STRATEGI PENYUSUNAN PROGRAM BK DI MADRASAH

Authors

  • Tri Ulviani Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yarmis Syukur Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Riska Ahmad Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1101

Abstract

Sebelum melaksanakan layanan, tolak ukur kinerja guru BK ketika penyusunan program BK menjadi hal yang terpenting. Hal ini dikarenakan pelayanan guru BK/ Konselor dapat terlaksana dengan tertib dan tuntas apabila guru BK/ Konselor memiliki pemahaman program yang lebih mendalam. Program BK disusun untuk memudahkan guru BK dalam melaksanakan pelayanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memahami apa saja strategi penyusunan program BK di madrasah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka. Hasil penulisan ini menjelaskan bahwa guru BK/ Konselor ketika penyusunan program BK di madrasah perlu didasarkan pada pendekatan yang holistik dan komprehensif. Dalam strategi penyusunan program BK terdapat beberapa langkah pokok, yaitu 1) identifikasi kebutuhan/ analisis kebutuhan; 2) guru BK menyusun rencana kerja; 3) Kolaborasi dengan Stakeholder; 4) pelaksanaan kegiatan; 5) evaluasi dan pemantauan.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 5895 times

References

Ahmad. (2017). Buku Ajar Konseling Klasikal. In Padang: Sukabina Press.

Ariani, S. R., Hasanuddin, & Alam, S. P. (2021). Strategi Kolaboratif dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(1), 48–62.

Dea, A. F. N. (2022). Penyusunan Program BK di Tingkat SMA. Education & Learning, 2(2).

Gibson. (2011). Guidance and Counseling. Alih Bahasa: Yudi Santoso. In In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. In Jakarta: Bumi Aksara.

Gysbers. (2014). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program. In Alexandria: American Counseling Association.

Hasibuan. (2019). Manajemen Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tanjung Balai. In Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mardliyah. (2023). PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH DI SMK NURUL ISLAM PONGANGAN GRESIK. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).

Neviyarni. (2023). Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Masalah, dan Solusi. In Jakarta: Kencana.

Nursalim, M. (2020). Peran Guru Bk / Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling. https://www.ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/81/67

Pianda. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. In Sukabumi: Jejak (Jejak Publisher).

Prayitno. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. In Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. (2014). Analisis Kinerja Guru Pembimbing Dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Putri, M. A., Neviyarni, N., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2018). Guidance and Counseling in School Accountability. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 1(2), 108–117.

Rahmad, M., Husen, M., & Fajriani. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa Dalam Penyusunan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 88–98.

Schmidt. (2008). Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Service for All Student. In Boston: Pearson.

Subekti, I. (2022). Pengorganisasian Dalam Pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3(1), 19–29.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Manajemen Bimbingan dan konseling di Sekolah. In In Bandung: Alfabeta.

Syukur. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. In Purwokerto: IRDH Book Publisher.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). In Jakarta: Rajawali Pers.

Ulfah, U. (2022). Pelatihan Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 6(2), 237–246.

William. (2006). Public Administration. In Boston: McGraw Hill Eduation.

Yandri, H. (2017). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1).

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Ulviani, T., Syukur, Y. ., & Ahmad, R. . (2023). STRATEGI PENYUSUNAN PROGRAM BK DI MADRASAH. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 595–600. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1101

Issue

Section

Articles