Analisis Desain Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Voli Di Kecamatan Muara Siau

Penulis

  • Melani Melani Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Adhe Saputra Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
  • Grafitte Decheline Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/djs.v5i01.1755

Kata Kunci:

Product Desig, Price Perception, Brand Image, Purchase Decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain produk, persepsi harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga voli dikecamatan muara siau. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang ada di kecamatan muara siau. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu Probability sampling, Jenis pengambilan sampel yang diterapkan adalah simple random sampling (sampel acak sederhana). Metode pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan SmartPLS-SEM, uji validitas, uji reliabilitas, pengujian hipotesis (Bootstrapping) dan uji R2 dengan bantuan SmartPLS-SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel desain produk, persepsi harga dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan nilai koefisien determinasi ditunjukkan dengan nilai Adjusted R-Square yaitu sebesar 0.700 artinya variabel desain produk (X1), persepsi harga (X2) dan citra merek (X3) mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian (Y) sebesar 70,0%, sedangkan sisanya sebesar 30,0% dijelaskan variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulannya variabel desain produk (X1), persepsi harga (X2) dan citra merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).

Abstrak viewed = 6 times

Referensi

Akbar, T. S., & Halik, A. (2024). Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Futsal Merek Ortuseight Pada Triangel Sport 99 Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Neraca Manajemen, Ekonomi, 8(4), 3025-9495.

Akbar, G. N., & Aulawi, H. (2022). Perancangan Strategi Pemasaran Jersey Olahraga Menggunakan Metode Analisis SWOT dan AHP. Jurnal Kalibrasi. https://doi.org/10.33364/kalibrasi/v.19-1.1063

Ayu Patmawati, D., & Lestari Andjarwati, A. (2023). Peran pengalaman pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas layanan, citra perusahaan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan PT. Pos Indonesia. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 323–336.

Cahyani, P. D., Susanto, & Nurullaila. (2021). The Effect of Brand Image, Product Quality and Consumer Satisfaction on Consumer Loyalty (Case Study of Bu Widodo’S Gudeg Restaurant in Wijilan). International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research (IJEBAR), 5(3), 1889–1900.

Fauziah, Y., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Online Consumer Review, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 48–64. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.118

Ida Mulyati, M., Adiputra, N., Tirtayasa, K., & Adiatmika, I. P. (2022). Merancang Sepatu Olahraga Voli Dengan Pendekatan Ship. Jurnal Syntax Fusion. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i07.208

Kamajaya, V., & Wiyadi. (2024). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Ortuseight Di Surakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4737–4749.

Kumalasari, A. R., & Rahmawati, P. (2016). Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Basket Merek Nike pada Mahasiswa Anggota Ukm Bola Basket Se-Diy (Studi Kasus pada Mahasiswa Anggota Ukm Bola Basket Se-DIY). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 5(3), 257–265.

Munfaqiroh, S., Sandy Agung, A. M., & Priyo Sugiharto, D. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Manajemen Dirgantara. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v15i2.765

Prasetyo, M. M., & Wibowo, S. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dinamis. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.14

Rachman, B. J., & Santoso, S. B. (2019). Analisis Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi pada Customer Distro Jolly Roger Semarang). Diponegoro Journal of Management, 4(1), 1–15.

Ramadhan, S., & Ramli, Y. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina. Journal of Fundamental Management (JFM), 4(1), 125. https://doi.org/10.22441/jfm.v4i1.17931

Rehansyah, F., & Simatupang, L. N. (2023). PENGARUH DESAIN PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen, 7(2), 20–32. https://doi.org/10.54964/manajemen.v7i2.244

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukarmin, Y. (2015). PEMASARAN OLAHRAGA MELALUI BERBAGAI EVENT OLAHRAGA. MEDIKORA. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4692

Widyastutir, S., & Said, M. (2017). Pertimbangan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga SPECS melalui Citra Merek , Desain Produk , dan Harga Persepsi. Nternational Journal of Supply Chain Management.

Wiratama, aditya yoga. (2012). Harga , dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek Nike di kota Semarang. Skripsi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-30

Cara Mengutip

Melani, M., Saputra, A., & Decheline, G. (2025). Analisis Desain Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Voli Di Kecamatan Muara Siau . Dharmas Journal of Sport, 5(01), 31–42. https://doi.org/10.56667/djs.v5i01.1755