PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI PADA PEMILIHAN BIDANG PEKERJAAN SESUAI KOMPETENSI (STUDI KASUS DI ATAK KERINCI)

Authors

  • Destra Amni Akademik Teknik Adi Karya

Keywords:

Kompetensi, Fuzzy Mamdani, Administrasi, Teknis, Penilaian

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memprediksi dan menganalisis kompetensi yang dimiliki oleh karyawan ATAK Kerinci terhadap pekerjaan di ATAK Kerinci. Hasil analisis diharapkan dapat menjadi dukungan keputusan. Calon karyawan diambil dari mahasiswa semester enam yang menjadi subjek penelitian ini sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan metode Fuzzy Mandani sebagai metode analisis. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak Matlab. Penelitian ini menunjukkan hasil Kompetensi sebagai berikut: (1) Administrasi, (2) Teknis. Dengan memahami variabel-variabel yang memengaruhi nilai kompetensi karyawan, manajemen akan mengetahui seberapa penting variabel-variabel ini. Sehingga mereka dapat memutuskan pemilihan sesuai dengan bidang kerja kompetensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 195 times

References

Agus Naba (2012). ”Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab”, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Desima Tampubolon (2015). “Penerapan Metode Fuzzy Mamdani Pada Pemilihan Susu Formula Untuk Memenuhi Asupan Gizi Balita”.

Dwi Marta Sukandy (2010). “Penerapan Metode Fuzzy Mamdani untuk Memprediksi Jumlah Produksi Minyak Sawit Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan ( Studi Kasus PT Perkebunan Mitra Ogan Baturaja)”.

Edy Purnomo (2005) “Evaluasi Hasil Belajar Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Di Sekolah Menengah Kejuruan”.

Elamvazuthi (2009) “The Application of Mamdani Fuzzy Model for Auto Zoom Function of a Digital Camera (Aplikasi Model Fuzzy Mamdani untuk Fungsi Tanjakan Otomatis pada Kamera Digital”.

Linawati (2010). “Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Herculon Carpet Semarang)”.

Much. Djunaidi (2010). “Penentuan Jumlah Produksi Dengan Aplikasi Metode Fuzzy-Mamdani”.

Shilpa Mehta (2013) “Intelligent System for Automated Traffic Signal Control Using Fuzzy Mamdani Model”.

Sivarao, Peter Brevern (2009) “GUI Based Mamdani Fuzzy Inference System Modeling To Predict Surface Roughness in Laser Machining”

Sri Yulianto J.P, Indrastanti dan Martha Oktriani (2008). “Aplikasi Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Logika Fuzzy (Studi Kasus : Penentuan Spesifikasi Komputer Untuk Suatu Paket Komputer Lengkap)”.

Syaeful Anas Aklani (2015). “Metode Fuzzy Logic Untuk Evaluasi Kinerja Perawat (Studi Kasus : RSIA Siti Hawa Padang)”.

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Amni, D. (2023). PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI PADA PEMILIHAN BIDANG PEKERJAAN SESUAI KOMPETENSI (STUDI KASUS DI ATAK KERINCI). Simtika, 6(2), 15–22. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/1121