Implementasi Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Menangkal Radikalisme Di Mts Berbasis Pesantren (Studi Kasus Di Mts Riyadul Huda Majalengka)
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1874Keywords:
Madrasah Tsanawiyah, Aswaja An-Nahdliyah Values, Pesantren-based Education, Radicalism.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam menangkal radikalisme di Madrasah Tsanawiyah Riyadul Huda Majalengka, sebuah madrasah yang berbasis pesantren. Maraknya penyebaran paham radikalisme berbasis agama menuntut lembaga pendidikan, khususnya madrasah, berperan aktif dalam membangun karakter siswa yang moderat, toleran, dan cinta damai. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Aswaja, seperti tawasuth, tasamuh, tawazun, dan i’tidal, dilakukan melalui pembelajaran formal, pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan madrasah, serta melalui kegiatan ekstrakurikuler. Implementasi ini berimplikasi positif dalam membentuk sikap keagamaan siswa yang moderat dan menumbuhkan ketahanan ideologis terhadap pengaruh paham radikal. Keberhasilan implementasi dipengaruhi oleh dukungan kuat dari pimpinan madrasah, guru Aswaja, serta lingkungan pesantren yang kondusif, meskipun masih menghadapi tantangan dalam penguatan pemahaman siswa secara berkelanjutan.
Downloads
References
Amir, A., Baharun, H., & Aini, L. N. (2020). Penguatan Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah Untuk Memperkokoh Sikap Toleransi. Jurnal Islam Nusantara, 4(2), 189–202.
Ashoumi, H., Husna, I. A., & Sa’diyah, C. (2023). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama dan Implikasinya terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(3), 461. https://doi.org/10.30998/sap.v7i3.15101
Asmani, J. M. (2022). Jihad Kebangsaan dan Kemanusiaan Nahdlatul Ulama: Menyongsong Era Keemasan 1 Abad NU 2026. IRCiSoD.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34–46.
Irawan, R. A., Ibda, H., Niam, K., & Munif, J. A. (2019). Modul dan Panduan Teknis Gerakan Literasi Ma’arif (GLM). CV. Asna Pustaka.
Kenedi, A., & Hartati, S. (2022). Moderasi Pendidikan Islam Melalui Gerakan Literasi Digital Di Madrasah. Jurnal Mubtadiin, 8(01).
Khamim, S., Sesmiarni, Z., Siregar, N., Dasopang, H. R., Lindra, A., & Zubir, R. (2023). Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Untuk Mendorong Internalisasi Nilai Moderasi di Perguruan Tinggi Umum (Studi pada Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo). NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 10(2), 376–404.
Khoirunnnissa, R. (2022). Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2).
Madanih, R. (2023). A Model for Inclusive Education in Indonesia: The Lazuardi Global Islamic School. Jurnal Ilmu Sosial Indonesia (JISI), 4(1), 14–24. https://doi.org/10.15408/jisi.v4i1.33367
Nurhayati, N., Apriyanto, A., Ahsan, J., & Hidayah, N. (2024). Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Pratomo, H. W. (n.d.). METODE PEMBELAJARAN DALAM TRADISI PENDIDIKAN ISLAM.
Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
Rozi, S. (2019). Pendidikan Moderasi Islam KH. Asep Saifuddin Chalim; Mencegah Radikalisme Agama dan Mewujudkan Masyarakat Madani Indonesia. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 8(1), 26–43.
Sodikin, A., & Ma`arif, M. A. (2021). Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(2), 188–203. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.702
Solichin, M. M. (2012). Rekonstruksi pendidikan pesantren sebagai character building menghadapi tantangan kehidupan modern. KARSA Journal of Social and Islamic Culture, 58–74.
Subhan, A. (2012). Lembaga pendidikan Islam Indonesia: abad ke-20. Kencana.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten