PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X

Authors

  • Yohana Ndjoermana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Grace Somelok Universitas Pattimura, Indonesia
  • Audrey Makatita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1286

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Wordwall, Writing Ability, Anecdotal Texts, High School Education.

Abstract

Proses pembelajaran membutuhkan model dan media pembelajaran yang tepat, kesalahan dalam memilih model dan media sebagai alat bantu dalam penelitian dapat berdampak buruk serta menghambat pembelajaran. Pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X MIA-A SMA Negeri 1 Waingapu metari teks anekdot belum terlalu optimal. Perlu diupayakan model dan media pembelajaran yang efesien dan efektif sehingga dapat membantu siswa dalam pembelajaran materi teks anekdot. Model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning yang di padukan dengan media Wordwall dalam bentuk aplikasi berplatform permainan web bisa dipakai selaku alat pembelajaran yang sanggup menolong anak didik dalam menulis spesialnya bacaan cerita. Penelitian ini bermaksud buat tingkatkan keahlian menulis bacaan cerita anak didik kelas X MIA- A SMA Negeri 1 Waingapu. Poin penilitian ini merupakan siswa- siswi kelas X MIA- A SMA Negeri 1 Waingapu yang berjumlah 36 anak didik. Tipe riset ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). penelitian tindakan kelas merupakan riset yang dicoba di kategori dengan tujuan membenarkan atau tingkatkan kualitas aplikasi pembelajaran. Riset ini dicoba pada tanggal 3 oktober sampai 7 november 2023. Melalui penilitian ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran menulis teks anekdot dengan menggunakan Model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning berbantuan media pembelajaran wardwall pada siswa kelas X MIA-A SMA Negeri 1 Waingapu membuat pembelajaran lebih menarik, mengasyikkan serta membagikan keringanan dan banyak membagikan khasiat untuk siswa yaitu dapat menumbuhkan kreativitas siswa dalam menulis teks anekdot.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 232 times

References

Asrif, N. (2019). Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Daerah dalam Memantapkan Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. Mabasan, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.26499/mab.v4i1.183

Baidlok, F. N., Irmayanti, E., & Surindra, B. (2020). Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Open Ended Learning Melalui Media Audiovisual dan Media Grafis Pada Materi Media Promosi. Efektor, 7(2), 117–126. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14918

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–272. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Bulan, D. R. (2019). Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. Jurnal JISIPOL, 3(2), 23–29. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/jisipol/article/view/115

Fauzy, C., Reza Febrian, D., & Fahmi Ramadhan, M. (2023). Penguatan Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Identitas Nasional. Chandra Fauzy, dkk) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.7976453

Fitokimia, U. J. I., Antibakteri, D. A. N., Etanol, E., & Kawista, B. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ( ISBN : 978-602-61265-2-8 ), Juni 2018. 2014, 236–241.

Hamid, A. P. D. N. H. M. M. H. H. A. A. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 854–862.

Hasibuan, A., Nirwana, Mardianto, Supriadi, & Suridah. (2021). Pengembangan Model Strategi dan Media Pembelajaran PAI. Education & Learning, 1(2), 12–19. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.61

Hermanto, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA dengan Memanfaatkan Aplikasi Noveltoon. Senada (Seminar Nasional Daring), 2(1), 29–37.

Indriyani, F., & Alfarisa, F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Wordwall Dalam Latihan Harian Matematika Materi Denah dan Skala Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Menteng 03. Jurnal Perseda, V(3), 178–184.

Nenohai, J. M. H., Garak, S. S., Ekowati, C. K., & Udil, P. A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Kelas Rendah Sekolah Dasar Inpres Maulafa Kota Kupang. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.574

Nikmatinafiah, R., Maizora, S., & Yensy, N. A. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembeljaran Make a Match Dan Scramble. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 275–284. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.275-284

Pangkey, F. R., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Physical Education, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.183

Putera, Z. F., Shofiah, N., Widiowati, T., Malang, P. N., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2023). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pemilihan Topik. 18(01), 11–25.

Riandi, R., & Nupus, H. (2022). Kebijakan Bahasa dalam Lanskap Linguistik di Era Super-Diversity: Bahasa Asing (Bahasa Inggris) di Ruang Publik. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 278–283. https://doi.org/10.30653/003.202282.238

Sari, R., Hudiyono, Y., & Soe’oed, R. (2017). Pengembangan Media Blog Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA. Ilmu Budaya, 1, 317–330.

Shiddiq, M. F., Anggi, R., Erfanta, N., Maulidini, M., Sudarto, D., & Madura, U. T. (2024). PENGGUNAAN MODEL TGT ( TEAM GAMES TOURNAMENT ) MELALUI PERMAINAN PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMKN 3 BANGKALAN Corresponding : [email protected] Jurnal Solutif : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 92–98.

Sofia, E. M. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Peningkatkan Keterampilan Menulis Pendapat Pribadi. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(2), 249–262. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4783

Susanty, A., Santoso, H., & Nursyachbani, P. (2018). Analisis Jenis Layanan Pendidikan Dan Non Pendidikan Yang Penting Bagi Peningkatan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Diponegoro). J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 7. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.7-16

Tohariah, T. (2021). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Ips. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(1), 79. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4918

Wafiqni, N., & Putri, F. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1 di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20375

Yuniarti, Haryadi, & Hariyati, N. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 73–81. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/17795/6343

Published

2024-04-09

How to Cite

Ndjoermana, Y., Somelok, G. ., & Makatita, A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 64–73. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1286

Issue

Section

Articles