SURVEI TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SEDAYU

Penulis

  • Dyas Genta Denoar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56667/djs.v4i01.1096

Kata Kunci:

Survey, Discipline, Physical Education Learning

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan modul kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru PJOK pada SMP Negeri 2 Sedayu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Apabila tidak ada kedisiplinan maka akan menjadi kendala bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam teori maupun praktik dalam pembelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Sedayu. Dari hasil penelitian kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Sedayu sudah cukup disiplin dalam menerapkan kedisiplinan yang ada dalam pembelajaran PJOK baik di teori maupun praktek. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengembangkan modul kedisiplinan perlu diterapkan kepada guru SMP Negeri 2 Sedayu.

Abstrak viewed = 7 times

Referensi

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Al-Manar, 9(1), 125–164. https://doi.org/10.36668/jal.v9i1.136

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 295–300. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Hadianti, L. S. (2008). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 02(1), 1–8.

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Isnaini, F., & Taufik. (2016). Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 33–42. https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/1842

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Tingkat Kedisiplinan Peserta Didik SMP Negeri 14 Yogyakarta Kelas VIII dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. 1–23.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 343–357.

Ridwan, A., Asmita, D., & Wulandari, N. P. (2023). Fungsi dan Peran Guru Pendidikan Agama Islam untuk Peningkatkan Kedisiplinan Pelaksanakan Sholat Berjamaah Siswa. Journal on Education, 5(4), 12026–12042. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2164

Ridya Noviska, Dodik Mulyono, H. R. (2022). Pengembangan modul senam ritmik berbantuan quick response code pada siswa kelas xi sma negeri 2 lubuklinggau.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X Smk Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Sukmawati, H. (2013). Tripusat Pendidikan. Jurnal Pilar, 2(2), 175–194.

Telaumbanua, K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas Xi SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education, 4(1), 25–31.

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-30

Cara Mengutip

Genta Denoar, D. (2024). SURVEI TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SEDAYU . Dharmas Journal of Sport, 4(01), 23–30. https://doi.org/10.56667/djs.v4i01.1096