SURVEI TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SEDAYU
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v4i01.1096Kata Kunci:
Survey, Discipline, Physical Education LearningAbstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan modul kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru PJOK pada SMP Negeri 2 Sedayu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Apabila tidak ada kedisiplinan maka akan menjadi kendala bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam teori maupun praktik dalam pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Sedayu. Dari hasil penelitian kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Sedayu sudah cukup disiplin dalam menerapkan kedisiplinan yang ada dalam pembelajaran PJOK baik di teori maupun praktek. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengembangkan modul kedisiplinan perlu diterapkan kepada guru SMP Negeri 2 Sedayu.
Referensi
Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Al-Manar, 9(1), 125–164. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136
Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540
Hadianti, L. S. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 02(1), 1–8.
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230
Isnaini, F., & Taufik. (2016). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33–42. https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/1842
Maros, H., & Juniar, S. (2016). Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik SMP Negeri 14 Yogyakarta Kelas VIII dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. 1–23.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 343–357.
Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. P. (2023). Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sholat Berjamaah Siswa. Journal on Education, 5(4), 12026–12042. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2164
Ridya Noviska, Dodik Mulyono, H. R. (2022). Pengembangan modul senam ritmik berbantuan quick response code pada siswa kelas xi sma negeri 2 lubuklinggau.
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Sukmawati, H. (2013). Tripusat Pendidikan. Jurnal Pilar, 2(2), 175–194.
Telaumbanua, K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education, 4(1), 25–31.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten