RESPONS MAHASISWA TENTANG KUALITAS BELAJAR MELALUI PERKULIAHAN ONLINE VERSUS OFFLINE PASCA PANDEMIC COVID -19

Authors

  • Dearlina Sinaga Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Nova Yunita Sari Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Mei Raniwa Nainggolan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia
  • Netty Winda Sari Nababan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.648

Keywords:

Mahasiswa, Kualitas Belajar, Perkuliahan, Online, Offline

Abstract

Pembelajaran online dan offline memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal metode, interaksi, dan lingkungan pembelajaran. Pembelajaran offline atau tradisional dilakukan di ruang kelas dengan interaksi offline antara guru dan siswa. Sementara pembelajaran online melibatkan penggunaan teknologi, seperti platform e-learning, video konferensi, dan aplikasi pendidikan yang memungkinkan siswa untuk belajar dari jarak jauh. Salah satu kesulitan pembelajaran online adalah terbatasnya interaksi sosial antara siswa dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana Respons mahasiswa di FKIP-UHN tentang kualitas pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran online dan pembelajaran offline. diharapkan melalui penelitian ini dapat diperoleh manfaat: 1) Memberikan gambaran tentang proses pembelajaran baik secara online maupun offline. 2) Menambah referensi bahan kajian penelitian lainnya di bidang Pendidikan. 3) Menggambarkan kondisi terkini mengenai kualitas belajar mahasiswa secara online versus Offline.Penelitian ini merupakan penelitian kulaitatif yang mengukur respons mahasiswa tentang kualitas pembelajaran dengan membandingkan pembelajaran yang disampaikan melalui online dan offline. Melalui kajian inin diharapkan dapat dihasilkan suatu gambaran/deskripsi terkait dengan kualitas pembelajaran yg bagaimana jika menggunakan kedua metode pembelajaran disampaikan. Selain memberikan kebijakan baru kepada pengambil kebijakan metode pembelajaran apa yang baik dan berdampak secara efektif dan efisien untuk jenis pembelajaran tertentu. Guna menemukan bagaimana gambaran kegiatan pelaksanaan pembelajara baik secara online maupun offline, maka dirancang wawancara kepada mahasiswa sebagi informan guna mengumpulkan seluruh aktifitas yang dikerjakan selama proses.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dearlina Sinaga, Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Progam Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Nova Yunita Sari, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Mei Raniwa Nainggolan, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Netty Winda Sari Nababan, Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Medan, Indonesia

References

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(01), 855–866.

Alhamuddin, A., & Zebua, R. S. Y. (2021). Perceptions of Indonesian Students on the Role of Teachers in Offline and Online Learning During the Covid-19 Pandemic Period. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 834–844. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3881

Azizah, A., & Fajeriah, S. (2021). The Effect of Offline Learning Model Assisted in Practicum Discovery Learning on Learning Outcomes. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 663–671. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1667

Erawati, G. A. P. S. A. … Japa, I. G. N. (2021). Elementary School Teachers’ Problems in Online Learning during the Pandemic. International Journal of Elementary Education, 5(4), 562. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i4.39233

Fitri, H. … Wati, M. (2022). Differences in the Effectiveness of Online and Offline Dental and Oral Health Education Management for Middle School Children in the New Normal Era of Covid 19. Jurnal Kesehatan Gigi, 9(1), 16–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31983/jkg.v9i1.8495

Handayani, L. (2020). Keuntungan, kendala dan solusi pembelajaran online selama pandemi COVID-19: Studi ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36

Joosten, T., & Cusatis, R. (2020). Online Learning Readiness. American Journal of Distance Education, 34(3), 180–193. https://doi.org/10.1080/08923647.2020.1726167

Mansur, M. Y. Z., & Sukarno, G. (2024). Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis e-Learning melalui Aplikasi Zenius terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 522–530. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.975

Munsiyah, F. … Hardianto, A. M. (2023). The Influence of Offline and Online Learning on The Mental of Primary School Students and Its Implications for Facilities and Infrastructure. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.81990

Nurlatifah, N. … Sobandi, A. (2021). Efektivitas pembelajaran online versus tatap muka. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 15–18. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2893

Powell, C. G., & Bodur, Y. (2019). Teachers’ perceptions of an online professional development experience: Implications for a design and implementation framework. Teaching and Teacher Education, 77, 19–30. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.09.004

Rahmatulloh, M. J. … Fuadin, A. (2023). Pengaruh Transisi Pembelajaran Pasca Pandemi: Dari Pembelajaran Online ke Pembelajaran Offline. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1(2). https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/172

Rivaldi, M., & Maryanti, R. (2023). The effect of education on increasing student enthusiasm for learning in the transition period of online to offline learning. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 3(2), 119–126. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijert.v3i2.49886

ROFINGAH, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas melalui Metode Blended Learning pada Masa Pandemi Covid–19. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, 1(2), 168–173. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/educator.v1i2.732

Simangunsong, U. F. (2021). Masalah Pembelajaran Online di SD Selama Pandemi. Jurnal Sosial Teknologi, 1(8), 920–930. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v1i8.188

Sinaga, D. … Nababan, N. W. S. (2023). Persepsi mahasiswa tentang kualitas belajar melalui perkuliahan daring versus tatap muka pasca pandemic COVID-19. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5224–5238.

Sitanggang, A. T., & Desnelita, Y. (2022). Tingkat Pemahaman Mahasiswa antar Pembelajaran Online dan Offline dalam Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 64–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37034/jidt.v4i1.187

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2020). Online learning through WhatsApp group in improving learning motivation in the era and post pandemic COVID-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 852–859. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13670

Tumanggor, E. B. R. … Siagian, B. A. (2022). Pengaruh perubahan pembelajaran daring ke pembelajaran luring terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Wesley Marindal II. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8280–8288. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3700

Widikasih, P. A. … Margunayasa, I. G. (2021). Online learning problems for elementary school students. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 489–497.

Zakki, M. (2021). Partisipasi Keluarga terhadap Pembelajaran Online dan Offline Siswa SD/MI Selama Covid-19. IDEALITA: Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan, 1(1), 1–21. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IDEALITA/article/view/4478

Published

2025-04-28

How to Cite

Sinaga, D., Sari, N. Y. ., Nainggolan, M. R., & Nababan, N. W. S. . (2025). RESPONS MAHASISWA TENTANG KUALITAS BELAJAR MELALUI PERKULIAHAN ONLINE VERSUS OFFLINE PASCA PANDEMIC COVID -19. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 844–853. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.648

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.