PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BEAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 13 KOTO BARU

Penulis

  • Muhammad Rosyid universitas dharmas indonesia
  • Antik Estika Hader universitas dharmas indonesia
  • Feby kharisna universitas dharmas indonesia

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar, IPAS, Siswa Kelas IV

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 13 Koto Baru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara selama kegiatan Praktek Lapangan Pendidikan (PLP), ditemukan bahwa siswa kurang aktif, tidak fokus dalam proses pembelajaran, serta dominannya metode ceramah yang digunakan guru menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang memahami materi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai alternatif yang diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Single Group Interrupted Time Series Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV C SDN 13 Koto Baru, dengan jumlah sampel sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan wawancara. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pretest tidak berdistribusi normal (signifikansi 0,010 < 0,05), sedangkan data posttest berdistribusi normal (signifikansi 0,144 > 0,05). Nilai rata-rata pretest sebesar 43,26 meningkat menjadi 72,82 pada posttest. Hasil uji-t menunjukkan signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Model ini menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, serta mendorong siswa untuk saling berinteraksi dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran. Saran dalam penelitian ini yaitu guru disarankan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai alternatif dalam menyampaikan materi IPAS, khususnya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji pengaruh model ini terhadap aspek lain, seperti sikap sosial dan keterampilan komunikasi siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adnyana, K. S., & Yudaparmita, G. N. A. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 61. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3023

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Khoridah, F., Prasetiyawati, D., & Baedowi, S. (2019). Analisis Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.

Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.

Nadhiratul, H. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Kelas V Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Mi.

Natasya Nurul Lathifa, Khairil Anisa, Sri Handayani, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(2), 69–81. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2869

Rafid, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Universitas Muhammadiyah Malang, 5(259), 1–2.

Reynaldi Nomor, Jhon R. Wenas, & Aaltje S. Pangemanan. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50–58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 9, 2721–2731.

Wahyuni, & Rahmiati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1220–1229. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2941

Wulandari, N. N. A., Mudiasih, N. W., & Widyarto, R. (2024). Pembelajaran Tari Prawireng Putri Dengan Model Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Di Smpn 4 Petang. PENSI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 4(1), 46–53. https://doi.org/10.59997/pensi.v4i1.3062

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-22

Terbitan

Bagian

Articles