PENGARUH HARGA, VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA ALFAMART SETIABUDI 5 NO.13)

Authors

  • Jeprianto Gulo Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia Medan, Indonesia
  • Anton Atno Parluhutan Sinaga Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia Medan, Indonesia
  • Henri Saragih Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1191

Abstract

Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, variasi produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Setiabudi 5 no.13. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah  rata-rata pembeli perhari di Alfamart Setiabudi 5 no.13. Jl. Setia Budi, yaitu sebanyak 150 pembeli perharinya. Berdasarkan rumus slovin maka dapat disimpulkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis t dapat disimpulkan secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial variasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis F dapat disimpulkan secara simultan harga, variasi produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis t diperoleh adjusted R square sebesar 0,783 atau 78,3% pengaruh persepsi harga, promosi, dan kemudahan pengguna terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 21,7% adalah pengaruh dari  variabel lain yang tidak ikut serta dalam penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jeprianto Gulo, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia Medan, Indonesia

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia

Medan, Indonesia

Anton Atno Parluhutan Sinaga, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia Medan, Indonesia

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia

Medan, Indonesia

Henri Saragih, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia Medan, Indonesia

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia

Medan, Indonesia

References

Adhy Yulianto, & Harsoyo Harsoyo. (2023). Kualitas Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Aparatur Sipil Negara (Asn) Bertaraf Internasional. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 20(2), 246–261. Https://Doi.Org/10.56444/Mia.V20i2.1136

Aprilianti, A., Sahidu, A., & Miharja, D. L. (2023). Analisis Integrasi Pasar Dan Transmisi Harga Cabai Merah Besar Di Kota Mataram (Kasus: Pasar Mandalika Dan Pasar Kebon Roek). Jurnal Agrimansion, 24(3), 799–808. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Agrimansion.V24i3.1423

Basir, M. A. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Baubau. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 86. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.V1i1.435

Citra Savitri, & Flora Patricia Anggela. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Xxx. Buana Ilmu, 4(2), 234–252. Https://Doi.Org/10.36805/Bi.V4i2.1137

Haryono, T. (2021). Pelayanan Multifungsi Profesional Kristen Dalam Konteks Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 3(2), 72–85. Https://Doi.Org/10.38052/Gamaliel.V3i2.76

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 175–182.

Julaika, R. (2023). Pengaruh Return On Asset (Roa), Return On Equity (Roe), Return On Investment (Roi), Earning Per Share (Eps) Dan Price Earning Ratio (Per) Terhadap Harga Saham.(Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) . Politeknik Negeri Bengkalis.

Julia Rafika, Muhammad Rizky Ramadhan, Saidatul Mardiyah, Wira Anggara Hadi Jamak, & Isra Hayati. (2024). Perhitungan Biaya Produk Berdasarkan Activity Based – Costing. Akuntansi 45, 5(1), 408–421. Https://Doi.Org/10.30640/Akuntansi45.V5i1.2489

Lase, P. P. (2021). Pengaruh Integritas Dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jess (Journal Of Education On Social Science), 5(2), 135. Https://Doi.Org/10.24036/Jess.V5i2.365

Lian, E., Kawuryan, M. W., & Rusfiana, Y. (2023). Kualitas Layanan Online Berbasis Whatsapp Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Public Service And Governance Journal, 4(1), 32–43. Https://Doi.Org/Https://Jurnal2.Untagsmg.Ac.Id/Index.Php/Psgj/Article/View/752

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 1(2). Https://Doi.Org/10.51804/Iej.V1i2.542

Marlena. (2015). Perhitungan Biaya Produk Berdasarkan Activity Based Costing Untuk Menentukan Biaya Produksi Per Unit Pada Cv Sari Agung Tulungagung. Jurnal Benefit, 2(1), 69–84.

Mustary, R., Silalahi, M., Hartati, R., Tinggi, S., & Manajemen, I. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse” (Kasus Pada Mahasiswa Ykpn Yogyakarta). Rahmad Mustary Moeda Silalahi Retno Hartati, 2(2), 139.

Nurani, S. R. (2018). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(2), 127–130. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.2827/Jeim.V2i2.1136

Oktafien, S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Komunikasi Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pnsd Di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung; Studi Pada Pnsd Di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 20(2), 1–16.

Palahudin, P., Samsuri, S., Ramadian, A., Nurdiana, R. P., Hamdani, M. F., Halimatussadiah, S., Nadifah, N. V., & Robyanshyah, R. (2025). Pengembangan Inovasi Produk Dan Digital Marketing Pada Umkm Enye Singkong Dua Putra Desa Bojong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 1166–1176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V5i1.17163

Pangaila, P. A., Worang, F. G., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek (Studi Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V6i4.21062

Prativi, M. A. S., & Priyadi, U. (2023). Integrasi Pasar Dan Elastisitas Transmisi Harga Ikan Bandeng Di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Purnama, P. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 140–152.

Putri, B. N., & Septriana, I. (2020). Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya Melalui Pemeriksa Pajak, Kesadaran Dan Kualitas Pelayanan Pada Kpp Pratama Semarang Barat. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1–15. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33633/Jpeb.V5i1.3229.G1868

Putri, K. T., & Dewi, N. W. Y. (2024). Perbandingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Konvensional Dan Activity Based Costing (Abc) Pada Pt. Widra Natural Synthetic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 14(1), 55–65. Https://Doi.Org/10.23887/Jiah.V14i1.76557

Rahman, I., & Widiastuti, T. (2020). Model Pengelolaan Wakaf Produktif Sektor Pertanian Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani (Studi Kasus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Penatarsewu Sidoarjo). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 486. Https://Doi.Org/10.20473/Vol7iss20203pp486-498

Rohmah, D. N., & Herwinarni, Y. (2018). Pengaruh Norma Subjektif, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kabupaten Pemalang. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(1).

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812. Https://Doi.Org/Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/6067

Septayuda, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Di Kota Palembang. Mbia, 17(1), 25–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33557/Mbia.V17i1.55

Sueni, H. S., & Lubis, P. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan J&T Express Blangkejeren. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(2), 330–345. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimen.V4i2.11281

Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Coverage: Journal Of Strategic Communication, 10(1), 46–53. Https://Doi.Org/10.35814/Coverage.V10i1.1232

Tanjung, F. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hni-Hpai (Studi Pada Masyarakat Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan). Iain Padangsidimpuan.

Triyanto, D. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat. Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 6(4), 6. Https://Doi.Org/10.32663/Jpsp.V6i4.236

Published

2025-06-24

How to Cite

Gulo, J., Sinaga, A. A. P., & Saragih, H. (2025). PENGARUH HARGA, VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA ALFAMART SETIABUDI 5 NO.13) . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1397–1406. https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1191

Issue

Section

Articles