PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN KELAS IV

Authors

  • Esti Marlina Sirait Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Eva Pasaribu Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Yesika Siburian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Deain Santri Sinaga Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Russel Hutabarat Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.931

Keywords:

Pengaruh Video Animasi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran dengan menggunakan inovasi sangat penting untuk membantu prestasi belajar siswa. Media video animasi merupakan media penyampaian pesan yang ditampilkan dalam bentuk pesan dan gambar bergerak. Pembelajaran menggunakan video animasi lebih menarik dibandingkan dengan menggunakan media jenis audio atau visual saja, karena memiliki dua sensor indra yaitu mata dan telinga, sehingga inspirasi belajar siswa akan muncul lebih besar yang dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Konten video animasi ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah para pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan solusi mengenai pembelajaran yang diharapkan untuk memperluas pengetahuan di bidang media dalam aktivitas pembelajaran pada video animasi yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Esti Marlina Sirait, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Eva Pasaribu, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Yesika Siburian, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Deain Santri Sinaga, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Russel Hutabarat, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

References

Amalia, S., & Nuroh, E. Z. (2023). Pengaruh Media Cerita Digital Terhadap Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4723–4733. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23969/Jp.V8i2.9234

Anisa, A., Medriati, R., & Putri, D. H. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 201–208. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.2.3.201-208

Ansori, L. I., Jaelani, A. K., & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Dengan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 33–41.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Iq (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. Https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57

Danis, A., & Pratiwi, A. P. (2024). Pengaruh Media Film Animasi Larva Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Hang Tuah I Belawan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 11(2), 221–229. Https://Doi.Org/10.69896/Modeling.V11i2.2407

Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama Untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1657

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Lestari, A. S., Azmy, B., & Susiloningsih, W. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Argumentasi Pada Siswa Kelas Iv Sd. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 114–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.572349/Seroja.V2i5.1156

Lestari, F., Saryantono, B., Syazali, M., Saregar, A., Madiyo, M., Jauhariyah, D., & Rofiqul, U. (2019). Cooperative Learning Application With The Method Of" Network Tree Concept Map": Based On Japanese Learning System Approach. Journal For The Education Of Gifted Young Scientists, 7(1), 15–32. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17478/Jegys.471466

Mahardika, N. D. (2022). Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Computer Assisted Instruction Di Sma Negeri 23 Bandung. Universitas Komputer Indonesia. Http://Elibrary.Unikom.Ac.Id/Id/Eprint/7067

Miladiah, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 9 Blitar. Http://Repo.Uinsatu.Ac.Id/Id/Eprint/16801

Monita, O., Suseno, M., & Situmorang, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 1 Kereng Bangkirai Palangka Raya: The Effect Of Learning Media And Early Ability On Indonesian Learning Outcomes Of Students Class V Sdn 1 Kereng Bang. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 30–38. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33084/Tunas.V7i2.3684

Mu’tamaroh, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Fiqh Materi Pokok Shalat Sunnah Muakad Siswa Kelas Vii Di Mtsn 4 Tulungagung.

Ningsih, E. I. K. (2021). Pengembangan Media Ajar Audio Visual Berbasis Graphic Organizer Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf Di Kelas V Min 2 Labuhanbatu Selatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/14509

Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 2 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 100–105. Https://Doi.Org/10.29303/Jpm.V13i2.745

Pratama, R. A., & Syadza, A. (2024). Pengaruh Media Infografis Dalam Penulisan Teks Pidato Persuasif Berdasarkan Gender Kelas Ix Smpit Ibnu Khaldun. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 398–416. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.19105/Ghancaran.V5i2.10663

Rantau, P. A. (2015). Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Vii Mts Hidayatul Umam Cinere Depok Tahun Pelajaran 2014/2015. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/30316

Rasmitadila, R., Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions Of Primary School Teachers Of Online Learning During The Covid-19 Pandemic Period. Journal Of Ethnic And Cultural Studies, 7(2), 90–109. Https://Www.Jstor.Org/Stable/48710085

Rismadani, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Mis Elsusi Meldina Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

Setyaningsih, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Modul Berbasis Teks Dan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Di Smk Negeri 2 Surakarta.

Sylvia, D. (2023). Pengaruh Model Reciprocal Learning Menggunakan Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X Sma Swasta Nurul Amaliyah Tamora. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara. Http://Repository.Uisu.Ac.Id/Handle/123456789/2044

Tartila, A., & Mahsusi, H. (2021). Penggunaan Media Video Motion Graphic Dalam Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii-2 Smp Negeri 17 Bekasi Tahun Pelajaran 2020/2021. Tanda: Jurnal Kajian Budaya, Bahasa Dan Sastra (E-Issn: 2797-0477), 1(04), 1–19.

Tirsa, M. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Dan Proses Kerja Peralatan Tik Di Sma Pelita Ngabang. Ikip Pgri Pontianak.

Trisnadewi, N. K., Putra, M., & Ardana, I. K. (2020). Model Advance Organizer Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Mimbar Ilmu, 25(2), 162–173. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i2.25152

Published

2025-04-28

How to Cite

Sirait, E. M., Pasaribu, E., Siburian, Y., Sinaga, D. S., & Hutabarat, R. . (2025). PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN KELAS IV . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 770–776. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.931

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.