PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ABEL KALOR” PADA ANDROID UNTUK MENGUKUR MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Resti Titiandari Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Ihsana El Khuluqo Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia
  • Irdalisa Irdalisa Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1093

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Abel Kalor, Motivasi, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, menguji kelayakan, dan menganalisis kepraktisan media pembelajaran Abel Kalor untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Keterbaruan penelitian adalah pengembangan produk menggunakan 4 macam software serta mengubah media pembelajaran menjadi aplikasi guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (ADDIE). Lima tahapan utama penelitian, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji kevalidan produk diukur berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan bahasa. Kelayakan dan kepraktisan produk terhadap peningkatan motivasi belajar peserta diukur berdasarkan angket respon peserta didik. Kelayakan dan kepraktisan produk juga diukur melalui angket respon guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validator ahli materi sebesar 92,80% (Sangat Valid), hasil validasi ahli materi terhadap RPP sebesar 93,75% (Sangat Valid), hasil validator ahli media sebesar 92,5% (Sangat Valid), hasil validator ahli bahasa sebesar 93,75% (Sangat Valid). Hasil angket respon peserta didik penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar sebesar 77,8% (Sangat Tinggi); angket kelayakan media sebesar 99% (Sangat Baik); dan angket kepraktisan produk sebesar 82,66% (Sangat Baik). Hasil angket respon guru sebesar 90% (Sangat Baik); dan angket kelayakan dan kepraktisan produk sebesar 94,4% (Sangat Baik). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,73 dengan kriteria Tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Resti Titiandari, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Ihsana El Khuluqo, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Irdalisa Irdalisa, Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka, Indonesia

References

Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322

Bal-Taştan, S., Davoudi, S. M. M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V, & Pavlushin, A. A. (2018). The Impacts of Teacher’s Efficacy and Motivation on Student’s Academic Achievement in Science Education among Secondary and High School Students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2353–2366. https://doi.org/10.29333/ejmste/89579

Dunn, T. J., & Kennedy, M. (2019). Technology Enhanced Learning in higher education; motivations, engagement and academic achievement. Computers & Education, 137, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.004

Haqiyah, A. (2021). Flipped classroom model integrated with the online learning platform and video biomechanic analysis to enhance learning outcome of Pencak silat during the Covid-19 pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(11), 2267–2272.

Harahap, A. A., & Sinulingga, A. (2021). Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Android. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.303

Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426

Hwang, G.-J., Wang, S.-Y., & Lai, C.-L. (2021). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers & Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031

Irdalisa, I., Amirullah, G., & Dirza, A. F. (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis steam bagi guru IPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1393–1401.

Irdalisa, I., Fuadi, T. M., Elvianasti, M., & Yanto, B. E. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge: Ability Prospective Teachers Biology Education Department In Jakarta Indonesia. International Journal of Educational Research Review, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.24331/ijere.1050594

Liao, C.-W., Chen, C.-H., & Shih, S.-J. (2019). The interactivity of video and collaboration for learning achievement, intrinsic motivation, cognitive load, and behavior patterns in a digital game-based learning environment. Computers & Education, 133, 43–55. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.013

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592

Mustain, A. Z., & Akbar, R. (2021). Pengembangan alat ukur kecepatan reaksi tendangan dan pukulan berbasis Whole Body Reaction (WBR) pada atlet Pencak Silat. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 139–149. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v10i1.1482

Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(01), 37–46.

Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa MA Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi SPLDV. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6348

Rahmat, A. Y. (2018). The Effect of Using Educational Multimedia in Dictation on Students’ Listening Comprehension at MA Darul Hikmah Pekanbaru. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.25299/jshmic.2018.vol5(1).1096

Ratnasari, D., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea Tahun Ajaran 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 39–45. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/172

Ricky, E. N., Hudah, M., & Widiyatmoko, F. A. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran pencak silat berbasis multimedia. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 40–52. https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13990

Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647

Setiaji, O., Raharjo, B. B., & Hidayah, T. (2022). Development of An Integrated Moodle-Based Physical Education E-learning with Religious Content on the Topic of Pencak Silat at SMA Genrus Nusantara Boarding School Kendal. Journal of Physical Education and Sports, 11(3), 356–364. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v11i3.61755

Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2595

Sinulingga, A. (2019). Development of Tools Speed of Blow Reaction Android-Based in Pencak Silat. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(12), 1166–1169.

Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran pada mata kuliah teori dan praktik pencak silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jtpi.v6i1.1372

Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The impact of mobile augmented reality in geography education: achievements, cognitive loads and views of university students. Journal of Geography in Higher Education, 42(3), 427–441. https://doi.org/10.1080/03098265.2018.1455174

Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas x otkp di smkn1 lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26902

Wijaksono, A. S., Subarinah, S., Hikmah, N., & Azmi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 567–576. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.187

Published

2025-04-28

How to Cite

Titiandari, R. ., Khuluqo, I. E. ., & Irdalisa, I. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ABEL KALOR” PADA ANDROID UNTUK MENGUKUR MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 448–458. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1093

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.