PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI UPT SD NEGERI 06 TIUMANG

Penulis

  • Febry Kurnia Sari universitas dharmas indonesia
  • Yulia Darniyanti universitas dharmas indonesia
  • Martiya Nurni Khairita universitas dharmas indonesia

Kata Kunci:

Hasil Belajar, IPAS, Model Problem Based Learning (PBL)

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan belum mampu melibatkan siswa secara aktif. Hal ini berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS yang tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang lebih efektif dan mampu meningkatkan minat serta keterlibatan siswa dalam proses belajar pada mata pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan peelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian True Eksperimental, dengan bentuk Posttest Only Control Design. Lokasi penelitian dilakukan di SDN 06 Tiumang, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya. Sampel penelitian terdiri dari 32 siswa yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 butir, yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 80,42 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 69. Deskripsi data hasil penelitian dari analisis data posttest, dengan menggunakan uji Independent Sample Test menunjukan nilai signifikansi 0,042 < 0,05. Dari kriteria ketentuan jika signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SDN 06 Tiumang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andiniati, M. R., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 45 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1639–1647.

Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Elektronik Lembar kerja Peserta Didik (E-LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning. 10.

Darniyanti, Y., Subhan, M., Sari, D. P., & Yuliadarniyantigmailcom, E. (2024). TOFEDU : The Future of Education Journal The Development of Problem Based Learning ( PBL ) Student Worksheets ( Lkpd ) in IPAS Learning of Sound Material and its Properties for Grade V SDN 09 Sitiung. 3(4), 816–822.

Martiya Nurni Khairita, Ratnawati, dan I. F. (2023). Indonesia, Bahasa Pada, Materi Asal-usul Merdeka, Kurikulum Iv, Kelas Dasar, Sekolah. Jurnal IKA: PGSD UNARS, 13(2), 149–160.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143.

Sa’adah, N., Hermita, N., & Fendrik, D. M. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SD pada Mata Pelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Primary Education, 6(2), 209–216.

Sugiyono. (2015). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 32–44.

yulia darniyanti, maldin ahmad burhan, lutpi ansori. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 10 KOTO BARU. 10(September).

yulia darniyanti, muhammad subhan, dini puspita sari. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 46–56.

Yulia Darniyanti, M. R. M., & Oktaviani, A. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbantukan Canva Pada Mata Pelajaran Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4910–4921.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-22

Terbitan

Bagian

Articles