HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN KEBUGARAN DENGAN HASIL BELAJAR PENJASKES PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.56667/djs.v1i1.194Kata Kunci:
Status gizi, kesegaran jasmani, dan hasil belajar peserta didikAbstrak
ABSTRAK
Peserta didik dapat mengikuti proses pembejaran dengan baik di sekolah jika didukung dengan gizi yang baik dan kebugaran jasmani yang baik. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui korelasi atau hubungan status gizi dan kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjaskes peserta didik SMA Negeri 2 Padang. Berdasarkan observasi di lapangan diperoleh informasi masih rendahnya hasil belajar peserta didik. Rendahnya hasil belajar ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor asupan gizi peserta didik dan kesegaran jasmani. Penelitian termasuk peneltian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 74 orang yang berasal dari kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 SMA Negeri 2 Padang dan untuk sampel penelitian sebanyak 30 orang. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik pusposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan melakukan tes TKJI, IMT, dan hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan product moment dan korelasi berganda. Hasil penelitian diperoleh (1) Status gzi berkontribusi secara signifikan terhadap kesegaran penjaskes peserta didik SMA Negeri 2 Padang, (2) Kesegaran jasmani berkontribusi secara signifikan terhadap hasil belajar penjasorkes peserta didik SMA Negeri 2 Padang, dan (3) Status gizi dan kesegaran jasmani secara Bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar penjaskes peserta didik SMA Negeri 2 Padang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten