PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.781Keywords:
Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi, Model pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Parbuluan. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) serta kurangnya variasi dalam penggunaan model pembelajaran oleh guru. Model Think Pair Share diyakini mampu meningkatkan keaktifan siswa, kemampuan berpikir kritis, serta hasil belajar karena mendorong partisipasi melalui tiga tahap yaitu berpikir mandiri, diskusi berpasangan, dan berbagi dalam kelompok.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS2 sebagai kelas kontrol dengan total 69 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan uji t-test dan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Think Pair Share dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional. Rata-rata hasil post-test siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Uji t menunjukkan bahwa thitung 3,258 > ttabel 1,6629, sehingga hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa.
Downloads
References
Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19394
Ahmadah, S. N. W., Setiawan, D., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Think Pair Share Berbantuan Media Puzzle. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.27010
Alwan, M., Saputra, H. H., & Jiwandono, I. S. (2021). Pengaruh Model Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran Ppkn Kelas V Sdn 09 Ampenan. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 59–67. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.102
Andriyansyah, A. (2020). PENGARUH METODE THINK PAIRS SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI DI SMEA TAQWA BELITANG. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(2), 220. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i2.5048
Ardiyani, S. M., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2019). The impact of think pair share model on mathematics learning in elementary schools. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(1), 93–97. https://doi.org/https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i1.8427
Dewi, K. R., & Dharsana, I. K. (2020). Penggunaan Teknik Think Pair Share dan Teknik Index Card Match Dalam Lesson Study Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2), 248. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26554
Dewi, N. K. T. Y., Sugiarta, I. M., & Parwati, N. N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31789
Editia. (2020a). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ULTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa ….
Editia, M. W. (2020b). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ULTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mento Kecamatan Candiroto). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Fardiansyah, M. A., Purwadi, P., & Mudzanatun, M. (2019). Efektivitas Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SD Pada Materi Analisis Isi Cerita Anak. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 66–72. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p066
Ginting, B. (2022). Penerapan Supervisi Klinis Pengawas Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam KBM Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Sekolah Wilayah Binaan Kec. Tanjung Morawa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 11–18.
Heliza, S. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Di Mi . Al-Falah Ujung.
Jatmiko, A., Kartina, Y., Irwandani, I., Fakhri, J., Pricilia, A., & Rahayu, T. (2018). Reading Concept Map-Think Pair Share (Remap-TPS) Learning Model on Cognitive Ability and Scientific Attitude. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2). https://doi.org/10.24042/tadris.v3i2.3184
Kamil, V. R., Arief, D., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744
Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 42.
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA (KUDUS), 3(1), 69. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7149
Lestari, I., & Luritawaty, I. P. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Model Think Pair Share dan Problem Based Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 353–362. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1267
Lestari, L., Erwandi, R., & Gusti Satria, T. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA 2 KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN PEMBELAJARAN 1 SISWA KELAS IV SD NEGERI 54 LUBUKLINGGAU. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 280. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4417
Liunokas, Y. (2019). The use of think, pair and share (TPS) strategy in teaching reading skill. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/ideas.v7i2.1020
MARSELLA, D., Puspita, L., & Yosef, Y. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERPINDAHAN KALOR DI SEKITAR KITA KELAS V SD NEGERI 11 INDRALAYA. Sriwijaya University.
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644
Muswaroh, S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN SOGE KANDANGHAUR INDRAMAYU. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(2), 674. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p674-685
NURHAIDAH, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Tema 7 Kelas V Sekolah Dasar. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.
Nurnawati, E., Yulianto, D., & Susanto, H. (2019). Peningkatan Kerjasama Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7.
Nwaukwa, F. C., & Okolocha, C. C. (2020). Effect of think-pair-share instructional strategy on students’ academic achievement and self-efficacy in financial accounting in Abia State. International Journal of Recent Innovations in Academic Research, 4(1), 37–48.
Pardede, H., Nagur, M. D., Silaban, B., Nababan, T., & Turnip, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3387–3392. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.839
Pilu, R., & Hardianto. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.pdf. 22, 90–99. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.147
Pradana, O. R. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6.
Rati, N. W., & Murda, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Melaya. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10906
Saraswati, D. L., Sari, T. A., Kameswari, D., Solihatun, S., Sirait, E. D., Apriyani, D. D., Alfi, Z. R., Nazelliana, D., Ardy, V., & Rahmawati, N. D. (2021). The influence of Think-Pair-Share (TPS) cooperative learning methods on the results of studying physics assessed from student attention. Journal of Physics: Conference Series, 1816(1), 12075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1816/1/012075
Sari, D. N., & Mayona Chantika. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas Viii Smp Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 74–82.
Sholichah, L., Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1037–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2079
Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2018). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7), 681–692.
Theabthueng, P., Khamsong, J., & Worapun, W. (2022). The Development of Grade 8 Student Analytical Thinking and Learning Achievement Using the Integrated Problem-Based Learning and Think-Pair-Share Technique. Journal of Educational Issues, 8(1), 420–429. https://doi.org/http://www.macrothink.org
Wulandari, Y., Afryanza, R., & Gustiningsi, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33–38. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.6328
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten