UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v4i01.1180Kata Kunci:
Bottom Passing, Team Games Tournament (TGT), Learning OutcomesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Passing bawah merupakan salah satu teknik dalam permainan bola voli, teknik passing bawah maupun passing atas digunakan untuk memberikan umpan kepada teman untuk melakukan serangan atau dengan kata lain memindahkan bola kepada teman satu regu untuk dilanjutkan sebagai serangan kepada lawan. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Al-Islam Ngawi, terdapat permasalahan yang dialami peserta didik dalam proses pembelajaran Penjaskes. Hasil praktik masih rendah, yaitu belum terpenuhinya kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 75. Seperti di kelas XI yang berjumlah 10 siswa, mereka banyak yang belum memenuhi KKM. Diantaranya siswa yang mendapatkan nilai >75 yaitu 2 anak, dan yang mendapatkan nilai <75 sebanyak 8 anak. Berarti yang belum masuk kriteria ketuntasan minimum (KKM) pada kelas XI tersebut sebanyak 80% dan yang lulus hanya 20%. Dengan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek psikomotorik, afektif, dan kognitif, serta dapat meningkatkan kualitas belajar. Dari penelitian tersebut disampaikan bahwa dihasilkan peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli sebesar 13,63% dari siklus I ke siklus II dan ketuntasan hasil belajar (memenuhi KKM) dapat berhasil terlaksana dengan syarat ketuntasan minimal sebesar 80% dari jumlah siswa.
Referensi
Adi, F. A. P., & Indarto, P. (2021). Pengaruh Latihan Drill Bola Pantul Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4620
Bule, J., & Donie, D. (2020). Perbedaan Latihan Passing Target dan Rangkaian Latihan Passing terhadap Kemampuan Passing Bawah Atlet Bolavoli. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 26–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jpo136019 Perbedaan
Chardynal, T. L., Sudijandoko, A., & Tuasikal, A. R. S. (2022). Komparasi Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TPS dan TGT Terhadap Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1352–1357. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3091
Fadilla, D., Info, A., Jan, R., Belajar, H., & Voli, S. B. (2023). Pengaruh Penerapan Model Tgt Terhadap Hasil Belajar Smash Bola Voli Siswa Putera. JESA Juernal Edukasi Sebelas April, 7(1), 80–84.
Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. PHYSICAL ACTIVITY JOURNAL, 1(2011), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2001
Fauziyah, N. E. H., & Anugraheni, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(4), 850–860. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.459
Hidayati, L. S., Indahwati, N., Jasmani, S. P., & Olahraga, F. I. (2019). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Pada Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Belajar Materi Passing Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 235–238.
Irwanto, E., Setyaningsih, P., Pendidikan, P., Kesehatan, J., Universitas, R., Banyuwangi, P., Pembelajaran, A., & Tournament, T. G. (2020). Metode Pembelajaran Langsung Dan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Pada Hasil Pembelajaran Pasing Bawah Bolavoli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3661563
Padillah, A., & Setiana, R. dan. (2022). Peningkatan Keterampilan Sosial Dengan Menggunakanmodel Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tgt Dalam Permainan Bola Voli. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 3(2), 46–52.
Pelamonia, S. P., Hayati, H., & Firnanda, M. W. (2021). Pengaruh Latihan Passing Bawah Menggunakan Media Dinding Dengan Memakai Sasaran Garis Lurus Terhadap Kemampuan Passing Bawah. Juenal Porkes, 4(2), 140–148. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4882
Sahabuddin, Hakim, H., & Syahruddin. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Passing Bawah Bolavoli Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penjaskesrek, 7(2), 204–217.
Saputra, D. I. M., & Gusinar, G. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Melalui Bermain Melempar Bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jpjo.v3i1.862
Triansyah, A., Bafadal, M. F., Atiq, A., Haetami, M., Studi, P., Jasmani, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., Tanjungpura, U., Hendriadi, C., Triansyah, A., Bafadal, M. F., & Atiq, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10725–10734. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1664
Vinsensius, E., Hidasari, F. P., & Yanti, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Dengan Metode Bermain. Jurnal Marathon, 1(1), 45. https://doi.org/10.26418/jmrthn.v1i1.59308
Yahya, A. A., & Arham, S. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Pasing Bawah Permainan Bola Voli Siswa SMA Negeri 2 Bone. Jendela Olahraga, 6(1), 150–157. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6948
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten