ETIKA AI DAN PEMBELAJARAN: PERSPEKTIF ETIKA KRISTEN DALAM MENGHADAPI FENOMENA PENGGUNAAN AI DALAM DUNIA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1206Kata Kunci:
Etika Kristen, fenomena AI, NavigasiAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perspektif etika Kristen terkait fenomena penggunaan AI dalam dunia pendidikan. Di mana, hadirnya AI memberikan tantangan tersendiri bagi banyak aspek khususnya etika dalam penggunaan AI. Mudahnya penggunaan AI dalam membuat materi, menjawab pertanyaan, membuat tugas sekolah, menganalisis data, menulis artikel, sehingga terjadi degradasi etika dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, perspektif etika Kristen bertanggung jawab untuk menavigasi fenomena penggunaan AI dalam dunia pendidikan agar, sesuai dengan koridor dan kebutuhan tanpa mengabaikan sikap berpikir kritis dan kemampuan menganalisis pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika Kristen memiliki peran penting dalam menavigasi penggunaan AI terhadap dunia pendidikan, agar mempertahankan eksistensi kaidah-kaidah ilmiah dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Etika Kristen memandang pentingnya kesadaran dalam dunia pendidikan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, agar tidak kecanduan pada penggunaan AI. Etika Kristen tidak mentolerir penyimpangan dalam penggunaan AI secara berlebihan, sehingga tidak menimbulkan bias. Pendidikan yang baik menghasilkan cara berpikir yang baik, etika yang baik, pembelajar yang berintegritas, dan bermuara pada prinsip-prinsip kekristenan.
Unduhan
Referensi
Allo, H. B. (2024). Penggunaan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Era Posthumanist. Juteq: Jurnal Teologi & Tafsir, 1(5), 217–232. Http://Creativecommons.Org/Licenses/By-Sa/4.0/
Almeida, P., Santos, C., & Farias, J. S. (2020). Artificial Intelligence Regulation: A Meta-Framework For Formulation And Governance.
Daffa, M., & Kamil, F. A. R. (2023). Dinamika Kebenaran Epistemik Keagamaan Dalam Tantangan Dan Pembaharuan Pada Era Penggunaan Kecerdasan Buatan. Jurnal Riset Agama, 3(3), 428–449. Https://Doi.Org/10.15575/Jra.V3i3.32014
De Almeida, P. G. R., Dos Santos, C. D., & Farias, J. S. (2021). Artificial Intelligence Regulation: A Framework For Governance. Ethics And Information Technology, 23(3), 505–525. Https://Doi.Org/10.1007/S10676-021-09593-Z
Despain, B. R. (2022). Thinking Theologically About The Divine Ideas: Reexamining The Summa Of Thomas Aquinas (Vol 11). Brill.
Duryat, H. M., & Pd, M. (2024). Jokowi; Dari Politik Dinasti, Politik Cawe-Cawe, Politisasi Bansos, Kualitas Demokrasi Yang Makin Menurun Sampai Pada Politik Kekuasaan Di Bidang Pendidikan. Penerbit Adab.
Fatmawati, F., Sari, M. N., Setianti, Y., Saleh, K., & Pitra, D. H. (2024). Peran Artificial Intelligence (Ai) Dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Pendidikan Tinggi. Journal On Education, 6(4), 20148–20157. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V6i4.6070
Gafar, M. F. (2024). Jembatan Ilmu: Ai Dalam Konteks Akademis Untuk Masa Depan Pendidikan. Cv Brimedia Global.
Gustamal, N. A., Adystira, R. R., Putri, D. S., & Shafira, D. A. (2022). Urgensi Unsur Agama Dalam Perkembangan Kecerdasan Buatan. Moderasi: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 1(01). Https://Journal.Forikami.Com/Index.Php/Moderasi/Article/View/470
Hine, C. (2021). Evaluating The Prospects For University-Based Ethical Governance In Artificial Intelligence And Data-Driven Innovation. Research Ethics, 17(4), 464–479. Https://Doi.Org/10.1177/17470161211022790
Kanan, P. W., Rinda, R., Patulak, H., Tangko, Y. E., & Lince, L. (2024). Pelayanan Holistik Di Tengah Gempuran Ai Dalam Upaya Gereja Melindungi Integritas Iman Jemaat Melalui Pendekatan Misi Holistik David Bosch. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 296–309. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Relinesia.V3i4.2214
Mangasak, A., & Angelin, R. (2023). Tantangan Dan Peluang Artificial Intelligence (Ai) Untuk Masa Depan. Prosiding Universitas Kristen Indonesia Toraja, 3(3), 26–34. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.47178/Prosidingukit.V3i3.2287
Prastika, N. D., Anjarwati, D., Awaliah, M. A. S., Hartandi, D., Rahmadani, A., & Erika, F. (2024). Kajian Literatur Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Dalam Pembelajaran Kimia. Jambura Journal Of Educational Chemistry, 6(1), 47–60. Https://Doi.Org/10.37905/Jjec.V6i1.23644
Prianto, R., Lawira, K., & Patodo, J. (2024). Pengetahuan, Teknologi, Dan Kehidupan Manusia Dalam Perspektif Teologis. Te Deum (Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan), 13(2), 209–226. Https://Doi.Org/10.51828/Td.V13i2.390
Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Husnita, L., Pinatih, N. P. S., Indrawati, S. W., Nindiati, D. S., & Yulaini, E. (2023). Transformasi Pendidikan: Panduan Praktis Teknologi Di Ruang Belajar. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Qomariyah, N. (2023). Perkembangan Tekhnologi Ai Dan Pendidikan Islam: Upaya Membentuk Paradigma Baru Dalam Dunia Pendidikan. Proceeding Of Annual International Conference On Islamic Education And Language (Aiciel), 576–585. Https://Ftk.Uinbanten.Ac.Id/Journals/Index.Php/Aiciel/Article/View/9754
Ritonga, N. (2024). Peran Pemimpin Gereja Dan Etika Kristen Dalam Menyikapi Isu Kontemporer Di Era Revolusi Industri 4.0. Euanggelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(2), 157–172. Https://Doi.Org/10.61390/Euanggelion.V4i2.61
Saduk, L. M., & Chariri, A. (2024). Ketidakjujuran Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Yang Dibantu Oleh Artificial Intellgence (Ai): Perspektif Fraud Triangle. Jurnal Akuntansi Manado (Jaim), 57–71. Https://Doi.Org/10.53682/Jaim.Vi.8141
Saputro, J., Missa, A., & Sitinjak, A. P. (2022). Memetakan Tantangan Pendidikan Kristiani Bagi Remaja Menghadapi Gaya Hidup Era Society 5.0. Regula Fidei : Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 222–236. Https://Doi.Org/10.33541/Rfidei.V7i2.145
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Etika Kristen Dalam Pendidikan Karakter Dan Moral Siswa Di Era Digital [Christian Ethics In Teaching Character And Moral For Students In The Digital Era]. Diligentia: Journal Of Theology And Christian Education, 3(1), 46. Https://Doi.Org/10.19166/Dil.V3i1.2782
Simonigar, J., Rotty, G. V., & Setijadi, N. N. (2023). Membangun Masyarakat 5.0 Di Era Digital Melalui Pendidikan Dan Komunikasi Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika Issn 2721-4796 (Online), 4(3), 1665–1676.
Tampubolon, S. (2024). Dampak Kemajuan Iptek Bagi Generasi X,Y, Z Dalam Perspektif Etika Kristen. Jurnal Imparta, 2(2), 94–103. Https://Doi.Org/10.61768/Ji.V2i2.95
Tarumasely, Y., Halamury, M., Sipahelut, J., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi Ai; Membaca Perubahan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Di Indonesia. Academia Publication.
Yani, C., & Meilele, Y. (2024). Kepemimpinan Gembala Dalam Mendidik Anak-Anak Melalui Perspektif Filipi 2: 1-11 Dengan Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (Ai). Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(1), 199–209. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Relinesia.V3i1.1812
Zendrato, C. P. (2024). Menyikapi Perkembangan Teknologi Ai (Chatgpt) Sesuai Dengan Kebenaran Alkitabiah. Rei Mai: Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(1), 23–37. Https://Doi.Org/10.69748/Jrm.V2i1.105
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten