PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBANTU APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pendidikan ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, Khususnya pada mata pelajaran IPAS. Kurangnya alat bantu yang berbasis teknologi digital membuat pembelajaran kurang menggugah siswa untuk belajar dan berdampak pada pemahaman materi. Untuk itu,dibutuhkan inovasi media pembelajaran yang lebih kreatif, salah satunya melalui pembuatan media pembeljaran video animasi sebagai alat bantu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and Development). Model pengembangan yang dikembangkan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implmentasi (implementation), dan evaluasi (evaluation).
Hasil validasi media pembelajaran video animasi yang dihasilkan memperoleh nilai validasi materi (isi dan bahasa), design dengan rata-rata nilai 94% dikategorikan sangat valid, dan validasi modul ajar dengan rata-rata nilai 84% dikategorikan sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi pendidik dan peserta didik kelas IV memperoleh nilai 93,69% dikategorikan sangat praktis, hasil uji efektivitas berupa tes hasil belajar yang diperolah dari peserta didik kelas IV memperoleh nilai 81,15% dikategorikan sangat efektif.
Downloads
References
Siti Nurjanah, & Sumarmi. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (Tts) Pada Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku Kelas Iv Di Mi Al Busyro. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 31–42. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.85
Premana, A., Wijaya, A. P., Yono, R. R., & Hayati, S. N. (2022). Media Pembelajaran Pengenalan Bahasa Pemrograman Pada Anak Usia Dini Berbasis Game. Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri Dan Teknik Informatika, 23(2), 66–75. https://doi.org/10.37817/tekinfo.v23i2.2597
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28
Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139–144.
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk Sekolah Dasar Kelas V. Jpgsd, 08(05), 893–903.
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381
Rizqi Abdillah. (2022). “Canva” Sebagai Media Pembelajaran Terkini Pengganti Power Point. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 29–41. https://doi.org/10.62490/latahzan.v14i1.320
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 9–19
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ica Amellya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.




