OLAHRAGA NON-PROFIT:LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v4i02.1671Kata Kunci:
Non-Profit Sport, Innovation, ManagementAbstrak
Olahraga nirlaba atau Olahraga Non-Profit dikembangkan dengan tujuan untuk mengembangkan atlet menjadi atlet elit yang saat ini masih sangat bergantung pada orang dan lembaga sukarela. Perkembangan organisasi olahraga nirlaba di Indonesia memiliki peluang untuk berkembang, karena organisasi olahraga nirlaba yang berkembang masih berada di kawasan Eropa. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum mengenai faktor-faktor pendukung keberhasilan pengembangan organisasi olahraga nirlaba di Indonesia. Penelitian ini menggunakan observasi kepustakaan melalui analisis kepustakaan pada mendeley.com dengan kata kunci manajemen inovasi olahraga nirlaba dengan langkah-langkah 1) memiliki dan mencari database, 2) pengambilan data dan 3) analisis data. Berdasarkan database Mendeley selama 10 tahun terakhir dari 2013 hingga 2023, ditemukan 51 artikel yang relevan, dan sebanyak 8 artikel yang memenuhi kriteria kelayakan. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya dapat menggunakan database Mendeley yang berasal dari buku, makalah, artikel, konferensi. Temuan studi literatur ini menyimpulkan bahwa kemampuan sumber daya manusia manajerial dalam organisasi dan keterbukaan terhadap inovasi teknologi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan organisasi olahraga non-profit. Beberapa inovasi yang dapat dikembangkan adalah inovasi dalam pelayanan dari bidang fisik dan non fisik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap kajian ilmiah tentang pengembangan organisasi olahraga nirlaba di Indonesia sebagai kekuatan baru dalam pembangunan.
Referensi
Alonso Dos Santos, M., Calabuig Moreno, F., & González-Serrano, M. H. (2022). Guest editorial: Sport management, marketing and innovation. In International Journal of Sports Marketing and Sponsorship (Vol. 23, Issue 5). https://doi.org/10.1108/IJSMS-11-2022-243
Bangun, S. Y., Ilham, Z., Riza, A. R., Ilmu, F., Universitas, K., Medan, N., Jasmani, P., Jasmani, P., Massage, S., & Bisnis, U. (2021). Pengelolaan Sport Massage Menjadi Unit Bisnis Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fik Universitas Negeri Medan. Dharmas Journal of Sport, 2, 77–82.
Behnam, M., Delshab, V., & Tuan, L. T. (2022). Perceived service innovation in non-profit sports clubs: the antecedents and consequence. European Sport Management Quarterly, 22(3), 440–462. https://doi.org/10.1080/16184742.2020.1799051
Breuer, C., & Feiler, S. (2013). Sportvereine in Deutschland - ein Überblick. In Sportentwicklungsbericht 2011/2012 (Issue May 2014).
Breuer, C., Feiler, S., & Rossi, L. (2022). Increasing Human Capital of Coaches-An Investigation Into Individual and Organizational Factors. Journal of Sport Management, 36(2). https://doi.org/10.1123/jsm.2020-0319
Chang, B., & Kang, H. (2016). Challenges facing group work online. Distance Education, 37(1), 73–88. https://doi.org/10.1080/01587919.2016.1154781
Charlton, A. (2012). Book Review: Doing Your Literature Review: Traditional and Systematic Techniques. Evaluation Journal of Australasia, 12(2), 54–55. https://doi.org/10.1177/1035719x1201200208
Escamilla-Fajardo, P., Parra-Camacho, D., & Núñez-Pomar, J. M. (2021). Entrepreneurship and resilience in spanish sports clubs: A cluster analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(10). https://doi.org/10.3390/ijerph18105142
Haunschild, R. (n.d.). 4.10 Mendeley. i.
Hoye, R., & Doherty, A. (2011). Nonprofit sport board performance: A review and directions for future research. Journal of Sport Management, 25(3), 272–285. https://doi.org/10.1123/jsm.25.3.272
Min, D. (2022). Exploring the Structural Relationships Between Service Quality, Perceived Value, Satisfaction, and Loyalty in Nonprofit Sport Clubs: Empirical Evidence from Germany. Sport Marketing Quarterly, 31(3). https://doi.org/10.32731/smq.313.0922.03
Moraes, I. F., Amaral, C. M. dos S., Arid, P. da S. V., & Bastos, F. da C. (2019). The use of qualitative research in sport management: Asystematic review. In Journal of Physical Education and Sport (Vol. 19). https://doi.org/10.7752/jpes.2019.s4213
Moreau, D. B. (2021). Mimetic isomorphism in non-profit organisations (NPO): Sports associations in the nord pas-de-calais departments. Societies, 11(3). https://doi.org/10.3390/SOC11030100
Morrison, K. A., & Misener, K. E. (2022). A Framework of Strategic Approaches to Membership Growth in Nonprofit Community Sport. Journal of Sport Management, 36(5). https://doi.org/10.1123/jsm.2021-0066
Perdima, F. E., Kristiawan, M., Sofyan, D., Abdullah, N. M., & Nurhuda. (2022). Literature of the management of physical education base on scopus database: A bibliometric review. Journal Sport Area, 7(3), 474–484. https://doi.org/10.25299/sportarea.2022.vol7(3).10734
Prayoga, A. S. (2018). Memajukan olahraga rekreasi dan industri olahraga sebagai bentuk pembangunan bangsa. Prosiding SNIKU (Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan UNIPMA), 1(1), 83–90.
Ratten, V. (2016). Sport innovation management: towards a research agenda. Innovation: Management, Policy and Practice, 18(3). https://doi.org/10.1080/14479338.2016.1244471
Ratten, V. (2017). Entrepreneurial sport policy. International Journal of Sport Policy, 9(4), 641–648. https://doi.org/10.1080/19406940.2017.1334693
Răzvan, B. M. C., & Stefan, B. R. (2018). Governance Structure Of Nonprofit Sports Organizations. Annals of University of Craiova - Economic Sciences Series, 1(46).
Saputra, I. K. A., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2020). BRAND IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH BERPENGARUH TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(3). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i03.p16
Vrontis, D., Viassone, M., Serravalle, F., & Christofi, M. (2020). Managing technological innovation in the sports industry: a challenge for retail management. Competitiveness Review, 30(1). https://doi.org/10.1108/CR-11-2019-0127
Webb, A., Richelieu, A., & Cloutier, A. (2019). From clipboards to annual reports: innovations in sport for development fact management. Managing Sport and Leisure, 24(6), 400–423. https://doi.org/10.1080/23750472.2019.1684838
Weimar, D., Wicker, P., & Prinz, J. (2015). Membership in Nonprofit Sport Clubs: A Dynamic Panel Analysis of External Organizational Factors. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 44(3). https://doi.org/10.1177/0899764014548425
Wemmer, F., Emrich, E., & Koenigstorfer, J. (2016). The impact of coopetition-based open innovation on performance in nonprofit sports clubs. European Sport Management Quarterly, 16(3). https://doi.org/10.1080/16184742.2016.1164735
Winand, M., Vos, S., Zintz, T., & Scheerder, J. (2013). Determinants of service innovation: A typology of sports federations. International Journal of Sport Management and Marketing, 13(1–2). https://doi.org/10.1504/IJSMM.2013.055194
Woratschek, H., Durchholz, C., Maier, C., & Ströbel, T. (2017). Innovations in sport management: The role of motivations and value cocreation at public viewing events. Event Management, 21(1). https://doi.org/10.3727/152599516X14786350337262
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten