PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF DIRECTED LEARNING) DAN LINGKUNGAN BELAJAR DISEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.534Keywords:
Kemandirian Belajar (self directed learning), Lingkungan Belajar di Sekolah, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI Merdeka Taman Madya (SMA) Swasta Tamansiswa Pematangsiantar T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunaakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel Kemandirian Belajar (self directed learning) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan nilai thitung (2,179) > ttabel (1,665), dan variabel Lingkungan Belajar di Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan nilai thitung (1,993) > ttabel (1,665). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil bahwa Kemandirian Belajar (self directed learning) dan Lingkungan Belajar di Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar yang ditunjukkan nilai Fhitung (7,881) > Ftabel (3,095). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai Rsquare sebesar 0,146 yang berarti 14,6% variable Kemandirian Belajar (Self Directed Learning) dan Lingkungan Belajar di Sekolah berpengaruh terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Pada Kelas XI Taman Madya (SMA) Swasta Tamansiswa Pematangsiantar T.A 2024/2025. Sedangkan 85,4% merupakan pengaruh dari variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Downloads
References
Arundhati, A. A. S. W., Widana, I. N. S., & Hermawan, E. (2019). Pengaruh Metode Student Created Case Studies Berbantuan Flip Chart Terhadap Tingkat Kemandirian Dan Hasil Belajar Biologi: The Effect Of The Student Created Case Studies Method Assisted By Flip Charts On The Level Of Independence And Learning Outcomes Of . Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 30–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.59672/Emasains.V8i1.268
Asmar, E. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Alfarisi: Jurnal Pendidikan Mipa, 1(1).
Asmawati, A., Risnawati, R., & Muhandaz, R. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Smp/Mts. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 2(3), 273. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V2i3.7813
Astuti, D., Susilo, G., & Sari, T. H. N. I. (2018). Pengaruh Konsentrasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 42–53. Https://Doi.Org/10.36277/Defermat.V1i2.25
Azhari, D. N., Julaeha, W., & Belajar, K. (2021). Implementasi Metode Inkuiri Dalam Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 16–37. Https://Doi.Org/10.5035/Pjme.V11i2.4529
Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ix Mtsn 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(01), 8–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34005/Guidance.V18i01.1472
Bramantha, H. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 21–28. Https://Doi.Org/10.47971/Mjpgmi.V2i1.63
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 1(2), 382–389. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V1i2.78
Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. Https://Doi.Org/10.53696/27219283.59
Dewi, N., Asifa, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–54.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Smp Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, 01(02), 288–296.
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1907–1914. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.894
Habibah, E. E. U., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4668–4680. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.3028
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.31316/J.Derivat.V8i1.1641
Istianingsih Hermawati, L., & Andayani, E. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru, Model Discovery Learning, Dan Gaya Belajar Terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips, 14(1), 22–30. Https://Doi.Org/10.21067/Jppi.V14i1.4761
Kartina, K., Muchtar, R., & Taiyeb, A. M. (2018). Hubungan Antara Gaya Belajar, Motivasi Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Smp. Bio-Pedagogi, 7(1), 45. Https://Doi.Org/10.20961/Bio-Pedagogi.V7i1.35728
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14949
Marselina, M., Asrori, M., & Wicaksono, L. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Youtube Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 14–22. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i7.33734
Meisura, A., Risnawati, R., & Mz, Z. A. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 14–20. Https://Doi.Org/10.24176/Anargya.V2i1.3146
Nainggolan, M. L., Yuni, Y., & Suryanti, Y. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara Iii, 180–189.
Nurelah, E. (2016). Kemandirian Belajar Dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas V Sdn Di Wilayah Binaan Iv Pulogadung Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 13. Https://Doi.Org/10.21009/Jpd.071.02
Nurhafsari, A. (2019). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Dengan Aktivitas Quick On The Draw. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97–107. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V1i2.1051
Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321–328. Https://Doi.Org/10.24114/Jpb.V6i2.6552
Puspadita, D. D. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Kelas Xi Ipa Sma N 2 Koto Xi Tarusan Skripsi. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Retrieved From Http://Repo ….
Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peran Pola Asuh Dalam Pembentukan Minat Belajar Anak Di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V5i2.377
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, Dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. Https://Doi.Org/10.26555/Bioedukatika.V3i2.4149
Riyanti, Y., Wahyudi, W., & Suhartono, S. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1309–1317. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.554
Saefuddin, A., Rukajat, A., & Herdiana, Y. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pendidikan, 10(1), 7–17. Https://Doi.Org/10.36232/Pendidikan.V10i1.1266
Selimayati, S., Asrori, M., & Halidjah, S. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 10(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V10i2.44882
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.528
Suryani, L., Pendi, A., & B. Seto, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 17–26. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V11i1.6010
Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian Belajar Dan Kedisipilinan Belajar Terhadap Prestasi Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring. Jurnal E-Dumath, 7(1), 18–26. Https://Doi.Org/10.52657/Je.V7i1.1343
Wulandari, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Universitas Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/37622
Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V2i1.583
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten