PENGARUH HARGA, VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA ALFAMART SETIABUDI 5 NO.13)
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1191Abstract
Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, variasi produk, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Alfamart Setiabudi 5 no.13. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata pembeli perhari di Alfamart Setiabudi 5 no.13. Jl. Setia Budi, yaitu sebanyak 150 pembeli perharinya. Berdasarkan rumus slovin maka dapat disimpulkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis t dapat disimpulkan secara parsial harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial variasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis F dapat disimpulkan secara simultan harga, variasi produk, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji hipotesis t diperoleh adjusted R square sebesar 0,783 atau 78,3% pengaruh persepsi harga, promosi, dan kemudahan pengguna terhadap keputusan pembelian, sedangkan sisanya 21,7% adalah pengaruh dari variabel lain yang tidak ikut serta dalam penelitian.
Downloads
References
Adhy Yulianto, & Harsoyo Harsoyo. (2023). Kualitas Peningkatan Pelayanan Publik Menuju Aparatur Sipil Negara (Asn) Bertaraf Internasional. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 20(2), 246–261. Https://Doi.Org/10.56444/Mia.V20i2.1136
Aprilianti, A., Sahidu, A., & Miharja, D. L. (2023). Analisis Integrasi Pasar Dan Transmisi Harga Cabai Merah Besar Di Kota Mataram (Kasus: Pasar Mandalika Dan Pasar Kebon Roek). Jurnal Agrimansion, 24(3), 799–808. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Agrimansion.V24i3.1423
Basir, M. A. (2016). Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Baubau. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(1), 86. Https://Doi.Org/10.24905/Jip.V1i1.435
Citra Savitri, & Flora Patricia Anggela. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Xxx. Buana Ilmu, 4(2), 234–252. Https://Doi.Org/10.36805/Bi.V4i2.1137
Haryono, T. (2021). Pelayanan Multifungsi Profesional Kristen Dalam Konteks Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika, 3(2), 72–85. Https://Doi.Org/10.38052/Gamaliel.V3i2.76
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 175–182.
Julaika, R. (2023). Pengaruh Return On Asset (Roa), Return On Equity (Roe), Return On Investment (Roi), Earning Per Share (Eps) Dan Price Earning Ratio (Per) Terhadap Harga Saham.(Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) . Politeknik Negeri Bengkalis.
Julia Rafika, Muhammad Rizky Ramadhan, Saidatul Mardiyah, Wira Anggara Hadi Jamak, & Isra Hayati. (2024). Perhitungan Biaya Produk Berdasarkan Activity Based – Costing. Akuntansi 45, 5(1), 408–421. Https://Doi.Org/10.30640/Akuntansi45.V5i1.2489
Lase, P. P. (2021). Pengaruh Integritas Dan Profesionalisme Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. Jess (Journal Of Education On Social Science), 5(2), 135. Https://Doi.Org/10.24036/Jess.V5i2.365
Lian, E., Kawuryan, M. W., & Rusfiana, Y. (2023). Kualitas Layanan Online Berbasis Whatsapp Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Public Service And Governance Journal, 4(1), 32–43. Https://Doi.Org/Https://Jurnal2.Untagsmg.Ac.Id/Index.Php/Psgj/Article/View/752
Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 1(2). Https://Doi.Org/10.51804/Iej.V1i2.542
Marlena. (2015). Perhitungan Biaya Produk Berdasarkan Activity Based Costing Untuk Menentukan Biaya Produksi Per Unit Pada Cv Sari Agung Tulungagung. Jurnal Benefit, 2(1), 69–84.
Mustary, R., Silalahi, M., Hartati, R., Tinggi, S., & Manajemen, I. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse” (Kasus Pada Mahasiswa Ykpn Yogyakarta). Rahmad Mustary Moeda Silalahi Retno Hartati, 2(2), 139.
Nurani, S. R. (2018). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 2(2), 127–130. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.2827/Jeim.V2i2.1136
Oktafien, S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja, Komunikasi Organisasi, Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pnsd Di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung; Studi Pada Pnsd Di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 20(2), 1–16.
Palahudin, P., Samsuri, S., Ramadian, A., Nurdiana, R. P., Hamdani, M. F., Halimatussadiah, S., Nadifah, N. V., & Robyanshyah, R. (2025). Pengembangan Inovasi Produk Dan Digital Marketing Pada Umkm Enye Singkong Dua Putra Desa Bojong. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 1166–1176. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Innovative.V5i1.17163
Pangaila, P. A., Worang, F. G., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek (Studi Pada Pengguna Layanan Go-Ride Di Kota Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V6i4.21062
Prativi, M. A. S., & Priyadi, U. (2023). Integrasi Pasar Dan Elastisitas Transmisi Harga Ikan Bandeng Di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Jawa Tengah.
Purnama, P. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 140–152.
Putri, B. N., & Septriana, I. (2020). Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakannya Melalui Pemeriksa Pajak, Kesadaran Dan Kualitas Pelayanan Pada Kpp Pratama Semarang Barat. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 1–15. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33633/Jpeb.V5i1.3229.G1868
Putri, K. T., & Dewi, N. W. Y. (2024). Perbandingan Perhitungan Harga Pokok Produksi Konvensional Dan Activity Based Costing (Abc) Pada Pt. Widra Natural Synthetic. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 14(1), 55–65. Https://Doi.Org/10.23887/Jiah.V14i1.76557
Rahman, I., & Widiastuti, T. (2020). Model Pengelolaan Wakaf Produktif Sektor Pertanian Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani (Studi Kasus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Penatarsewu Sidoarjo). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 486. Https://Doi.Org/10.20473/Vol7iss20203pp486-498
Rohmah, D. N., & Herwinarni, Y. (2018). Pengaruh Norma Subjektif, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Samsat Kabupaten Pemalang. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(1).
Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812. Https://Doi.Org/Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/6067
Septayuda, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Go-Jek Di Kota Palembang. Mbia, 17(1), 25–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33557/Mbia.V17i1.55
Sueni, H. S., & Lubis, P. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan J&T Express Blangkejeren. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(2), 330–345. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jimen.V4i2.11281
Sugiarsih Duki Saputri, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab Semarang. Coverage: Journal Of Strategic Communication, 10(1), 46–53. Https://Doi.Org/10.35814/Coverage.V10i1.1232
Tanjung, F. S. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hni-Hpai (Studi Pada Masyarakat Langga Payung Kabupaten Labuhan Batu Selatan). Iain Padangsidimpuan.
Triyanto, D. (2017). Analisis Kinerja Organisasi Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat. Mimbar : Jurnal Penelitian Sosial Dan Politik, 6(4), 6. Https://Doi.Org/10.32663/Jpsp.V6i4.236
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten