ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN CALISTUNG PADA SISWA KELAS III SDN 02 SUNGAI RUMBAI: STUDI KUALITATIF TENTANG PERAN DAN LINGKUNGAN

Penulis

  • meylaninurulummi UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

Kata Kunci:

Kesulitan belajar Calistung, peran lingkungan belajar

Abstrak

Kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) merupakan landasan utama dalam pendidikan dasar. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas III SDN 02 Sungai Rumbai yang mengalami kendala dalam penguasaan membaca, menulis, dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis secara mendalam faktor penyebab kesulitan membaca, menulis, dan berhitung, dengan menonjolkan peran dan lingkungan sekitar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, meliputi observasi langsung, wawancara mendalam dengan guru dan wali murid, serta analisis kondisi lingkungan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan membaca, menulis, dan berhitung dipengaruhi oleh faktor internal (motivasi, minat, dan kemampuan kognitif siswa), peran yang belum optimal, lingkungan belajar yang kurang mendukung, dan terbatasnya metode pembelajaran di sekolah. Diperlukan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan lingkungan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

C, Marsen, Neviyarni S, and Irda Murni. “Peran Dan Guru.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 6, no. 1

(2021): 49.

Chasanah, Tri Ulfatu, Milla Diah Putri Nazidah, and Qarunia Fitri Zahari. “Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah Dan Implikasinya

Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling.” PAUDIA : Jurnal Penel1itian Dalam Bidang

Pendidikan Anak Usia Dini 11, no. 1 (2022): 417–28.

https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.1 1232.

Rumbewas, Selfia S, Beatus M Laka, and Naftali Meokbun. “Peran Dalam

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Saribi [The Role of Parents in Improving Students’

Learning Motivation at SD Negeri Saribi].” Jurnal EduMatSains 2, no. 2

(2018): 201–12.

http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edum atsains/article/view/607.

. “Peran Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sd Negeri Saribi.” Jurnal EduMatSains 2, no. 2

(2018): 201–12.

http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edum atsains/article/view/607.

Diterbitkan

2025-06-28

Terbitan

Bagian

Articles