PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTU APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ica Amellya universitas dharmas indonesia

Abstract

Pendidikan ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, Khususnya pada mata pelajaran IPAS. Kurangnya alat bantu yang berbasis teknologi digital membuat pembelajaran kurang menggugah siswa untuk belajar dan berdampak pada pemahaman materi. Untuk itu,dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang lebih kreatif, salah satunya melalui pembuatan media pembeljaran video animasi sebagai alat bantu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and Development). Model pengembangan yang dikembangkan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implmentasi (implementation), dan evaluasi (evaluation).

            Hasil validasi media pembelajaran video animasi yang dihasilkan memperoleh nilai validasi materi (isi dan bahasa), design dengan rata-rata nilai 94% dikategorikan sangat valid, dan validasi modul ajar dengan rata-rata nilai 84% dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik kelas IV memperoleh nilai 93,69% dikategorikan sangat praktis, hasil uji efektivitas berupa tes hasil belajar yang diperolah dari peserta didik kelas IV memperoleh nilai 81,15% dikategorikan sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siti Nurjanah, & Sumarmi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas Iv Di Mi Al Busyro. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.85

Premana, A., Wijaya, A. P., Yono, R. R., & Hayati, S. N. (2022). Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game. Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri Dan Teknik Informatika, 23(2), 66–75. https://doi.org/10.37817/tekinfo.v23i2.2597

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jpgsd, 08(05), 893–903.

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381

Rizqi Abdillah. (2022). “Canva” Sebagai Media Pembelajaran Terkini Pengganti Power Point. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 29–41. https://doi.org/10.62490/latahzan.v14i1.320

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19

Published

2025-12-20

Issue

Section

Articles