MODEL DAN PROTOTYPE APLIKASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN FRAMEWORK FLUTTER
Keywords:
Model, Aplikasi, Penerimaan Mahasiswa Baru, Framework, FlutterAbstract
Kurangnya pemahaman calon mahasiswa baru terhadap program studi yang akan dipilih, merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan mahasiswa untuk menyelesaikan kuliahnya. Tujuan penelitian adalah untuk merancang prototype aplikasi promosi peneriman mahasiswa baru (PMB) berbasis mobile yang dapat digunakan untuk menjaring calon mahasiswa baru untuk masuk dan mendaftar pada Program Studi yang ada di Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh sesuai dengan minat calon mahasiswa tersebut. Alat bantu pengembangan aplikasi menggunakan framewok Flutter, Dart, dan SQLite sebagai media penyimpanan. Metode penelitian spiral dilakukan dengan cara merencanakan aplikasi yang akan dibuat, melakukan analisis terhadap permasalahan (kajian literatur), perancangan model dan interface user, pembuatan prototye aplikasi, dan pengujian secara alpha untuk mengetahui kesalahan fungsionalitas dan interface aplikasi. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu pihak kampus dalam mempromosikan program studi yang ada secara digital. Penelitian selanjutnya dapat dikembangkan untuk melacak jumlah mahasiswa baru yang terdaftar pada setiap program studi di seluruh Perguruan Tinggi secara realtime
Downloads
References
S. Dharmawansyah, H. Cangara, and M. I. Sultan, “Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Pada Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar,” J. Komun. KAREBA, vol. 3, no. 4, pp. 256–263, 2014.
E. Sopandi and A. Pendahuluan, “Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk PTS (Tinjauan atas kegiatan Promosi PTS di Jawa Barat Tahun 2010),” J. Manajerial, vol. 9, no. Januari, pp. 87–101, 2011.
I. Nurhayati, “Promosi Universitas Swasta Dalam Menarik Minat Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Promosi UPT HPPMB Universitas Muhammadiyah Sukabumi),” J. JISPO, vol. 7, no. 1, pp. 22–29, 2017.
S. Azis, “Efektivitas Promosi Terhadap Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Pada Universitas Al Asyariah Mandar,” J. Pepatusda, vol. 5, no. 1, pp. 85–102, 2013.
R. Harrison, D. Flood, and D. Duce, “Usability of mobile applications : literature review and rationale for a new usability model,” J. Interact. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2013.
S. Roy, “App Adoption And Switching Behavior: Applying The Extended Tam Smartphone App Usage,” JISTEM - Jorunal Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 14, no. 2, pp. 239–261, 2017, doi: 10.4301/S1807-17752017000200006.
T. A. Mazumder, M. S. Student, F. Light, S. Networking, and V. Players, “Mobile Application and Its Global Impact 1,” Int. J. Eng. Technol. IJET-IJENS, vol. 10, no. 06, pp. 72–78, 2010.
A. F. S. Niamh Caprani, Paulina Piasek, Cathal Gurrin, Noel E. O’Connor, Kate Irving, “Life-Long Collections : Motivations and The Implication for Lifelogging with Mobile Device,” Int. J. Mob. Hum. Comput. Interact, vol. 6, no. 1, pp. 15–35, 2014, doi: 10.4018/ijmhci.2014010102.
P. Mainkar and S. Giordano, Google Flutter Mobile Development Quick Start Guide. Livery Place 35 Livery Street Birmingham B3 2PB, UK: Packt Publishing Ltd, 2019.
S. Samal and S. P. Jena, “Research on the Development of a New Shop Application Using Android,” Int. J. Adv. Comput. Res., vol. 4, no. 1, pp. 236–241, 2014.
I. G. Khairil Hamdi, Budi Sunaryo, Arianto, Yuhefizar, “Sistem Pelacakan Lokasi Petugas Survei RTLH Menggunakan GPS Android dan WebGIS,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 3, pp. 552–559, 2019.
N. Dilson, “Perancangan Model dan Prototype Aplikasi Tracer Study Berbasis Mobile,” in Seminar Nasional Sisfotek (Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), 2018, pp. 115–123, [Online]. Available: http://seminar.iaii.or.id.