MEMBANGUN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

Authors

  • Firmansyah Putra Universitas Dharmas Indonesia

Keywords:

E-learning, Moodle, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran yang terkadang tidak bisa dilaksanakan dengan cara tatap muka dikarenakan masa pandemi covid-19. Web e-learning bisa memberikan dampak yang sangat baik terhadap proses pembelajaran mahasiswa, hal ini disebabkan karena mahasiswa berpeluang untuk mendapatkan materi ajar secara mudah. Salah satu manfaat dari media web e-learning adalah sebagai sarana dosen meng-unggah materi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D. Model 4D ini terdiri dari 4 tahap utama yaitu, Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terciptanya sebuah E-Learning berbasis web menggunakan MOODLE yang sangat praktis berdasarkan respon Dosen dan Mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 80 times

References

Rizal, Syamsul. 2019. Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis MOODLE Pada Mata Kuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah. DIDAKTIKA. VOL. 19, NO. 2, 178-192.

Carol dan Durinta. 2020. Pemanfaatan Media E-Learning MOODLE Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. JPAP. VOL. 8, NO. 1. 169-179.

Randy dan Herman. 2018. Pengembangan E-Learning Berbasis MOODLE Dalam peningkatan Pemahaman Lagu Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. VOL. 5, NO. 1. 1-11.

Kristina dkk. 2020. Implementasi E-Learning Berbasis MOODLE di Masa Pandemi Covid-19. ALIGNMENT. VOL. 3, NO. 2. 181-189.

Muazizah dkk. 2016. Keefektifan Penggunaan E-Learning Berbasis MOODLE Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. VOL. 10, NO. 2. 1760-1768.

Feby dkk. 2019. Penggunaan E-Learning Berbasis MOODLE bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal SOLMA. VOL. 8, NO. 2. 268-277.

Samsudin dan Utami. 2019. Pengembangan Pembelajaran E-Learning Dengan MOODLE. Jurnal Sistem dan Informatika. VOL. 14, NO. 1. 1-8.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Putra, F. (2022). MEMBANGUN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA. Simtika, 5(1), 35–41. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/646