MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF KELAS 3 SEKOLAH DASAR BERBASIS MOBILE

Authors

  • Dilson Dilson STMIK Indonesia Padang
  • Rini Yunita Sekolah Tinggi Teknologi Payakumbuh
  • Siska Arimadona STKIP Ahlusunnah Bukittinggi

Keywords:

Media Pembelajaran, Matematika, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif berbasis mobile. Penelitian dilakukan di SDN 06 Sialang Kabupaten Limapuluh Kota dengan sample penelitian terdiri dari delapan orang guru kelas, dan 10 orang siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  Multimedia Development Life Cycle yang terdiri 6 tahapan, yaitu 1) concept, 2) design, 3) material collection, 4) assembly,  5) testing, dan 6) distribution. Secara konsep media pembalajaran membahas tentang pengenalan lambang dan nama bilangan, pengurutan, penjumlahan, perkalian, dan pembagian bilangan. Media dirancang berdasarkan hirarki proses yang telah ditetapkan. Material yang digunakan terdiri dari beberapa objek gambar, teks, suara, dan animasi. Media pembelajaran dirancang menggunakan aplikasi Ms. Powerpoint dan APK Android 3. Media pembelajaran diuji secara blackbox dan whitebox testing. hasil pengujian, media pembelajaran berhasil dijalankan dengan valid (no error) dan media pembelajaran sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Secara luring, media pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik karena dirancang secara menarik sesuai karakteristik siswa. Sedangkan secara daring, media pembelajaran dapat dibagikan guru melalui Whatsapp dan dapat dijalankan langsung oleh peserta didik melalui HP untuk belajar secara mandiri kapan dan dimana saja didampingi oleh orang tua. Media pembelajaran yang dikembangkan belum terdapat uji kompetensi untuk mengukur kemampuan peserta didik secara objektif. Oleh sebab itu penelitian selanjutnya media pembelajaran dapat dikembangkan dengan menambahkan uji kompetensi siswa menggunakan soal pilihan atau objektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed = 1606 times

References

M. Yasin, “Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Abad 21,” no. March. 2020.

S. A. Prawiro, H. Irawan, and M. Si, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2012.

R. E. Sara Mustika, Hajidin, “Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Di Sd Negeri 1 Lambheu Aceh Besar,” J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 3, no. Juni, pp. 134–141, 2018.

Y. F. S. Nor Diana Natasya and Rusdial Marta, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota(Materi Pecahan),” J. Ris. Pembelajaran Mat. Sekol., vol. 3, pp. 47–54, 2019.

A. Ardila and S. Hartanto, “Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam,” PYTHAGORAS J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 175–186, 2017, doi: 10.33373/pythagoras.v6i2.966.

Seviyanti, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media Lego Pada Siswa Kelas Iii Mi Ma’Arif Dukuh Kota Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020 Skripsi. 2020.

U. Handayani, “Guru cerdas di era generasi milenial.” pp. 1–10, 2021.

A. Daud, “Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial,” J. Al-Mutharahan, vol. 17, no. 1, pp. 29–42, 2020.

F. N. H. Hermono, Fajar, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia (Studi Kasus Mata Pelajaran IPA Bahasan Gerak Benda Kelas III SDN Dempelrejo),” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 4, no. 1, pp. 42–49, 2012.

D. N. A. Batubara, Hamdan Husein, “Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Di Sekolah Dasar,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 5, no. Oktober, pp. 33–46, 2019.

E. Munisah, “Pengelolaaln Media Pembelajaran Sekolah Dasar,” J. Elsa, vol. 18, no. 1, pp. 23–32, 2020.

Dilson, Noviardi, L. Suhery, H. Asnur, R. Yunita, and S. Arimadona, “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Mtsn 1 Kota Payakumbuh Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi TIK,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 4, pp. 385–395, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i4.453.

Downloads

Published

2022-01-20

How to Cite

Dilson, D., Yunita, R., & Arimadona, S. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF KELAS 3 SEKOLAH DASAR BERBASIS MOBILE. Simtika, 5(1), 6–13. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/606