PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.1230Keywords:
Kemandirian Belajar, Minat Belajar, Kemampuan Numerasi, Fungsi Kuadrat, Kuantitatif AsosiatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Swasta Katolik Mariana, (2) Untuk mengetahui Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Swasta Katolik Mariana, (3) Untuk mengetahui Pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi fungsi kuadrat di kelas X SMA Swasta Katolik Mariana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan penelitian asosiatif (kausalitas atau pengaruh) dan menggunakan olah data SPSS versi 30.00 dengan menitikberatkan pada korelasi pengaruh dengan menggunakan analisis statistik regresi linier berganda. Dengan populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Swasta Katolik Mariana T.A 2024/2025. Dengan teknik non probability sample yang menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil adalah kelas X.1 SMA Swasta Katolik Mariana T.A 2024/2025 berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes.Berdasarkan Hasil pada penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi fungsi kuadrat dengan hasil statistiknya yaitu koefisien regresinya 0,663 dengan hasil uji t sebesar 10,261 dan mempunyai tingkat signifikansi < 0,001 (α < 0,05). Dengan demikian hipotesis tersebut di terima. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi fungsi kuadrat dengan hasil statistiknya yaitu koefisien regresinya adalah 0,270 dengan hasil uji t dengan nilai 7,705 dan mempunyai tingkat signifikansi < 0,001 (α < 0,05). Dengan demikian hipotesis tersebut di terima, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan minat belajar terhadap kemampuan numerasi peserta didik pada materi fungsi kuadrat dengan hasil uji statistiknya yaitu koefisien regresinya adalah 36,853 dengan hasil uji t dengan nilai 9,067 dan mempunyai tingkat signifikansi < 0,001 (α < 0,05). Dengan demikian hipotesis tersebut dapat diterima
Downloads
References
Abu, A. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Di Sdn 130 Karambua Desa Rinjani Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.31970/Gurutua.V2i2.27
Adlha, N. K., & Supangken, S. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Laps-Heuristic Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 15(19).
Aneke, A. R. (2018). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya, Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Purwokerto. Universitas Jenderal Soedirman. Http://Repository.Unsoed.Ac.Id/Id/Eprint/4681
Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ix Mtsn 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 18(01), 8–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34005/Guidance.V18i01.1472
Br. Ginting, S. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Ar-Rahman Medan Melalui Pembelajaran Open-Ended Berbasis Brain-Gym. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1). Https://Doi.Org/10.30821/Axiom.V8i1.5442
Bungsu, T. Kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 01(02), 382–389.
Ernawati. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Baubau. Jppi Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips, Vol 15(1), 60.
Fitriyah, S., Chumdari, C., & Suharno, S. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Pembelajaran Tema 3 Dengan Model Scaffolding Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.20961/Jpi.V8i1.61408
Habibah, E. E. U., & Trisnawati, N. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Pada Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4668–4680. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i3.3028
Ina Ledun, R. F., H. Kaluge, A., & Joakim Fernandez, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 153–160. Https://Doi.Org/10.30822/Asimtot.V2i2.771
Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41–47. Https://Doi.Org/10.31316/J.Derivat.V8i1.1641
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 2(1), 107. Https://Doi.Org/10.31331/Medives.V2i1.528
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020a). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 69. Https://Doi.Org/10.21043/Jpm.V3i1.7149
Kurniawan, D., Wahyuningsih, T., & Normala Sari, D. (2020b). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Menggunakan Power Point Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 69. Https://Doi.Org/10.21043/Jpm.V3i1.7149
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14949
Marselina, M., Asrori, M., & Wicaksono, L. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Youtube Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 14–22. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V8i7.33734
Matsani, N., & Rafsanjani, M. A. (2021). Peran Kemandirian Belajar Dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 9. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V13i1.33910
Mattolianga, L. A., Wanasari, Nur, F., Rasyidd, M. R., & Baharuddine. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. 10(1), 53–62.
Maysyaroh, U., Kristanto, Y. D., & Partini, P. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi). Jipmat, 7(2), 70–82. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26877/Jipmat.V7i2.13298
Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 2, 45–64.
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660–1668. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.630
Noer, S. H., Triana, M., Gunowibowo, P., & Khotimah, S. K. (2022). Kemandirian Belajar, Motivasi Berprestasi Dan Dampaknya Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Pembelajaran Daring. Jppm (Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika), 4(2), 114–122.
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214–1223. Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika/Article/View/2990
Nurfiani, F. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Serta Dampaknya Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Unpas.
Nurhafsari, A. (2019). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Dengan Aktivitas Quick On The Draw. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 97–107. Https://Doi.Org/10.30656/Gauss.V1i2.1051
Nuryana, I., & Chaidar, N. A. (N.D.). Pengaruh Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar, Gaya Belajar, Dan Pemberian Tugas Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 10(2), 215–229. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Jpak.V10i2.50261
Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peran Pola Asuh Dalam Pembentukan Minat Belajar Anak Di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. Https://Doi.Org/10.52060/Mp.V5i2.377
Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Tematik Menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 4101–4108. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1391
Sari, M., Anggoro, B. S., & Sugiharta, I. (2020). Analisis Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Dampak Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran. Nabla Dewantara, 5(2), 94–106. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51517/Nd.V5i2.228
Sari, P. P., Hidayah, N., & Najibufahmi, M. (2021). Pengaruh Kemandirian Dan Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 71–82. Https://Doi.Org/10.28918/Circle.V1i1.3610
Selimayati, S., Asrori, M., & Halidjah, S. (2021). Hubungan Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 10(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.26418/Jppk.V10i2.44882
Servista Bukit. (2022). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa (Studi Literatur). Jurnal Multidisiplin Madani, 2(4), 1627–1638. Https://Doi.Org/10.55927/Mudima.V2i4.269
Simamora, N. I., Simamora, E., & Dewi, I. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Menggunakan Hypercontent Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2635–2651. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V6i3.1740
Sojanah, J., & Kencana, N. P. (2021). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Sebagai Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 214–224. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V6i2.40851
Suprayitno, S., Sukestiyarno, Y. L., & Isfarudi, I. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Model Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 208–218. Http://Repository.Uinsu.Ac.Id/Id/Eprint/7591
Wahyuni, S., & Leonard, L. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(2), 152–163. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23971/Eds.V9i2.2194
Wahyuningsih, D. D. (2020). Panduan Untuk Konselor Teknik Self Management Dalam Bingkai Konseling Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Penerbit Cv. Sarnu Untung.
Wulandari, I. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Universitas Jambi. Https://Repository.Unja.Ac.Id/Id/Eprint/37622
Yuliani, W. (2019). Pengaruh Metode Kooperatif Learning Tipe Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Vi Sdn Tunas Bakti Subang Tahun Pelajaran 2018/2019. Quanta, 3(2), 39–43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten