PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.956Keywords:
Media Gambar, Hasil Belajar, Student Center, TestAbstract
Urgensi dan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa. Urgensi penelitian dilihat dari keberhasilan proses pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Dalam proses pembelajaran,minat belajar siswa merupakan suatu keterkaitan terhadap suatu pelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk mempelajari dan menekuni pelajaran tersebut dan hasil belajar siswa merupakan bagian yang paling penting,dimana hasil belajar menjadi tolak ukur sejauh mana tingkat pemahaman siswa dalam menguasai materi, berdasarkan hasil pengamatan yang didapat di SD Negeri 122337 Pematangsiantar ada kalanya pada proses pembelajaran PKn siswa masih terlihat kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan hasil belajarnya kurang memuaskan, siswa bosan karena media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik atau kurang efektif sehingga pembelajaran berpusat pada guru. Sehingga permasalahan diatas peneliti rasakan diperlukan media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Untuk mencapai hasil belajar yang diharapkan guru harus pintar memilih media dalam pembelajaran. Salah satu media pembalajaran yang dapat digunakan dalam mengatasi masalah yang timbul selama proses pembelajaran adalah dengan media gambar. Dengan media gambar, siswa diharapkan mampu mengikuti pelajaran dengan fokus dan menyenangkan. Sehingga pelajaran apapun yang disampaikan oleh guru kepada siswa dapat diingat dan terima dengan baik.
Downloads
References
Afriyani, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Kognitif Siswa Sman 1 Koto Xi Tarusan. Ta’dib, 21(2), 99. Https://Doi.Org/10.31958/Jt.V21i2.1048
Akbar, A. A., & Tarman, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 40–48. Https://Doi.Org/10.26618/Jrpd.V1i1.1238
Anggreani, A. L., Huda, C., & Setianingsih, E. S. (2018). Pengaruh Strategi Card Sort Berbantu Media Gambar Terhadap Prestasi Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 364. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i4.16153
Ari Aditia, M., Margunayasa, I. G., & Kusmariatni, N. Nyoman. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar 5e Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 248. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i3.16139
Bunyamin, B., & Amanah, A. (2015). Penggunaan Media Gambar Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 2(2). Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V2i2.128
Fatmawati, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Bantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd 110 Jekka. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 4(2), 13–22. Https://Doi.Org/10.47435/Jpdk.V4i2.315
Hardiati, I., & Juhri, J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Pkn Pada Materi Organisasi Di Lingkungan Masyarakat. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(1), 51–60. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.32678/Primary.V10i1.1258
Ndae, M. A., & Widyaningrum, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Recripocal Teaching Pair Share Dengan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(1), 76–84.
Ndoluanak, Y., & Djami, C. B. N. (2022). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Bagian-Bagian Tubuh Hewan Kelas Iv Di Sd Negeri Salatiga 02. Jurnal Sinestesia, 12(1), 49–57. Https://Doi.Org/Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Bagian-Bagian Tubuh Hewan Kelas Iv Di Sd Negeri Salatiga 02
Nurjannah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jppsd: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 201–208. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26858/Pjppsd.V2i2.32348
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.2719
Oktiana, R. P., & Sari, F. P. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar Di Desa Bener Kecamatan Majenang. Social, Humanities, And Educational Studies (Shes): Conference Series, 5(2), 279. Https://Doi.Org/10.20961/Shes.V5i2.55212
Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 193–205.
Prasasti, T. I. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menyusun Teks Prosedur Oleh Siswa Kelas Viii Smp Pgri 3 Medan. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 5–8.
Pujayanti, P., Murda, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. Mimbar Pgsd Undiksha, 1(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V1i1.1341
Putri, N. A., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal Of Classroom Action Research, 3(2), 134–139.
Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V25i1.24767
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 228. Https://Doi.Org/10.30870/Jpsd.V4i2.3857
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 104–109. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V2i1.607
Yanti, N., Gafar, A., & Rofii, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 6 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 67. Https://Doi.Org/10.33087/Aksara.V2i2.74
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten