TINGKAT KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE FUN LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v4i02.1681Kata Kunci:
Discipline; Learning; Physical Education; Method; Fun LearningAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bersifat deskriptif dan bertujuan untuk meningkatan kedisiplinan siswa melalui penggunaan metode fun learning pada siswa SD Negeri Mangkuran 1 Kota Makassar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang yang menjadi sampel. Data disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dan kemudian dilakukan pengkategorian serta menyajikan dalam bentuk grafik atau diagram. Diagram dibuat berdasarkan data frekuensi yang telah ditampilkan dalam tabel distribusi frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan metode fun learning membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan, terlihat dari data observasi pernyataan jawaban setuju meningkat dari siklus I ke siklus II peningkatan yang terlihat dari observasi siswa merasa senang setelah di berikan penguatan melalui metode fun learning.
Referensi
Bukit, S., Marcela, E. D., & Ernawati, E. (2023). Teacher’s Strategy to Create Fun Learning in Elementary School. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature. https://doi.org/10.54012/jcell.v2i3.129
Effendi, M., Muhyi, M., & . A. C. (2023). Pengembangan Nilai Disiplin Siswa Melalui Pembelajaran PJOK Kelas V Di Sekolah MI Al Ahmad Dengan Modifikasi Permainan Tradisional. Jendela Olahraga. https://doi.org/10.26877/jo.v8i2.14151
Eman Nataliano Busa. (2023). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Erita, E. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Melalui Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas Viii 1 Smp Negeri 3 Koto Baru. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 145–159. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.655
Farida Payon, F., Andrian, D., & Mardikarini, S. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397
Is, Z., Safrizal, S., Musran, M., & Kurniawan, E. (2023). STRATEGI GURU PJOK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM OLAHRAGA DI SMP. Jurnal Dedikasi Pendidikan. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.4091
Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran. https://doi.org/10.23917/bppp.v2i2.13809
Muhyi, M., Utomo, G. M., Yasa, I. G. D. U., Verianti, G., Hakim, L., Prastyana, B. R., & Hanafi, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran PJOK AKTIF ( Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) di Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Fase B Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Jendela Olahraga. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14382
Pelana, R. (2014). Fun learning management for physical education, sport and health. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v10n5p85
Purnama, A. D., & Lubay, L. H. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bermain Melalui Penerapan Modifikasi Alat Dalam Permainan Bola Kecil. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 10. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11933
Suherman, A. (2010). Model Pembelajaran Pakem Dalam Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Warda, O. U., Damrah, D., & Pitnawati, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Status Gizi, Kebugaran Jasmani dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) …. Sport Science.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten