PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEET PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS V SDN 13 SITIUNG
Kata Kunci:
LKPD elektronik, IPAS, LiveworksheetAbstrak
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan dalam pembelajaran yaitu kurangnya antusias peserta didik dalam menyelesaikan lembar kerja peserta didik (LKPD) dalam proses pembelajaran . Tujuan penelitian inin untuk mengembangkan LKPD elektronik menggunakan liveworksheet pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Kelas V SDN 13 Sitiung, yaitu untuk menghasilkan LKPD elektronik menggunakan liveworksheet pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan di Kelas V yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 13 Sitiung.
Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pada hasil validasi LKPD elektronik menggunakan liveworksheet pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Kelas V SDN 13 Sitiung dilakukan oleh 3 validator yaitu validator kegrafikan, validator isi, validator bahasa, validator soal, dan validator modul ajar diperoleh skor rata-rata sebanyak 94,4% kategori sangat valid sehingga LKPD elektronik telah layak untuk digunakan dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi guru kelas V diperoleh 98,1% kategori sangat praktis dan peserta didik diperoleh 95,5% kategori sangat praktis sehingga dapat mempermudah digunakan dalam proses pembelajaran, sedagkan hasil uji efektifitas berupa tes soal diperoleh rata-rata yang tuntas sebanyak 89,6% kategori sangat efektif sehingga tercapai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Astuti, Yuli, Dodi Widia Nanda, Yulia Darniyanti, and Faradilla Intan Sari. 2022. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas IV SDN 126 Muara Jernih Kabupaten Merangin.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(5): 260–66.
Darniyanti, Yulia. 2022. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPS SD.” Journal On Teacher Education 4(2686–1895): 1006–16. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/9750/7436.
Darniyanti, Yulia, M. Anggrayni, and Tati Wulandari. 2024. “PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA KELAS 1 SDN 05 PULAU PUNJUNG.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(3).
Darniyanti, Yulia, Aspialana, and Estuhono. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Comic Berbasis Comic Life Materi Bentuk-Bentuk Energi Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2): 6157–59. doi:10.36989/didaktik.v9i2.1395.
Estuhono, Ahmad Ilham Asmaryadi Ma, and Muhammad Karles. 2025. “PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS III MIN 2 DHARMASRAYA.” Jurnal Tunas Pendidikan 7(2): 453–61.
Lika, Apreasta, Yulia Darniyanti, and Bella Sapira. 2023. “Pengembangan E-Lkpd Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Dalam Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(3): 857–69. doi:10.36989/didaktik.v9i3.1567.
Okta Susilawati, Wiwik, Sonia Yulia Friska, Dwi Okta Pratiwi, and Ahmad Ilham Asmaryadi. 2023. “Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lk) Pendidikan Pancasila Kelas Iv Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 01 Padang Laweh.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2): 6133–47. doi:10.36989/didaktik.v9i2.1393.
Susilawati, Wiwik Okta, Yulia Darniyanti, and Gusti Kumala Dewi. 2024. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA KARTU RAHASIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(September).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tri Oktafiani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.




