PENGARUH SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X

Authors

  • Natalia Sandova Simanjuntak Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Benjamin Albert Simamora Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Benjamin Albert Simamora Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Sotarduga Sihombing Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i2.539

Keywords:

Sarana Prasarana sekolah, Motivasi belajar, Economic Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2024/2025. Masalah yang dalam penelitian ini adalah masih terdapatnya kendala dalam pemenuhan dan pemanfaatan sarana serta prasarana sekolah, seperti kurangnya ketersediaan proyektor, ruang kelas yang tidak nyaman, dan keterbatasan koleksi perpustakaan, yang berpotensi menurunkan motivasi belajar siswa. Jenis enelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 344 siswa dan sampel sebanyak 86 siswa yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert yang mengukur variabel sarana prasarana dan motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, linearitas, serta uji regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan persamaan regresi Y = 48,057+ 0,199X. Uji t menunjukkan nilai t_hitung sebesar 5,418 dan t_tabel sebesar 1,988, sehingga t_hitung > t_tabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana dan prasarana sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Koefisien determinasi (R²) sebesar 0,035 mengindikasikan bahwa variabel sarana dan prasarana sekolah memberikan kontribusi sebesar 3,5% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 96,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sarana dan prasarana sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan dan pemanfaatan fasilitas sekolah secara optimal untuk mendukung peningkatan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Natalia Sandova Simanjuntak, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Benjamin Albert Simamora, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Benjamin Albert Simamora, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Sotarduga Sihombing, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

References

Abidin, M. Z., & Sabirin, M. (2021). Kebijakan Dan Strategi Peningkatan Mutu Penelitian Dan Publikasi Ilmiah Dosen Pada 3 (Tiga) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (Ptkin) Di Kalimantan (M. I. Assyauqi (Red); Satu). Antasari Press.

Adriana Hanny Bella Sukma, & Alifia Maharani Nasution. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan Di Bekasi. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 45–57. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V4i1.226

Agustina, D., Nurjannah, A., Harahap, A., Lestari, V., & Hafizhah, Z. (2022). Konstruksi Pemahaman Pentingnya Sarana Prasarana Di Sekolah. Jurnal Edumaspul; Jurnal Pendidikan, 6(1), 1352–1359.

Arifin, S., Afriz, A., & Andriani, T. (2023). Manajemen Sarana Dan Prasarana Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 398–406. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V4i1.1441

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. Jiv-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117–126. Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1502.3

Darmayanti, N., & Widiani, N. W. (2023). Analisis Permasalahan Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sdn 1 Cempaga. Dharmas Education Journal (De_Journal), 4(2), 903–909. Https://Doi.Org/10.56667/Dejournal.V4i2.1201

Dharma, H. P., & Wardan, R. (2022). Strategi Pengelolaan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Di Rsud Mardi Waluyo Blitar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021, 1(1), 70–81. Https://Doi.Org/10.33086/Snpm.V1i1.778

Hidayat, R., Burhan, M. R., & Al Ma’ruf, A. M. (2019). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Dalam Meningkatkan Sarana Dan Prasarana Pendidikan (Studi Di Sdn 44 Mande Kota Bima). Jiap (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(2), 93. Https://Doi.Org/10.31764/Jiap.V7i2.1269

Hidayatullah, R. (2019). Peran Lingkungan Madrasah Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa. Irfani, 15(2), 76–83. Https://Doi.Org/10.30603/Ir.V15i2.1286

Imawati, V., & Maulana, A. (2021). Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Pjok. Patria Eduacational Journal (Pej), 1(1), 87–93. Https://Doi.Org/10.28926/Pej.V1i1.439

Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Ni’mah, L. S., & Amalia, V. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Sd Di Sekolah Indonesia Den Haag. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 8(1), 52–68. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36835/Modeling.V8i1.686

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i1.360

Kurniasih, K., Silitonga, T. D., Devis, Y., Wahyudi, A., & Susmaneli, H. (2023). Analisis Unsur Manajemen Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center (Pmc) Kota Pekanbaru. Jhmhs: Journal Of Hospital Management And Health Science, 4(2), 10–19. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.55583/Jhmhs.V4i2.669

Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di Smpn 5 Bukittinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 636–648. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Bmp.V2i1.3808

Meika R, D. S., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Di Sd. Mimbar Ilmu, 26(3), 346. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V26i3.39617

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pembelajaran Di Sd. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. Https://Doi.Org/10.23917/Jmp.V13i2.6363

Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun. (2020). Keefektifan Model Pbl Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 457–467.

Nurrochman, T., Darsinah, D., & Wafroaturrohmah, W. (2023). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 277–288.

Rismayani, R., Lestari, E. A., & Tarigan, N. N. U. B. (2021). Problematika Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149. Https://Doi.Org/10.56114/Al-Ulum.V2i2.119

Supriyadi, M. (2021). Hubungan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Minat Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Smk N 03 Kota Lubuklinggau. Linggau Journal Science Education, 1(1), 60–67.

Sutomo, S., Arnawilis, A., Hartono, B., & Lita, L. (2021). Analisis Manajemen Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Di Rumah Sakit Umum Daerah Rokan Hulu. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal Of Community Health), 7(1), 45–56. Https://Jurnal.Htp.Ac.Id/Index.Php/Keskom/Article/View/638

Tarigan, R. M. R. B. R. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality.

Zakiyawati, S. W., Trihantoyo, S., Pendidikan, J. M., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2021). Urgensi Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9, 200–214.

Published

2025-06-24

How to Cite

Simanjuntak, N. S., Simamora, B. A., Simamora, B. A., & Sihombing, S. (2025). PENGARUH SARANA PRASARANA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(2). https://doi.org/10.56667/de_journal.v3i2.539

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.