal on Computer Science - Speed (IJCSS) FTI UNSA, 9330(2), pp. 1–6