ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IV DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA POSTER
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.1191Keywords:
Berpikir Ktiris, Keterampilan Komunikasi, Talking Stick, Media PosterAbstract
Pendidikan dituntut menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan untuk menghadapi tantangan abad 21 yaitu berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Belajar sains memerlukan kemampuan berpikir logis dan sistematis untuk memecahkan masalah. Siswa membutuhkan keterampilan komunikasi untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaannya. Semakin baik keterampilan komunikasi semakin baik aktivitas belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi siswa kelas IV. Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validitas data dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini (1)Persiapan guru sebelum kegiatan pembelajaran yaitu memahami karakteristik siswa, menentukan materi, menentukan strategi pembelajaran, menentukan prosedur evaluasi, menyiapkan perangkat ajar seperti Prota, Promes, ATP, modul ajar, dan media ajar. (2)Pelaksanaan pembelajaran dikelas dikemas dengan menarik menggunakan model pembelajaran talking stick berbantu media poster karena membuat siswa berfikir kritis, aktif dan meningkatkan keterampilan komunikasi. (3)Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa: kemampuan kognitif, kondisi fisik, kecemasan, motivasi belajar. Faktor mempengaruhi keterampilan komunikasi: tingkat kepercayaan diri, kesiapan, kebiasaan dikeluarga, sifat bawaan, kecemasan, kondisi fisik (4)Kemampuan berpikir kritis memiliki presentase tinggi 22%, sedang 52%, dan rendah 26%. Keterampilan komunikasi memiliki presentase tinggi 13%, sedang 65%, dan rendah 22%.
Downloads
References
Agustin, M. D., Maryani, M., & Supriadi, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Dengan Metode Talking Stick Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Fkip E-Proceeding, 4(1), 191–194.
Akrom, M., Yuliastuti, R., & Nawangsari, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dengan Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Mts Negeri Tuban. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 3(2), 68–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V3n2.P68-77
Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh Model Arcs (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal Of Biology Education, 7(2), 226–236. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15294/Jbe.V7i2.24287
Antara, I. N. P., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal Of Elementary Education, 3(4), 423–430. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i4.21315
Ayuni, I. A. S., Kusmariyatni, N., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Journal Of Education Technology, 1(3), 183–190. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jet.V1i3.12503
Dartana, D., Hartini, S., & Rosyadi, R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–8.
Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Wuny, 1(1).
Diantini, L. R., Tripalupi, L. E., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Talking Stick Berbantuan Question Card Terhadap Aktivitas Belajar Ips Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 154–163. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V11i1.20105
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1a), 85–91. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2353
Faradita, M. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1a), 47–58. Https://Doi.Org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2349
Fitriyah, Z., & Qibtiyah, L. (2021). Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Viii Mts. Al-Amien Putri 1. Al-Irfan: Journal Of Arabic Literature And Islamic Studies, 4(1), 118–132. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36835/Al-Irfan.V4i1.4346
Kusumayani, N. K. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jpmu.V2i2.20805
Molan, A. S., Ansel, M. F., & Mbabho, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Ketrampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 176–183. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V1i2.625
Novia, A., Anas, N., & Kharuna, K. (2021). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Decision Making Berbantuan Poster Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Biologi. Ipa Edu: Jurnal Pendidikan Ipa, 1(2).
Oktapioni, D. (2019). Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Pengaruh Metode Talking Stick Dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Ips Di Sma Negeri 1 Muaro Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/9903
Palupi, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Talking Stick Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris. Basic Education, 7(8), 706–717.
Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Curere, 4(1), 33–42. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36764/Jc.V4i1.333
Permadi, A. S., & Repitae, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas Iv Sdn-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 23–28. Https://Doi.Org/10.33084/Pedagogik.V13i2.865
Pratiwi, D. (2017). Pengaruh Media Photo Story Terhadap Kemampuanmenceritakan Kembali Teks Fantasi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2017/2018. Unimed. Http://Digilib.Unimed.Ac.Id/Id/Eprint/29347
Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan Ipa Ikip Mataram, 6(2), 46. Https://Doi.Org/10.33394/J-Ps.V6i2.966
Salimah Inayatus, I. S. (2021). Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Uptd Sd Negeri Jaddih 4. Stkip Pgri Bangkalan. Http://Repo.Stkippgri-Bkl.Ac.Id/Id/Eprint/1253
Saputra, D. D., Tahir, M., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Metode Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 3(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Pendas.V3i1.84
Sari, D. M. (2017). Analysis Of Students’ Mathematical Communication Ability By Using Cooperative Learning Talking Stick Type. Infinity Journal, 6(2), 183. Https://Doi.Org/10.22460/Infinity.V6i2.P183-194
Subekhan, M. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadits. Geneologi Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 51–68. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.32678/Geneologipai.V6i1.1943
Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam Terhadap Keterampilan Berbicara. Journal For Lesson And Learning Studies, 3(2), 309–318. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V3i2.27281
Wardah, F., & Fitria, Y. (2021). Dampak Model Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kompetensi Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(6), 5481–5487. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1652
Yustika, M., Sikumbang, D., & Rakhmawati, I. (2020). Penyajian Poster 3d Pada Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 2 Gadingrejo Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 33–40.
Zulkhairah, Z., Abidin, Z., Kurniawan, A., & Sabrun, S. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick Melalui Media Audio Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Smpn 13 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Ikip Mataram, 7(1), 119–127.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten