PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS IV SDN 19 SITIUNG
Abstract
Penelitian ini didasarkan rendahnya hasil belajar siswa di pembelajaran IPAS di kelas IV Ssdn 19 Sitiung. Rendahnya hasil belajar siswa ini dikarenakan ketika proses pembelajaran berlangsung siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, maka menyebabkan banyak nilai siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan nilai KKM yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran IPAS ini adalah 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sitiung.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen. Dalam penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-eksperimental design (non-design). Bentuk pre-eksperimental design ada beberapa macam yaitu : one-shot case study, one-group pretest-posttest design, dan intact-group comparison. Pada penelitian ini peneliti menggunakan one-group pretest-posttest design. Tahapan penelitian ini adalah persiapan, pelaksanaan, dan penyesuaian. Dan teknik analisis data yang penulis lakukan yaitu uji normalitas dan hipotesis.
Hasil penelitian ini terlihat hasil pretest dengan rata-rata 67,30 sedangkan nilai posttest dengan rata-rata 87,5. Pada uji normalitas untuk data pretest yaitu signifikan dan data posttest tidak signifikan. Setelah diuji normalitas maka dilakukan uji hipotesis. Dengan hasil uji hipotesis menggunakan metode nonparametrik yaitu uji Wilcoxon diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan 0,000<0,05 maka hasil uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament terhadap hasil belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 19 Sitiung.
Downloads
References
Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111
Amelinda, D., & Asbari, M. (2023). Transformasi Pendidikan PAUD dan Kesetaraan: Akselerasi Peningkatan dan Pendanaan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 13–17.
Amin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Penjasorkes Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes Pada Materi Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Semester Genap Sd Negeri 25 Mataram. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1). https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5010
Ardiana, R. (2024). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dan Peran Perawat Terhadap Kemampuan Mobilisasi Dini Pasien Post Laparatomi Ginekologi Di Rsi Sultan Agung Semarang.
Astuti, N. F., Suryana, A., & Suaidi, E. H. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 195–218. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v2i2.1098
Baun. (2023). Riyadhoh : JurnalPendidikanOlahraga TersediaOnline : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/riyadhohjurnal Riyadhoh : JurnalPendidikanOlahraga. 6(November), 270–279.
Damayanti, A. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 1(1), 99–108.
Dehmi, M., Yusuf, A., & Juhanto, A. (2021). Analisis Pengaruh Metode Penyuluhan (Ceramah) Damapemberian Edukasi Minum Obat Pada Penderita Tb Paru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 511–518. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.636
Dua, M. H., & Madawat, I. (2025). Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas V SD. 8, 2286–2291.
Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. SHEs: Conference Series, 5(5), 1086–1093. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fatimah Azzahri, E. L. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Invention: Journal Research and Education Studies, 3(3), 84–95. https://doi.org/10.51178/invention.v3i3.1265
Fauziyah, E., Praherdhiono, H., & Ulfa, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 448–455. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p448
Ferdiansyah, O., Pandra, V., & Yuneti, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing pada Materi Proklamasi Kemerdekaan untuk Mengukur Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 620–629. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7122
Fijriah, H., Ningsih, S. Y., & Gusmaneli, G. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(2), 8–21.
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hazami, M. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Suhu Dan Kalor Di Kelas V SDN 05 Merayu Utara. 11190183000073, 1–130. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73477
Lestari, F. D., & , Muslimin Ibrahim, Syamsul Ghufron, P. M. P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Frita Dwi Lestari 1 , Muslimin Ibrahim 2 , Syamsul Ghufron 3 , Pance Mariati 4. 5(6), 5087–5099.
M. Irfan Saputra, Muhammad Irsyad Al Faiz, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Pengembangan Keterampilan Sosial dan Akademik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif. Jispendiora Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 62–70. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1471
McGaghie, W. C. (2015). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Academic Medicine, 90(11), 1438–1441. https://doi.org/10.1097/acm.0000000000000911
Minahasa, K. (2024). Pengembangan Media Moonstar (Monopoli Super Pintar) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Mengubah Bentuk Energi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 24(7), 28–42.
Mukhtar, M. (2023). Pembelajaran Kooperatif dan Kolaboratif Perspektif Pendidikan Islam. Ameena Journal, 1(2), 162–174.
Napitu, H., Gultom, B. T., & ... (2023). Pengaruh Brand Image Dan Harga Produk Wardah Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Di …. Journal Sains …, 1(2), 762–773. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/289%0Ahttps://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/download/289/287
Natasya Nurul Lathifa, Khairil Anisa, Sri Handayani, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 69–81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869
Negeri, S. D., & Tuntungan, M. (2022). 3) 1)2)3). 6(1), 77–86.
Ni Wayan Risna Kariani Asih, Ni Kadek Rini Purwati, & Ika Desi Budiarti. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.8460
Nurhalimah, S., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Hadi, W. P. (2022). Hubungan Antara Validitas Item Dengan Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda Pas. Natural Science Education Research, 4(3), 249–257. https://doi.org/10.21107/nser.v4i3.8682
Purnama, A. (2021). Evaluasi Dampak Implementasi Pembelajaran Daring Pada Proses Pembelajaran Di Sma Negeri 9 Palembang. Universitas Bina Darma Palembang, 1–24. http://eprints.binadarma.ac.id/9088/1/TUGAS 3.pdf
Putri, F. A., Eliya, M., Prabawati, D. P., Al-Firdaus, O. N., & Fauzi, M. A. (2024). Adaptasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Elementary School Education (Jouese), 4(1), 277–283. https://doi.org/10.52657/jouese.v4i1.2226
Rahmadiana, U. P., Permana, E. P., & Anam, M. (2025). Model TGT dan Educaplay : Solusi Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V. 3, 1–7.
Rahman, A., Juniarisca, D. L., Kartiko, D. C., & Prakoso, B. B. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket. Journal of Education Research, 5(3), 3800–3808. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1469
Rika Widianita, D. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dan Pengimplementasiannya Dalam Pak. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Rusidik, R. P., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 941–950. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.679
Saputra, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Pai Pada Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 02 Way Tenong Lampung Barat. 65.
Saputra, N. A. G., & Sridiyatmiko, G. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (Tgt) pada Siswa Kelas IV SD N Sumberwungu 1 Kepanewon Tepus Kabupaten Gunungkidul. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 319–325. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.396
Saputri, H. A., Zulhijrah, Larasati, N. J., & Shaleh. (2023). Analisis Instrumen Assesmen : Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 2986–2995.
Sari, yohana yunita. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Terhadap Srategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Tipe Pair Checks Di Kelas Xi Ma Al Washliyah.
Sasmita, M., Cattleyana, D., Cattleyana, D., Rosyidah, E., & Rosyidah, E. (2024). Pengaruh Lokasi, Variasi Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Pusat Oleh-Oleh Osing Deles Banyuwangi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(1), 606. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1745
Shelemo, A. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Pada Mata Pelajaran Ppkn KelaS VIII DI SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Shelemo, A. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk Ma`Arif Makasar. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Sianipar, S. L., Tj, H. W., & Andriono, T. (2025). Prosedur Polya dalam Pembelajaran Kooperatif TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD. 10(1), 366–372.
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Suparlan, & Nusantara. (2021). Penerapan Teori Belajar Prilaku Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Sd/Mi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 1–9. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/alkhidmad
Syaifudin, M. (2022). Implementasi Media Permainan Matching Gambar dan Kata Berbasis Power Point Untuk Pembelajaran Mufradat di SMA At-Tarbiyah Surabaya. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 2(2), 126–142. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i2.2712
Syamsuri, A. R., Anggraini, C. W., Pratiwi, D. P., Afriliana, S., & Maissy. (2021). Jurnal bisnis mahasiswa. Bisnis Mahasiswa, 215–224.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dayang Adriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.




