PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ABEL KALOR” PADA ANDROID UNTUK MENGUKUR MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1093Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Abel Kalor, Motivasi, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, menguji kelayakan, dan menganalisis kepraktisan media pembelajaran Abel Kalor untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Keterbaruan penelitian adalah pengembangan produk menggunakan 4 macam software serta mengubah media pembelajaran menjadi aplikasi guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (ADDIE). Lima tahapan utama penelitian, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji kevalidan produk diukur berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan bahasa. Kelayakan dan kepraktisan produk terhadap peningkatan motivasi belajar peserta diukur berdasarkan angket respon peserta didik. Kelayakan dan kepraktisan produk juga diukur melalui angket respon guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validator ahli materi sebesar 92,80% (Sangat Valid), hasil validasi ahli materi terhadap RPP sebesar 93,75% (Sangat Valid), hasil validator ahli media sebesar 92,5% (Sangat Valid), hasil validator ahli bahasa sebesar 93,75% (Sangat Valid). Hasil angket respon peserta didik penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar sebesar 77,8% (Sangat Tinggi); angket kelayakan media sebesar 99% (Sangat Baik); dan angket kepraktisan produk sebesar 82,66% (Sangat Baik). Hasil angket respon guru sebesar 90% (Sangat Baik); dan angket kelayakan dan kepraktisan produk sebesar 94,4% (Sangat Baik). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,73 dengan kriteria Tinggi.
Downloads
References
Arisanti, D., & Subhan, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(2), 61–73. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2322
Bal-Taştan, S., Davoudi, S. M. M., Masalimova, A. R., Bersanov, A. S., Kurbanov, R. A., Boiarchuk, A. V, & Pavlushin, A. A. (2018). The Impacts of Teacher’s Efficacy and Motivation on Student’s Academic Achievement in Science Education among Secondary and High School Students. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(6), 2353–2366. https://doi.org/10.29333/ejmste/89579
Dunn, T. J., & Kennedy, M. (2019). Technology Enhanced Learning in higher education; motivations, engagement and academic achievement. Computers & Education, 137, 104–113. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.004
Haqiyah, A. (2021). Flipped classroom model integrated with the online learning platform and video biomechanic analysis to enhance learning outcome of Pencak silat during the Covid-19 pandemic. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(11), 2267–2272.
Harahap, A. A., & Sinulingga, A. (2021). Model Pembelajaran Pencak Silat Berbasis Android. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.303
Haryadi, R., & Al Kansaa, H. N. (2021). Pengaruh media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim.v7i1.426
Hwang, G.-J., Wang, S.-Y., & Lai, C.-L. (2021). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers & Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031
Irdalisa, I., Amirullah, G., & Dirza, A. F. (2022). Pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis steam bagi guru IPA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1393–1401.
Irdalisa, I., Fuadi, T. M., Elvianasti, M., & Yanto, B. E. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge: Ability Prospective Teachers Biology Education Department In Jakarta Indonesia. International Journal of Educational Research Review, 7(2), 114–123. https://doi.org/10.24331/ijere.1050594
Liao, C.-W., Chen, C.-H., & Shih, S.-J. (2019). The interactivity of video and collaboration for learning achievement, intrinsic motivation, cognitive load, and behavior patterns in a digital game-based learning environment. Computers & Education, 133, 43–55. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.013
Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592
Mustain, A. Z., & Akbar, R. (2021). Pengembangan alat ukur kecepatan reaksi tendangan dan pukulan berbasis Whole Body Reaction (WBR) pada atlet Pencak Silat. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 139–149. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v10i1.1482
Nelson, S., Darni, R., & Haris, F. (2022). Development Augmented Reality (AR) Learning Media for Pencak Silat Course at Faculty of Sports and Science Universitas Negeri Padang. Educational Administration: Theory and Practice, 28(01), 37–46.
Putri, A. D., Hasnita, S., Vilardi, M., & Setiawan, W. (2019). Analisis Pengaruh Minat Belajar Siswa MA Dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra Pada Materi SPLDV. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47–52. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6348
Rahmat, A. Y. (2018). The Effect of Using Educational Multimedia in Dictation on Students’ Listening Comprehension at MA Darul Hikmah Pekanbaru. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 5(1), 1–19. https://doi.org/10.25299/jshmic.2018.vol5(1).1096
Ratnasari, D., Gunayasa, I. B. K., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Gugus 01 Kecamatan Brang Rea Tahun Ajaran 2020/2021. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 39–45. http://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/172
Ricky, E. N., Hudah, M., & Widiyatmoko, F. A. (2021). Pengembangan aplikasi pembelajaran pencak silat berbasis multimedia. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 40–52. https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13990
Sari, A. P., & Utami, N. (2019). Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 13 Kerinci. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 1. https://doi.org/10.31851/juang.v2i1.2647
Setiaji, O., Raharjo, B. B., & Hidayah, T. (2022). Development of An Integrated Moodle-Based Physical Education E-learning with Religious Content on the Topic of Pencak Silat at SMA Genrus Nusantara Boarding School Kendal. Journal of Physical Education and Sports, 11(3), 356–364. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v11i3.61755
Simatupang, N. I., Sitohang, S. R. I., Situmorang, A. P., & Simatupang, I. M. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pada masa pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. http://repository.uki.ac.id/id/eprint/2595
Sinulingga, A. (2019). Development of Tools Speed of Blow Reaction Android-Based in Pencak Silat. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(12), 1166–1169.
Suwiwa, I. G., Santyasa, I. W., & Kirna, I. M. (2016). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran pada mata kuliah teori dan praktik pencak silat. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jtpi.v6i1.1372
Turan, Z., Meral, E., & Sahin, I. F. (2018). The impact of mobile augmented reality in geography education: achievements, cognitive loads and views of university students. Journal of Geography in Higher Education, 42(3), 427–441. https://doi.org/10.1080/03098265.2018.1455174
Ulfaida, U., & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran online terhadap hasil belajar melalui minat belajar siswa pada kelas x otkp di smkn1 lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26902
Wijaksono, A. S., Subarinah, S., Hikmah, N., & Azmi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 567–576. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten