DAMPAK PENJAS ADAPTIF TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK AUTIS DI SLB N PATI
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v5i02.1763Kata Kunci:
Adaptive PE, Gross Motor Skills, Autism.Abstrak
Penjas adaptif adalah metode yang mendukung kegiatan olahraga dan fisik untuk mendukung perkembangan motorik kasar dengan berbagai kondisi, termasuk autisme, dan telah menunjukkan potensi untuk mendukung perkembangan motorik kasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi yang signifikan untuk pembangunan dan pelaksanaan program Penjas Adaptif di SLB N Pati dan institusi pendidikan serupa lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu meneliti tentang tingkat kemampuan motorik kasar anak autis di SLB N Pati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi one-shot case study. Sepuluh siswa autis laki-laki dan perempuan dari SLB N Pati menjadi sampel penelitian. Pendekatan analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, 60% anak autis di SLB Negeri Pati memiliki kemampuan motorik kasar yang masuk dalam kategori baik, 20% masuk dalam kategori sangat baik, 20% masuk dalam kategori kurang baik, dan 0% masuk dalam kategori sangat kurang baik.
Referensi
Abayeva, G. A., Akhmetzyanova, A. I., Butabayeva, L. A., Abildina, S. K., & Umirbekova, A. N. (2024). The ways of communication for children with autism spectrum disorder. Online Journal of Communication and Media Technologies, 14(4). https://doi.org/10.30935/ojcmt/15611Caesar Rahmadianto, R., Febriyana, N., & Irmawati, M. (2023). Autism Spectrum Disorder: A Literature Review. International Journal of Research Publications, 140(1). https://doi.org/10.47119/ijrp1001401120246019
Aprilia, D. (2013). Mengembangkan Keseimbangan Melalui Bermain Papan Titian Pada Anak Kelompok A Di Tkit Bakti Insani Sleman Yogyakarta. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Cao, D. (2017). The application and empirical study of sports activities in the intelligence development of children with autism in China. Biomedical Research, 28(13), 5957-5960.
CAO, Y., FAN, L., & MAO, X. (2024). The effect of motor interventions on gross motor skills in children with autism: a systematic review and META analysis. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-3802549/v1
Deanira Mareta Vernelya. (2020). Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Autis Sekolah Dasar Kelas Bawah Di Slb Autisma Dian Amanah Ngentak Sleman.
Ghayour Najafabadi, M., Sobh-Rhakhshankhah, A., & Niyazi, S. (2019). The Effect of Selected Exercise Group on Motor Skills and Cognitive Functions in Children With Autism Spectrum Disorders. Journal of Exercise Science and Medicine, 11(2), 105–112. https://doi.org/10.32598/JESM.11.2.5
Hamada, N., Tsujinaka, R., Oda, H., Fukuda, S., Matsuoka, M., Kunimura, H., & Hiraoka, K. (2024). Does Viewing Mirror-Reflected Body Image Affect Static and Dynamic Standing Balance? Perceptual and Motor Skills, 131(4), 1025–1040. https://doi.org/10.1177/00315125241253634
Handayani, S. M. (2015). Pengaruh permainan fungsional terhadap kemampuan motorik kasar anak autis di Pusat Layanan Autis Kota Malang. http://repository.um.ac.id/8865/
Kelly, B., Farrelly, N., Batool, F., Kurdi, Z., & Stanley, N. (2023). Speak out, stay safe: Including children with special educational needs and disabilities in an evaluation of an abuse prevention programme. Child Abuse Review, 32(5), 1–12. https://doi.org/10.1002/car.2816
Mardapin, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Mitra Cendikia Offset.
Molitor, D., Saharia, A., Raghupathi, V., & Raghupathi, W. (2024). Exploring the Characteristics of Data Breaches: A Descriptive Analytic Study. Journal of Information Security, 15(02), 168–195. https://doi.org/10.4236/jis.2024.152011
Phytanza, D. T. P. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA BOCCE PADA ANAK AUTIS DI SLB INSAN MANDIRI DLINGO.
Pipit Muliyah. (2020). MODEL PERMAINAN KESEIMBANGAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) USIA 6-10 TAHUN. Journal GEEJ, 7(2), 47–54.
Saleh, L. M., Russeng, S. S., Tadjuddin, I., Yanti, I. H., Syafitri, N. M., Rahmadani, Y., Yusbud, M., & Mallongi, A. (2024). A Quasi-Experimental One Group Pre-Post Test Design in Air Traffic Controller in Indonesia: Progressive Muscle Relaxation. Pharmacognosy Journal, 16(3), 638–643. https://doi.org/10.5530/pj.2024.16.100
Sarina, O. , M. M. , & S. S. L. (2023). Analisis kesulitan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. JS (JURNAL SEKOLAH)., 7. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v7i4.48752
Savarese, G., Mandia, R., Diavoletto, A., Piscitelli, M., Impemba, F., Di Siervi, A., Carpinelli, L., Bottiglieri, F., Sessa, M., & Corrivetti, G. (2025). Preliminary Results of Sensorimotor Room Training for the Improvement of Sensory and Motor Skills in Children with Autism Spectrum Disorders. Pediatric Reports, 17(1). https://doi.org/10.3390/pediatric17010004
Tabaie, S. A., Nowell, J. A., Osadebey, E. N., Yastishak, J., & Murray, R. S. (2022). Adaptive Sport Participation in the Pediatric Population. Journal of the Pediatric Orthopaedic Society of North America, 4(3), 474. https://doi.org/10.55275/jposna-2022-0082
Wan-Chun, S., Cleffi, C., Srinivasan, S., & Bhat, A. (2023). Telehealth Versus Face-to-Face Fine Motor and Social Communication Interventions for Children With Autism Spectrum Disorder: Efficacy, Fidelity, Acceptability, and Feasibility. American Journal of Occupational Therapy, 77(6). https://doi.org/10.5014/ajot.2023.050282
Widajati, S. N. N. dan W. (2024). PENGARUH METODE BERMAIN PAPAN TITIAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DISABILITAS AUTIS DI SLB TUNAS KASIH SURABAYA Siti Nur Nabilah Wiwik Widajati. Jurnal Pendidikan Khusus, 19(Vol. 19 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Khusus).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten