RESPONS MAHASISWA TENTANG KUALITAS BELAJAR MELALUI PERKULIAHAN ONLINE VERSUS OFFLINE PASCA PANDEMIC COVID -19
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.648Keywords:
Mahasiswa, Kualitas Belajar, Perkuliahan, Online, OfflineAbstract
Pembelajaran online dan offline memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal metode, interaksi, dan lingkungan pembelajaran. Pembelajaran offline atau tradisional dilakukan di ruang kelas dengan interaksi offline antara guru dan siswa. Sementara pembelajaran online melibatkan penggunaan teknologi, seperti platform e-learning, video konferensi, dan aplikasi pendidikan yang memungkinkan siswa untuk belajar dari jarak jauh. Salah satu kesulitan pembelajaran online adalah terbatasnya interaksi sosial antara siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana Respons mahasiswa di FKIP-UHN tentang kualitas pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran online dan pembelajaran offline. diharapkan melalui penelitian ini dapat diperoleh manfaat: 1) Memberikan gambaran tentang proses pembelajaran baik secara online maupun offline. 2) Menambah referensi bahan kajian penelitian lainnya di bidang Pendidikan. 3) Menggambarkan kondisi terkini mengenai kualitas belajar mahasiswa secara online versus Offline.Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif yang mengukur respons mahasiswa tentang kualitas pembelajaran dengan membandingkan pembelajaran yang disampaikan melalui online dan offline. Melalui kajian inin diharapkan dapat dihasilkan suatu gambaran/deskripsi terkait dengan kualitas pembelajaran yg bagaimana jika menggunakan kedua metode pembelajaran disampaikan. Selain memberikan kebijakan baru kepada pengambil kebijakan metode pembelajaran apa yang baik dan berdampak secara efektif dan efisien untuk jenis pembelajaran tertentu. Guna menemukan bagaimana gambaran kegiatan pelaksanaan pembelajara baik secara online maupun offline, maka dirancang wawancara kepada mahasiswa sebagi informan guna mengumpulkan seluruh aktifitas yang dikerjakan selama proses.
Downloads
References
Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(01), 855–866.
Alhamuddin, A., & Zebua, R. S. Y. (2021). Perceptions of Indonesian Students on the Role of Teachers in Offline and Online Learning During the Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 834–844. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3881
Azizah, A., & Fajeriah, S. (2021). The Effect of Offline Learning Model Assisted in Practicum Discovery Learning on Learning Outcomes. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 663–671. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1667
Erawati, G. A. P. S. A. … Japa, I. G. N. (2021). Elementary School Teachers’ Problems in Online Learning during the Pandemic. International Journal of Elementary Education, 5(4), 562. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39233
Fitri, H. … Wati, M. (2022). Differences in the Effectiveness of Online and Offline Dental and Oral Health Education Management for Middle School Children in the New Normal Era of Covid 19. Jurnal Kesehatan Gigi, 9(1), 16–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jkg.v9i1.8495
Handayani, L. (2020). Keuntungan, kendala dan solusi pembelajaran online selama pandemi COVID-19: Studi ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36
Joosten, T., & Cusatis, R. (2020). Online Learning Readiness. American Journal of Distance Education, 34(3), 180–193. https://doi.org/10.1080/08923647.2020.1726167
Mansur, M. Y. Z., & Sukarno, G. (2024). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis e-Learning melalui Aplikasi Zenius terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 522–530. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.975
Munsiyah, F. … Hardianto, A. M. (2023). The Influence of Offline and Online Learning on The Mental of Primary School Students and Its Implications for Facilities and Infrastructure. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.81990
Nurlatifah, N. … Sobandi, A. (2021). Efektivitas pembelajaran online versus tatap muka. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 15–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2893
Powell, C. G., & Bodur, Y. (2019). Teachers’ perceptions of an online professional development experience: Implications for a design and implementation framework. Teaching and Teacher Education, 77, 19–30. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.09.004
Rahmatulloh, M. J. … Fuadin, A. (2023). Pengaruh Transisi Pembelajaran Pasca Pandemi: Dari Pembelajaran Online ke Pembelajaran Offline. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(2). https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/172
Rivaldi, M., & Maryanti, R. (2023). The effect of education on increasing student enthusiasm for learning in the transition period of online to offline learning. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 3(2), 119–126. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijert.v3i2.49886
ROFINGAH, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas melalui Metode Blended Learning pada Masa Pandemi Covid–19. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(2), 168–173. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/educator.v1i2.732
Simangunsong, U. F. (2021). Masalah Pembelajaran Online di SD Selama Pandemi. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 920–930. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.188
Sinaga, D. … Nababan, N. W. S. (2023). Persepsi mahasiswa tentang kualitas belajar melalui perkuliahan daring versus tatap muka pasca pandemic COVID-19. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5224–5238.
Sitanggang, A. T., & Desnelita, Y. (2022). Tingkat Pemahaman Mahasiswa antar Pembelajaran Online dan Offline dalam Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 64–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37034/jidt.v4i1.187
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online learning through WhatsApp group in improving learning motivation in the era and post pandemic COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13670
Tumanggor, E. B. R. … Siagian, B. A. (2022). Pengaruh perubahan pembelajaran daring ke pembelajaran luring terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Wesley Marindal II. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8280–8288. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3700
Widikasih, P. A. … Margunayasa, I. G. (2021). Online learning problems for elementary school students. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 489–497.
Zakki, M. (2021). Partisipasi Keluarga terhadap Pembelajaran Online dan Offline Siswa SD/MI Selama Covid-19. IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 1(1), 1–21. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/4478
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten